Cara Membuat Miniatur Truk Yang Ciamik

26 Aug 2022 by Ary Wibowo, Last edit: 29 Aug 2022

Miniatur truk merupakan sebuah replika dari truk yang sebenarnya. Tampilannya sama persis dengan bentuk aslinya, hanya saja ukurannya lebih kecil dengan skala tertentu. Cara membuat miniatur truk juga berbeda-beda sesuai jenis dan bahan yang digunakan.

Mengumpulkan miniatur truk adalah sebuah hobi yang unik dan bisa dikatakan hampir sama dengan penggila bola. Mengoleksi miniatur truk tidak akan lekang oleh zaman bahkan bersifat multi dimensi. Mulai dari anak kecil hingga orang dewasa, semua suka dengan miniatur truk.

Baca juga: Harga Hyundai Palisade 2022, Mobil SUV Canggih

Apa Itu Miniatur Truk?

Truk miniatur atau lebih kerennya disebut diecast truk adalah model berskala kecil dari truk. Diecast truk itu adalah model miniatur yang terbuat dari bahan-bahan seperti logam, atau kayu, plastik, dan fiber.

Mobil truk diecast atau miniatur yang ada di took, baik di luar negeri maupun di dalam negeri dibuat menggunakan metode die casting. Jika kalian ingin tahu apa itu die casting, silahkan browsing di google dengan keyword kata tersebut. 

Truk diecast paling baik dibuat dari logam yang disebut zamak. Zamak sendiri merupakan perpaduan aluminium dan seng. Hal ini memungkinkan model miniatur berbahan ini menjadi cukup kuat dan tahan lama. Bahkan juga aman diproduksi.

Miniatur diecast ini sangat digemari oleh anak-anak, dan juga kolektor barang-barang unik. Seorang kolektor miniatur truk bisa memperolehnya dari berbagai sumber di penjuru dunia dan juga dari berbagai bahan dengan beragam varian bentuk serta harga yang bervariasi. 

Biasanya mereka akan memburu miniatur truk yang unik. Salah satu yang digandrung tentunya adalah miniatur mobil truk gandeng. Truk gandeng memang sangat spesial, mungkin dikarenakan dari bentuknya dan ukurannya yang sangat besar. Itulah yang menjadi salah satu alasan mengapa model ini banyak disukai.

Menurut sejarahnya, diketahui bahwa miniatur kendaraan ini telah ada sejak awal abad ke-20. Perlu kalian ketahui bahwa miniatur diecast truk pada awal kemunculannya tidak terlalu populer dibandingkan jenis mobil atau bus. Hal ini terjadi mungkin karena pada saat itu pasar yang dituju adalah anak-anak saja. Namun dewasa ini semua telah berbeda, semua kalangan usia bersemangat membelinya.

Saat ini, ketenaran miniatur truk juga semakin meningkat seiring banyaknya model varian truk yang beraneka macam dan terkesan langka. Sebut saja seperti truk gandeng, dump truk, dan juga truk tambang.

Di Indonesia sendiri, memiliki model truk lokal yang tidak kalah hebatnya. Kita pasti mengenal miniatur truk yang terbuat dari kayu. Hampir semua daerah pernah merasakan kepopuleran miniatur jenis ini, walaupun sekarang sudah jarang kita temui.

Cara Membuat Miniatur Truk

Pada pembahasan di atas sedikit banyaknya telah disinggung mengenai cara membuat miniatur truk. Langkah awal yang harus sangat diperhatikan adalah, apa bahan membuat miniatur truk yang dipakai.

Bahan yang paling baik digunakan adalah yang terbuat dari logam. Alasan sederhananya adalah karena awet dan tahan lama serta tidak akan mudah rusak. Tak mengherankan jika kita sering melihat di toko mainan banyak sekali miniatur yang terbuat dari logam.

Logam yang paling baik adalah alumunium dan seng. Kemudian tehnik yang digunakan untuk membuat minaitur adalah Die Casting. Die casting adalah proses untuk memaksa logam mencair di bawah tekanan tinggi ke dalam rongga cetakan. Benda tuang yang dipakai kebanyakan terbuat dari logam non-ferrous, khususnya seng, tembaga, aluminium, timbal, magnesium, timah dan timah paduan berbasis. 

Cara Membuat Miniatur Truk Dari Kardus

Kardus seringkali hanya menjadi sampah yang akan dibuang begitu saja di tong sampah. Tapi bagi orang[orang yang kreatif, kardus bekas bisa menjadi sebuah miniatur truk yang bernilai ekonomi tinggi.

Khususnya di Indonesia, miniatur truk dari kardus dibuat secara hand made alias manual menggunakan tangan. Tidak ada teknologi mutakhir yang digunakan, semuanya serba manual. Dan ini jelas saja memakan waktu lama dan kurang efisien. 

Baca juga: Panduan Lengkap Seputar Mobil dan Motor

Cara Membuat Miniatur Truk Dari Kayu

Cara membuat miniatur truk dari kayu atau triplek hampir sama dengan yang terbuat dari kardus. Kebanyakan orang kreatif dan suka membuat miniatur truk, Hampir sebagian besar dari mereka memanfaatkan limbah triplek dan kayu untuk dijadikan bahan dasar.

Cara buat miniatur truk dari kayu pun kebanyakannya bersifat manual. Pemanfaatan mesin pun belum semaksimal yang lain, sehingga pengerjaannya juga memakan waktu yang relatif lama.

Cara membuat miniatur truk kayu tidak membutuhkan biaya yang mahal dan lebih efisien. Hanya perlu cat dan juga fiber. Fiber biasanya nanti dipakai untuk membuat kabin kepala dan ban truk tersebut.

Cara Membuat Miniatur Truk Canter

Truk Canter memang terbilang istimewa. Banyak orang yang memilikinya atau berniat memilikinya, maka tak heran jika miniatur truk canter juga banyak beredar di pasaran. Untuk jenis ini sepertinya lebih baik kita membelinya karena variannya sudah sangat banyak dan beragam. Namun tidak menutup kemungkinan kita membuatnya dari berbagai macam bahan yang kita kehendaki.

Beberapa Jenis Miniatur Truk

Miniatur Truk Kayu

Setelah mengetahui cara membuat Miniatur truk dari kayu, maka pertanyaan selanjutnya adalah apakah kalian sudah siap membuat dan mengoleksinya? Miniatur truk dari kayu memang memilki harga terjangkau, namun jangan salah memilih yang murah saja. Perhatikan juga kualitasnya dan tidak sembarangan agar tidak menyesal setelah membelinya.

Miniatur Truk Kayu Sound System

Salah satu jenis Truk kayu adalah yang dilengkapi dengan soung system. Di malang belakangan sedang hits miniatur tipe ini, saat parade sudah terlihat mirip seperti kampanye pemilu saja. Hal ini dikarenakan sound yang dipasang berukuran besar dan suaranya kencang sekali hampir sama seperti truk aslinya.

Miniatur Truk Malang

Malang adalah daerah sentral dalam pembuatan miniatur truk yang ada di Indonesia. Miniatur truk kayu Malang sudah terkenal di seluruh dunia. Kalian bisa mengeceknya di Google kalau tidak percaya. Banyak sudah prestasi para perajin dari malang yang sudah mendunia. Di kompetisi miniatur truk lokal, sudah barang tentu tidak diragukan lagi kehebatan Malang dalam miniatur truk. 

Ide yang mereka usung dalam pembuatan miniatur truk juga sederhana, kadang hanya dengan memanfaatkan bahan limbah dari kayu serta triplek yang tidak terpakai. Karena kualitas yang baik dan rapi, maka harga truk miniatur dari malang juga termasuk mahal. 

So kalian jangan kaget guys,  karena banyak kolektor yang memburunya dengan harga selangit. Harga miniatur truk malang di tangan kolektor yang tepat bisa menjadi sangat mahal. Jadi sebaiknya untuk harga yang murah, kalian langsung mencari di tangan pengrajin langsung.

Itulah sekiranya informasi mengenai mainan dan miniatur truk dan cara membuat miniatur truk di Indonesia dan Dunia. Semoga bisa memberikan pencerahan dan pengetahuan bagi kalian semua guys.

Baca juga: Livery Bus Simulator Terbaik dan Terbaru

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
29 Aug 2022
mobile-close
Pinjam kilat 20 juta!Download