Cara Mengatasi Tenggorokan Kering Paling Ampuh

11 Aug 2021 by Laruan, Last edit: 11 Aug 2021

Tenggorokan kering seringkali menjadi pengganggu aktivitas harian. Kondisi tenggorokan yang kering dan gatal, pasti membuat Sobat Pintar tidak nyaman. Apalagi jika harus berbicara banyak, pasti akan menyulitkan. Maka dari itu Sobat Pintar perlu mengetahui cara mengatasi tenggorokan kering dengan tepat. Apabila Sobat Pintar mengalami gejala ini bisa langsung ditangani dan tidak mengganggu aktivitas.

Cara Mengatasi Tenggorokan Kering Paling Ampuh

Pada dasarnya banyak sekali faktor yang menyebabkan tenggorokan kering. Jadi, apabila tenggorokan Sobat Pintar kering, Sobat Pintar harus mengetahui dulu penyebabnya. Kemudian, bagaimana mencegah tenggorokan kering nanti akan menyesuaikan dengan penyebabnya. Beda penyebab pastinya akan beda juga penanganannya. 

Berikut beberapa mencegah tenggorokan kering yang disesuaikan dengan faktor penyebabnya :

1.Perbanyak Konsumsi Air

Apabila tenggorokan terasa kering, mencegah tenggorokan kering yang paling utama adalah dengan konsumsi air mineral. Konsumsi sedikit lebih banyak daripada biasanya. Karena bisa jadi penyebab tenggorokan kering dikarenakan Sobat Pintar kekurangan cairan atau kurang minum. 

Sesuai dengan anjuran kesehatan, sebaiknya konsumsi air mineral adalah minimal 8 gelas per hari. Apabila Sobat Pintar minum kurang dari itu, maka bisa menyebabkan dehidrasi. Saat dehidrasi, minumlah air sampai tenggorokan Sobat Pintar terasa lebih baik. Karena sebenarnya dehidrasi tidak hanya berakibat pada tenggorokan kering, tapi juga bisa membuat tubuh Sobat Pintar lemas dan pusing.

Cara mengatasi tenggorokan kering dengan perbanyak konsumsi air seperti air mineral, air kelapa atau jus buah. Itulah sumber air yang bagus untuk tubuh Sobat Pintar. Jangan sampai Sobat Pintar malah minum soda atau kafein yang justru bisa membuat Sobat Pintar kehilangan lebih banyak cairan.

2.Kumur Air Garam

Cara mengatasi tenggorokan kering selanjutnya adalah dengan cara kumur-kumur air garam.  Dengan berkumur air garam, Sobat Pintar bisa menghilangkan gangguan yang terjadi pada tenggorokan. Termasuk untuk gejala tenggorokan kering.

Faktor tenggorokan kering salah satunya dikarenakan adanya virus dan bakteri yang bersarang di tenggorokan. Jika Sobat Pintar merasa tenggorokan kering, gatal dan batuk-batuk, sebaiknya lakukan kumur-kumur air garam. 

Garam bagus untuk membersihkan virus dan bakteri yang ada di tenggorokan. Oleh karena itu, pasien positif covid-19 juga banyak melakukan cara ini. Untuk melakukannya cukup mudah. 

Cukup larutkan setengah sendok garam pada gelas yang sudah berisi air hangat.  Kemudian kumurlah selama 30 sampai 60 detik. Sebaiknya berkumur di pangkal belakang lidah, dengan posisi kepala agak mendongak ke atas. Kumur-kumur sebanyak 3 kali dalam sehari sampai Sobat Pintar merasakan tenggorokan tidak kering lagi.

3.Gunakan Madu

Madu ternyata bisa digunakan sebagai mencegah tenggorokan kering. Hal ini dikarenakan madu ternyata bisa berguna sebagai antiseptik untuk melawan virus secara alami. 

Kemudian, madu juga memiliki tekstur yang kental. Tekstur kental ini dapat menjaga kelembaban pada tenggorokan Sobat Pintar. Sehingga tenggorokan menjadi tidak kering.  Ada banyak cara untuk mengkonsumsi madu sebagai mencegah tenggorokan kering.

Cara pertama, Sobat Pintar bisa konsumsi madu murni tanpa tambahan unsur apapun. Tapi, ada cara lain juga. Sobat Pintar bisa mencampurkan madu dengan air hangat. Bisa juga Sobat Pintar campurkan madu dengan teh.

4.Permen Untuk Tenggorokan

Sobat Pintar pasti pernah menjumpai permen yang bisa menjadi obat untuk tenggorokan bukan ? Cara mengatasi tenggorokan kering juga bisa menggunakan permen pelega tenggorokan. Ada banyak varian merek untuk permen ini. Rasanya juga bermacam-macam.

Pada dasarnya permen pelega tenggorokan ini bisa melembabkan jaringan di mulut dan tenggorokan.  Tapi, sebaiknya Sobat Pintar hindari permen yang mengandung gula atau perasa tambahannya. Agar tenggorokan tidak gatal.

5.Obat Untuk Tenggorokan

Bagi Sobat Pintar yang sudah menggunakan cara sebelumnya, tapi masih terasa kering, Sobat Pintar bisa menggunakan cara yang satu ini. Mencegah tenggorokan kering adalah dengan mengkonsumsi obat untuk tenggorokan. Namun, sebaiknya konsumsi obat yang sesuai dengan penyebabnya. Serta atas konsultasi atau saran dari dokter.

Menjaga kesehatan tenggorokan juga ternyata penting lho. Jadi, apabila sudah terasa kering, gatal bahkan batuk-batuk, sebaiknya Sobat Pintar periksa ke dokter. Jika belum gajian, jangan menunda untuk periksa ya!Sobat Pintar bisa mengajukan pinjaman dana online pada Kredit Pintar. Kredit Pintar merupakan aplikasi pinjaman dana online yang resmi terdaftar dan diawasi oleh OJK. Sudah pasti terpercaya dan aman. Dana untuk berobat juga bisa Sobat Pintar dapatkan dengan cepat dan mudah. Ingat, kesehatan tetap nomor satu ya!

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
11 Aug 2021
Pinjam kilat 20 juta!Download