Inilah Media Cara Membuat Undangan Digital

20 Apr 2022 by Laruan, Last edit: 18 Jul 2022

Teknologi yang semakin canggih diikuti dengan perubahan gaya hidup membuat undangan ikut serta untuk dibuat digital. Maka dari itu, ada banyak sekali artikel yang membahas mengenai  cara membuat undangan digital. 

Pada zaman yang serba canggih, bukan menjadi keanehan lagi menggunakan undangan pernikahan. Buat kamu yang ingin membuatnya tidak perlu gelisah dan khawatir karena ada banyak jasa yang menawarkan pelayanan ini. 

Baca juga :Ucapan Menikah yang Paling Berkesan 

Akan tetapi, buat kamu yang ingin membuat sendiri agar lebih berkesan istimewa bisa banget cukup dengan menggunakan peralatan handphone yang dibantu dengan aplikasi. Cara membuat undangan digital akan terasa lebih mudah dan hasilnya pun bisa langsung dikirim ke media sosial. 

Apa Saja Hal yang Perlu Dipersiapkan? 

Tentunya ketika kamu melihat cara membuat undangan digital, agar dapat berjalan dengan baik serta hasil yang memuaskan kamu harus menyiapkan beberapa hal terlebih dahulu. 

1. Persiapkan Konser Undangan Digital

Konsep undangan digital bisa dibuat dengan mengikuti dari kegiatannya. Misal pernikahan, maka pilihlah konsep pernikahan yang sesuai konsep warna pernikahan dengan undangan digital pernikahan. Dengan hal tersebut maka detail yang jelas serta warna dan tulisan dapat memaparkan isi tujuan dibuatnya undangan tersebut. 

2. Memilih Platform Media

Selanjutnya, kamu perlu menyiapkan pemilihan platform media yang akan digunakan untuk membuat undangan digital. Pemilihan platform media dapat kamu lakukan dengan mendownload aplikasi di Google Play dan Apple Store. 

Atau kamu juga bisa menggunakan media yang bersifat umum dan mudah untuk di aksesnya yaitu melalui website yang menyediakan layanan pembuatan undangan digital terbaik versimu. 

3. Pengisian Konten Tepat

Setelah kamu menentukan konsep, buatlah template undangan digital yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginanmu. Untuk hasil yang lebih maksimal kamu bisa menambahkan cara membuat undangan video digital. 

Baca juga :  Contoh dan Cara Membuat Surat Keterangan Belum Menikah

Jangan lupa untuk selalu mengisi konten dengan tepat. Misal pernikahan, maka dimulai dari kapan acara pernikahan digelar, lokasi dimana, hingga nama undangan digital pernikahan diperuntukan untuk siapa. Hal ini merupakan informasi penting yang membutuhkan ketelitian lebih. 

4. Cek Ulang

Setelah selesai, kamu perlu melakukan pengecekan ulang atas informasi yang dimuat di dalamnya. Hal itu bertujuan untuk menghindari hal – hal negatif seperti salah tempat, salah tanggal dan lain sebagainya. 

Jika sudah, maka template undangan digital yang kamu buat sudah siap untuk disebarkan. Jangan lupa untuk simpan dan sebarkan kepada para undangan. 

Cara Membuat Undangan Digital 

Ada beberapa cara membuat undangan digital yang bisa kamu lakukan sendiri baik menggunakan bantuan aplikasi atau website secara langsung. Inilah beberapa cara membuat undangan digital yang bisa kamu ikuti. 

Cara Membuat Undangan Digital Melalui Handphone dengan Aplikasi Invitation Card Maker

Aplikasi Invitation Card Maker ini bisa kamu dapatkan secara gratis pada Play Store. Berikut beberapa langkah yang bisa kamu lakukan untuk membuat template undangan digital dengan mudah.

  1. Langkah pertama, jelas kamu harus mendownload aplikasi Invitation Card Maker. Setelah selesai mendownload lanjutkan untuk menginstall aplikasinya di handphone. 
  2. Jika semua sudah selesai, sekarang langsung buka atau jalankan aplikasi tersebut. 
  3. Kamu akan dihadapkan pada tampilan utama aplikasi. Selanjutnya, kamu bisa menekan tombol start untuk memulai membuat template undangan digital tersebut. 
  4. Selanjutnya, pada tampilan kedua ini kamu harus memilih dari jenis undangannya. Jika kamu mau membuat template undangan pernikahan, maka bisa memilih wedding card atau bisa juga yang umum. 
  5. Setelah itu, kamu harus memilih template undangan digital tersebut yang sesuai dengan keinginanmu. Kamu bebas memilihnya karena semua jenis undangan atau template undangan digital tersebut adalah gratis. 
  6. Selesai memilih template undangan, kamu diminta untuk menulis isi dari undangan digital tersebut. 

Cara Membuat Undangan Digital dengan Canva

Jika kamu memilih media Canva. Maka ada dua pilihan yang bisa kamu lakukan, kamu bisa membuat undangan digital melalui websitenya ataupun aplikasinya. Caranya pun cukup mudah untuk diketahui baik website ataupun aplikasi. 

Sejauh dari informasi yang didapatkan oleh penulis bahwa Canva merupakan media yang menyediakan fitur paling lengkap untuk menemani kamu membuat undangan digital. Di dalam Canva sendiri menyediakan berbagai desain template yang bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhan dan keinginan. 

Selain template undangan digital, di Canva juga terdapat media video. Jadi, cara membuat undangan digital video bisa kamu lakukan di Canva. Caranya pun cukup mudah yaitu dengan membuka aplikasi tersebut pada handphone jika memang menggunakan aplikasi. 

Jika menggunakan website, kamu bisa langsung membuat akun dan berkreasi lah membuat undangan digital yang kamu inginkan. Selain itu, kamu juga dapat membuka usaha pembuatan undangan digital menggunakan Canva. 

Setelah kamu membuka aplikasi ataupun website, langsung pilih undangan atau bisa juga dengan mencari pada kolom pencarian dengan mengetik undangan. Atau kamu juga bisa menulis jenis undangan apa yang sedang kamu butuhkan. 

Kemudian, lanjutkan untuk memilih template undangan sesuai dengan desain yang kamu inginkan. Pilih edit untuk menyunting undangan digital tersebut. Sesuaikan lokasi, tanggal ataupun lainnya sesuai dengan kebutuhan acara yang kamu buat. 

Selain itu, kamu juga masih bisa mengganti jenis font, ukuran bahwa warna ataupun item di dalamnya. Setelah semua sudah selesai sesuai dengan harapan dan keinginan, kamu bisa pilih selesai yang berada pada pojok kanan atas dan langsung pilih save as image. Kini kamu sudah punya undangan digital hasil karya mu. 

Cara Membuat Undangan Digital Video Menggunakan Video Invitation Maker

Selanjutnya, tidak kalah bagusnya yaitu membuat undangan digital video. Akan tampak berbeda dari undangan digital video. Hal ini dapat kamu lakukan menggunakan bantuan aplikasi Video Invitation Maker.  

Baca juga : Inilah Rekomendasi Cara Menabung Untuk Mempersiapkan Pernikahan

Penasaran bagaimana cara membuatnya? Berikut beberapa cara yang dapat kamu lakukan. 

  1. Langkah pertama kamu dapat mendownload dan menginstall aplikasinya terlebih dahulu melalui Play Store. 
  2. Kemudian jika sudah terinstall. Kamu bisa langsung membuka aplikasi tersebut, dan masuk pada menu utamanya. Pada menu utama akan ada berbagai macam tempat undangan digital video yang bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhan atau jenis acara. 
  3. Setelah memilih, kamu bisa melakukan penyunting atau edit. Dimana editing ini akan muncul secara otomatis jika sudah memilih template undangan digital video. Kamu dapat menambahkan berbagai macam bentuk mulai dari tulisan, musik, stiker, gambar, backgroundnya ataupun elemen – elemen lain yang ingin kamu ganti. 
  4. Setelah dirasa proses editing cukup dan memuaskan hati kamu, kamu hanya perlu mendownload nya dan bentuk undangan digital video. 
  5. Selesai, kini ku sudah punya undangan digital video.

Penasaran ingin membuat undangan video menggunakan berbagai pilihan diatas? Langsung saja sukseskan cara membuat undangan digital dengan melakukannya sendiri. 

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
18 Jul 2022
Pinjam kilat 20 juta!Download