Cara Mengatasi Memori Penuh di HP Oppo, Anti Ribet!

01 Oct 2021 by Laruan

Satu masalah yang kerap dialami para pengguna smartphone ialah penuhnya memori internal, tidak terkecuali pengguna HP Oppo. Hal itu membuat Sobat Pintar tidak bisa menyimpan atau mengunduh file hingga aplikasi yang diinginkan. Alhasil, Sobat Pintar terpaksa menghapus aplikasi lain yang terkadang juga dirasa masih penting. Padahal, ada banyak, lho, agar memori HP Oppo tidak lekas penuh. Simak artikel ini untuk mengetahui cara mengatasi memori penuh di hp oppo dengan mudah dan anti ribet!

Cara Mengatasi Memori Penuh di HP Oppo, Anti Ribet!

Faktor Penyebab Memori Internal OPPO Penuh

OPPO termasuk salah satu smartphone yang digemari oleh masyarakat Indonesia. Selain kualitas kamera yang mumpuni, OPPO juga membekali ponsel buatannya dengan memori internal yang cukup besar, mulai dari 8 GB hingga sudah ada yang 256 GB. Bagi pengguna OPPO dengan memori internal lebih dari 64 GB tentu cukup jarang mengalami masalah memori internal penuh. Namun, buat Sobat Pintar yang memiliki HP Oppo dengan media penyimpanan yang tidak begitu besar tentu akan menjadi masalah. Untuk menghindari masalah tersebut, sebaiknya Sobat Pintar mengetahui apa saja faktor penyebabnya sebagai berikut.

1. Ada Banyak File Cache yang Tidak Dihapus

Buat Sobat Pintar yang belum tahu, cache merupakan file yang sementara disimpan dalam memori internal ponselmu saat Sobat Pintar sedang menjalankan aplikasi. Perlu diketahui juga, file cache ini dimiliki oleh setiap aplikasi yang terinstal di ponsel OPPO milikmu. Kalau Sobat Pintar tidak pernah membersihkannya, cache akan terus menumpuk dan menyebabkan memori internal cepat habis. Oleh karena itu, Sobat Pintar perlu membersihkan file cache tersebut secara rutin. 

2. Ada File Duplikat yang Banyak

Banyak yang tidak menyadari bahwa ponsel bisa saja menyimpan file duplikat yang cukup banyak. Hal itu biasanya terjadi saat Sobat Pintar mengunduh atau mengirim file secara berulang kali. Misalnya, saat Sobat Pintar memiliki satu file, kemudian Sobat Pintar mengirimnya kepada tiga orang lewat WhatsApp, maka sekarang terdapat empat file yang tersimpan di ponselmu. Untuk mengetahui adanya file duplikat di ponsel, Sobat Pintar dapat mengeceknya di aplikasi “Files by Google” atau aplikasi pihak ketiga yang lain.

3. Ada Banyak File yang Menumpuk

Hampir sama dengan file duplikat, sering kali ada banyak juga file lainnya yang menumpuk. Beberapa file yang mungkin menumpuk, antara lain: foto, audio, dan video yang diterima dari orang lain melalui WhatsApp. Untuk mengetahui adanya penumpukan file tersebut, Sobat Pintar dapat mengeceknya di “Pengelola Berkas”. Jika ada, Sobat Pintar dapat langsung menghapusnya supaya media penyimpanan tidak penuh.

4. Ada File Berukuran Besar yang Tidak Diketahui

Sering kali ditemukan file berukuran besar yang tersembunyi di memori internal. Biasanya file tersebut berasal dari aplikasi yang sudah dihapus, tetapi masih meninggalkan file. Hal itu tentu saja menyebabkan masalah memori internal penuh di ponsel OPPO milikmu. Oleh karena itu, Sobat Pintar perlu mencarinya dengan teliti di folder-folder yang terdapat di “Pengelola Berkas”.

5. Ada Banyak Unduhan Video YouTube

Adanya fitur mengunduh video YouTube secara offline memang sangat menguntungkan. Dengan fitur tersebut, Sobat Pintar dapat menikmati video di platform tersebut tanpa menggunakan paket data kapanpun dan dimanapun. Namun, kalau video yang terunduh cukup banyak, ada baiknya Sobat Pintar segera menghapusnya supaya tidak memenuhi memori internal. Cara lain yang dapat lakukan ialah dengan mengatur hasil unduhan dari YouTube ke memori eksternal. Akan tetapi, Sobat Pintar harus sudah memasang memori eksternal terlebih dahulu.

6. Menginstal Aplikasi Berukuran Besar

Tidak dapat dimungkiri bahwa aplikasi berukuran besar juga dapat menyebabkan penyimpanan internal di ponsel OPPO milikmu menjadi penuh. Apalagi kalau Sobat Pintar penggemar game online yang kebanyakan memiliki ukuran yang sangat besar. Jika Sobat Pintar termasuk di antaranya, cobalah mempertimbangkan untuk mencopot aplikasi atau game yang jarang dijalankan.

Cara Mengatasi Memori Penuh di HP Oppo dengan Mudah

Setelah mengetahui beberapa penyebab masalah memori internal penuh, kini akan disajikan beberapa agar memori HP Oppo tidak lekas penuh yang dapat Sobat Pintar coba. Setidaknya ada lima cara yang ampuh untuk melegakan ruang penyimpanan HP Oppo milikmu.

1. Bersihkan File Cache Secara Rutin

Seperti yang telah disinggung di atas, file cache menjadi salah satu penyebab masalah memori internal penuh. Cache tersebut akan terus ada saat Sobat Pintar mengoperasikan aplikasi karena berfungsi untuk mempercepat akses saat menggunakan aplikasi tersebut. Oleh karena itu, sebaiknya Sobat Pintar menghapus cache secara rutin. Sobat Pintar tidak perlu menghapusnya setiap hari, kok. Setidaknya lakukan pembersihan cache setiap dua hari atau seminggu sekali.

2. Bersihkan File yang Tidak Penting

Saat Sobat Pintar memiliki waktu luang, cobalah untuk mengecek apakah ada file, media, atau aplikasi yang tidak begitu penting di ponselmu. Hal itu sangat penting dilakukan supaya memori internal tidak cepat habis. Beberapa file yang dapat Sobat Pintar hapus, antara lain: file duplikat, foto/video yang tidak lagi dibutuhkan, kiriman dari orang lain lewat WhatsApp, video unduhan dari YouTube, dan masih banyak lagi.

3. Pasang Memori Eksternal

Buat Sobat Pintar pengguna OPPO dengan memori internal yang tidak begitu besar, tidak ada salahnya untuk memasang memori eksternal untuk menambah kapasitas penyimpanan. Sobat Pintar dapat memindahkan file-file dari memori internal ke memori eksternal untuk menghemat penyimpanan internal telepon. Namun, Sobat Pintar juga perlu memperhatikan kualitas memori eksternal yang hendak Sobat Pintar beli. Jangan sampai Sobat Pintar tergoda dengan memori eksternal berkapasitas besar dengan harga yang tidak masuk akal. Oleh karena itu, sebaiknya Sobat Pintar mencari tahu harga asli dari beberapa merek memori internal dari internet.

4. Bersihkan Berkas WhatsApp

Saat ini WhatsApp memang menjadi salah satu aplikasi yang banyak digunakan oleh pengguna smartphone. Apabila Sobat Pintar termasuk penggunanya, Sobat Pintar disarankan untuk membersihkan berkas-berkas yang terdapat di WhatsApp untuk mengurangi beban penyimpanan. Sobat Pintar dapat membersihkan berkas-berkasnya dengan cara mengetuk ikon tiga titik di menu “Setelan”. Pilihlah “Penyimpanan dan Data, lalu klik “Kelola Penyimpanan”. Langkah berikutnya, pilihlah “Chat” dan “Media” yang hendak dihapus.

5. Simpan File di OPPO Cloud

Apabila ponsel OPPO milikmu merupakan versi yang baru, Sobat Pintar akan diberikan layanan OPPO Cloud. Layanan tersebut dapat Sobat Pintar manfaatkan untuk menyimpan file sampai 5 GB secara gratis, lho. Jumlah tersebut tentu cukup besar untuk menghemat penyimpanan, baik di memori internal maupun eksternal. Jika di ponselmu tidak terdapat layanan tersebut, Sobat Pintar dapat menggunakan Google Drive sebagai alternatif. Dengan menyinkronkan file dengan Drive, Sobat Pintar juga dapat mengakses file tersebut di perangkat lain, seperti laptop/PC.

Nah, itulah lima agar memori HP Oppo tidak lekas penuh yang dapat Sobat Pintar coba. Memiliki memori internal yang tidak begitu besar memang menghambat Sobat Pintar untuk menginstal aplikasi berukuran besar. Sobat Pintar juga tidak bisa menyimpan file dalam jumlah yang banyak di ponsel kesayanganmu. Namun, Sobat Pintar dapat menyiasatinya dengan mencoba cara mengatasi memori penuh di HP Oppo yang sudah dijelaskan di atas.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi dan tips lain yang bermanfaat. Pinjaman online di Kredit Pintar bisa diajukan secara instan dengan proses yang aman.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
mobile-closeKredit PintarDownload