8 Cara Membuat Rambut Nenek dengan 6 Bahan

22 Dec 2021 by Laruan, Last edit: 22 Dec 2021

Banyak pengguna internet yang mencari informasi mengenai cara membuat rambut nenek untuk bernostalgia dengan jajanan masa kecil. Rambut nenek adalah sejenis gulali, jajanan manis yang sangat disukai oleh anak-anak tapi sekarang semakin langka untuk ditemui.

Kalau Sobat Pintar merindukan jajanan manis ini, sebaiknya pelajari cara membuatnya dan praktekkan sendiri di rumah sehingga Sobat Pintar tidak perlu lagi berburu jajanan legendaris ini. Bahan yang digunakan cukup sederhana. Cara membuat rambut nenek juga tidak terlalu sulit untuk dipraktekkan di rumah.

Bahan untuk Membuat Rambut Nenek

Tidak sedikit penjual yang menggunakan pemanis buatan dan pewarna buatan dalam proses pembuatan rambut nenek. Kalau Sobat Pintar ingin membuat jajanan rambut nenek tanpa pengawet dan pemanis tambahan, gunakan bahan-bahan berikut ini.

  1. 250 gram tepung (bisa menggunakan tepung jagung, tepung beras, tepung terigu, tepung, gandum, atau bahkan tepung ketan).
  2. 2 sendok makan susu bubuk
  3. 250 gram gula pasir
  4. 200 ml air
  5. ¼ sendok teh cuka atau bisa juga diganti dengan ½ sendok teh perasan jeruk nipis atau ¼ sendok teh sitrun. 
  6. Kalau ingin membuat rambut nenek tampak lebih menarik, gunakan sedikit pewarna makanan.

Pastikan semua bahan yang ada dalam daftar diatas sudah siap di atas meja. Kemudian jangan lupa untuk mempersiapkan beberapa peralatan yang akan digunakan untuk membuat jajanan gulali rambut nenek. Beberapa alat yang perlu Sobat Pintar persiapkan adalah:

  1. 2 buah wajan.
  2. 1 buah baskom besar.
  3. 1 buah loyang besar.
  4. Spatula untuk mengaduk.

Semua peralatan tersebut harus sudah siap sebelum mulai menjalankan cara membuat Rambut Nenek, mengingat proses pembuatannya dilakukan dengan sangat cepat.

Baca juga: Berbagai Macam Jajanan SD yang Bikin Nostalgia, Manakah Kesukaanmu?

Cara Membuat Rambut Nenek di Rumah

Proses pembuatan jajanan rambut nenek sebenarnya cukup sederhana. Selama Sobat Pintar mengikuti semua langkah yang ada di bawah ini dengan cermat dan hati-hati, Sobat Pintar pasti akan berhasil membuat jajanan favorit semua orang.

  1. Ambil sebuah wajan, gunakan wajan tersebut untuk menyangrai tepung dan susu bubuk. Sangrai kedua bahan tersebut sampai harum lalu matikan kompor. Tuang tepung dan susu yang sudah disangrai ke wadah lebar semacam loyang yang sudah disiapkan.
  2. Saat menuangkan tepung dan susu yang telah disangrai, pastikan untuk menaburkannya sampai merata di atas loyang atau wadah datar lainnya. Sisihkan dan diamkan sampai dingin. Cara membuat rambut nenek berikutnya adalah menyiapkan pembuatan gulali.
  3. Campurkan 250 gram gula pasir, 200 ml air, dan ¼ sendok teh cuka ke dalam wajan yang dipakai untuk menyangrai tepung tadi. Masak campuran bahan ini di atas api sedang. Aduk terus sampai adonan mendidih.
  4. Masak terus adonan gulali ini sampai berbusa dan menjadi agak kental selama kurang lebih 8 sampai 10 menit. Setelah adonan gulali mendidih,  aduk sesekali saja.
  5. Setelah adonan gulali mendidih, kurangi mengaduk adonan agar gula tidak mengkristal. Untuk mengecek apakah adonan tersebut sudah kental, Sobat Pintar bisa melihatnya pada waktu adonan mendidih dan berbusa.
  6. Cara membuat rambut nenek bergantung pada kekentalan adonan gulali. Matikan kompor sambil terus mengaduk adonan. Kalau busanya menghilang dengan cepat, adonan tersebut kurang kental. Tapi kalau busanya lama menghilang, adonan sudah kental dan siap digunakan.
  7. Aduk sampai busa lenyap dari adonan dan adonan berubah menjadi bening. Lalu angkat wajan dan tuangkan adonan yang masih panas ke atas wajan lain yang sudah Sobat Pintar letakkan di atas baskom besar berisi air. Diamkan gulali hingga agak mengeras dan lebih mengental.
  8. Setelah adonan mulai mengeras dan mengental, ambil sedikit adonan lalu bentuk melingkar. Gulingkan adonan tersebut ke adonan tepung yang sudah disangrai. Lipat ulang adonan, pilin, lalu Tarik. Lakukan terus menerus sampai tercipta rambut nenek yang legendaris.

Delapan cara membuat rambut nenek di atas sangat mudah untuk dilakukan. Kuncinya terletak pada kekentalan adonan gulali. Kalau kekentalan adonannya pas, proses pembuatan rambut nenek akan bisa berjalan dengan sangat lancar.

Baca juga: Inilah Ide Bisnis Makanan Ringan yang Nikmat dan Menguntungkan

Hal Penting dalam Proses Pembuatan Rambut Nenek

Selain mencari tahu cara membuat rambut nenek, Sobat Pintar juga perlu memahami beberapa hal penting yang berkaitan dengan proses pembuatan rambut nenek. Agar proses pembuatan rambut nenek bisa berhasil, perhatikan beberapa ‘rumus’ berikut ini.

1. Pentingnya susu bubuk

Sebenarnya susu bubuk bersifat opsional atau tidak wajib untuk digunakan. Cukup gunakan sedikit takaran susu bubuk dan gunakan lebih banyak takaran tepung. Kalau Sobat Pintar menggunakan terlalu banyak susu bubuk, rambut nenek akan menyatu lagi karena adonan menjadi lebih lengket.

Kalau Sobat Pintar ingin adonan menjadi lebih awet serta mempunyai tekstur yang lebih kesat, susu bubuk boleh dihilangkan dari daftar bahan.

2. Penggunaan sitrun atau citric acid

Bahan yang takarannya tidak boleh sembarangan dan harus benar-benar mengikuti resep adalah citric acid. Kalau Sobat Pintar menggunakan terlalu banyak citric acid, gulali yang dihasilkan akan lebih sulit untuk mengeras. Tapi tanpa menggunakan citric acid, gulali akan mengeras terlalu cepat.

Takaran untuk citric acid sudah ditentukan di bagian bahan, saat menerapkan cara membuat rambut nenek. Pastikan untuk tidak melanggar takaran yang sudah ditentukan agar proses pembuatan rambut nenek tidak mengalami kegagalan.

3. Pembagian adonan gulali

Proses pembuatan rambut nenek membutuhkan tenaga yang cukup banyak. Akan lebih mudah membuat jajanan ini jika Sobat Pintar membagi adonan gulali menjadi tiga adonan agar setiap adonannya menghasilkan rambut nenek yang tampak menarik dengan menambahkan pewarna makanan yang berbeda.

Saat memilih pewarna untuk adonan gulali, pastikan untuk memilih pewarna makanan yang benar-benar aman dan tidak membahayakan kesehatan. Gunakan secukupnya saja sehingga rambut nenek yang dihasilkan tidak akan tampak terlalu mencolok.

Baca juga: Manis dan Gurih, Inilah Resep Jajanan Putu Ayu. Anti gagal!

4. Persiapkan Bahan Sebelum Belajar Cara Membuat Rambut Nenek

Bagi Sobat Pintar yang ingin membuat jajanan rambut nenek dalam jumlah besar, pastikan untuk mempersiapkan bahan dalam jumlah banyak sekaligus. Rambut nenek adalah jajanan yang bisa dinikmati langsung atau bersama dengan makanan atau minuman lainnya.

Saat ini, banyak yang menggunakan rambut nenek sebagai topping minuman kekinian seperti minuman boba. Kalau Sobat Pintar ingin sering-sering membuat rambut nenek dan menggunakannya sebagai topping, siapkan dana yang cukup untuk membeli semua bahan yang dibutuhkan. Semoga membantu!

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi dan tips lain yang bermanfaat.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
22 Dec 2021
Pinjam kilat 20 juta!Download