Cobain Cara Membuat Kulit Martabak! Anti Sobek!

23 Aug 2022 by Ary Wibowo, Last edit: 25 Aug 2022

Martabak merupakan salah satu makanan yang populer bagi masyarakat Indonesia. Terdapat dua jenis martabak pada umumnya-martabak manis dan martabak asin (telur). Pembuatannya pun tergolong sulit, apalagi cara membuat kulit martabak agar tidak sobek.

Banyak yang mencoba membuat kulit martabak asin tapi sering kali mengalami kegagalan. Sama halnya ketika membuat martabak manis dan menghadapi kendala adonan yang tidak menngembang ataupun hangus.

Cobain Cara Membuat Kulit Martabak! Anti Sobek!

Kali ini, kita kan lebih fokus dalam pada martabak asin atau martabak telor. Bukan hanya belajar cara membuat kulit martabak tapi harus bisa juga menghasilkan martabak yang enak.

Penasaran dengan cara membuat kulit martabak? Cari tahu langkah-langkahnya di bawah ini!

Baca juga: Cara Buat Sambal Matah yang Mudah dan Enak

Cara Membuat Kulit Martabak

Bagi para pemula,  membuat martabak pasti akan sangat sulit lantaran harus mencoba beberapa kali agar menemukan bentuk yang sempurna. Cara membuat kulit martabak memang terkesan susah bagi pemula ketika menghadapi hasil kulit yang tidak lentur dan akhirnya robek.

Situasi seperti ini pastinya membuat anda kesal dan ingin berhenti saja. Tapi, jangan cepat menyerah lantaran belum mengerti mengenai cara membuat kulit martabak yang baik.

Cara membuat kulit martabak pada dasarnya cukup mudah untuk dilakukan. Bahkan, bahan-bahan yang diperlukan dalam cara membuat kulit martabak telur ini juga tidak banyak, cukup menggunakan tepung, air, garam, dan minyak goreng. Cara membuat kulit martabak asin (telur) diawali dengan membuat menguleni adonan sampai kalis, lalu dipipihkan dan dilebarkan guna membungkus isi martabak.

Bagi anda yang ingin membuat kulit martabak yang tidak mudah sobek serta renyah, beberapa tips ini cara membuat kulit martabak ini harus diperhatikan. Hal-hal ini yang perlu anda perhatikan dalam cara membuat kulit martabak:

Gunakan tepung protein tinggi

Jenis tepung yang tepat untuk membuat kulit martabak adalah tepung protein tinggi. Kenapa memilih tepung dengan protein tinggi? Hal ini dilakukan agar nantinya anda mudah dalam menguleni adonan mudah hingga cepat kalis. Ini membuat anda tidak perlu lama menguleni adonan sampai menjadi elastis.

Jangan lupa tambahkan tepung beras

Guna mendapatkan tekstur yang martabak yang baik saat digoreng, anda dapat menambahkan tepung beras pada adonan kulit martabak. Anda tidak perlu menambahkan tepung beras yang banyak. Perkirakan saja takaran yang pas untuk adonan yang sedang anda buat. 

Tips: Setiap 100 gr tepung terigu dapat anda tambahkan satu sampai dengan dua sendok makan tepung beras.

Uleni adonan sampai elastis

Proses pengulenan sangat penting dalam cara membuat kulit martabak telur. Perlu anda ingat bahwa ketika menguleni adonan kulit dengan benar, harapannya akan menghasilkan kulit yang elastis, tipis dan tidak mudah sobek. Jangan lupa untuk memastikan adonan kulit martabak sudah cukup elastis dan memiliki permukaan yang sebelum dibentuk.

Cobain Cara Membuat Kulit Martabak! Anti Sobek!

Rendam dengan minyak

Setelah mendapatkan bentuk adonan yang elastis, anda dapat memotong adonan dengan ukuran kecil lalu bulatkan lagi untuk dijadikan beberapa kulit martabak. Tempatkan pada wadah khusus. Oleskan minyak pada setiap adonan dan pastikan adonan terendam seluruhnya. Minyak yang dioleskan tadi yang nantinya akan membantu adonan menjadi elastis dan tidak mudah sobek.

Pipihkan hingga tipis

Selanjutnya, setelah setelah anda merendam adonan dengan minyak (anda dapat merendam selama kurang lebih satu jam), adonan tadi siap untuk dipipihkan sampai bentuknya tipis sekali. Setelah dibentuk pipih barulah bisa ditambahkan isian.

Gunakan cukup minyak

Cara membuat kulit martabak selanjutnya adalah dengan bantuan minyak secukupnya. Jangan memilih wajan yang kecil tetapi pilihlah wajan yang ukurannya cukup besar sehingga anda dapat menggoreng martabak dengan baik. Gunakan minyak secukupnya dalam menggoreng dan gunakan api kecil setelah minyak benar-benar panas agar martabak matang merata.

Baca juga: Mau Tau Cara Membuat Bakpao? Ikuti Langkah Ini

Bahan-Bahan dalam Membuat Martabak Telur

Ketika anda telah paham dengan segala macam komponen penting dalam membuat kulit martabak, selanjutnya adalah membuat martabak telur. Bahan-bahan yang anda butuhkan dalam pembuatannya pun cukup mudah untuk ditemukan di pasar. Berikut ini adalah bahan-bahannya berdasarkan Resep Koki:

Kulit:

Tepung terigu protein tinggi – 125 gram

Minyak goreng – 2 sdm

Garam – 1/2 sdt

Air – 60 ml

Minyak goreng yang nantinya berguna untuk merendam adonan – 500 ml

Minyak, untuk menggoreng – secukupnya

ISIAN AYAM:

Daging ayam cincang – 150 gram

Bawang bombay, cincang halus – 1 butir

Bawang putih, cincang halus – 2 siung

Garam – 1 sdt

Lada halus – 1/4 sdt

Gula pasir – 1/2 sdt

Minyak, untuk menumis – 2 sdm

Tambahan:

Telur bebek, kocok lepas – 3 butir

Daun bawang, iris halus – 5 batang

Bawang bombay, cincang halus – 1/2 butir

Garam – 1/2 sdt

Lada halus – 1/4 sdt

Cuka:

Wortel – 1/2 buah

Timun – 1/2 buah

Bawang merah – 3 butir

Cabe rawit – 10 buah

Cuka – 1 sdm

Air – 250 ml

Gula merah – 2 sdm

Garam – 1/2 sdt

Baca juga: Inilah 4 Resep Cara Membuat Roti

Membuat Martabak Telur

Setelah mengetahui bahan-bahan apa saja yang nantinya dibutuhkan, langkah selanjutnya adalah cara membuat martabak telur secara keseluruhan.

Cara membuat kulit martabak

1. Siapkan wadah yang telah terisi tepung, garam, dan minyak goreng. Aduk rata semua bahan tersebut.

2. Setelah itu, tuangkan air sedikit demi sedikit sampai tekstur adonan menjadi kalis. Anda dapat menguleni adonan kembali sampai kalis elastis selama kurang lebih 10-15 menit.

3. Bagi adonan menjadi 2 bagian. Bulatkan dan istirahatkan selama 5 menit.

4. Siapkan mangkuk, tuang minyak goreng (500 ml). Masukkan adonan tadi ke dalamnya hingga terendam. Rendam selama 30 menit.

Membuat isian ayam

1. Panaskan minyak. Setelah minyak panas, tumis bawang putih dan bawang bombay sampai harum.

2. Setelah itu, anda dapat memasukkan daging ayam yang sudah tersedia dan aduk sampai berubah warna. 

3. Taburkan garam, gula, lada halus, dan tuangkan sedikit air agar tidak terlalu kering. Masak hingga matang. Sisihkan hingga dingin.

Mulai memasak

1. Panaskan banyak minyak.

2. Ambil 1 bulatan adonan kulit. Pindahkan ke atas meja kerja. Lalu, anda dapat memipihkan adonan (bisa menggunakan jari saja) sampai adonan melebar dan terlihat  tipis.

3. Ambil 1 bagian isian. Tuang ke atas kulit martabak. Lipat bentuk amplop.

4. Setelah itu, mulai masukkan adonan martabak ke dalam minyak yang sudah panas, sampai matang dan berwarna kecokelatan kedua sisinya. Lalu, angkat dan tiriskan.

5. Lakukan hal yang sama untuk adonan selanjutnya.

6. Potong martabak sesuai selera.

7. Siap disajikan dengan kuah cuka martabak.

Membuat cuka

1. Cuci bersih wortel, timun, bawang, dan cabe. Kemudian potong wortel dan timun tersebut (buang bijinya) dengan membentuk ukuran kotak kecil. Iris kasar bawang merah. Anda bisa memotong cabe rawit atau membiarkannya utuh sesuai dengan selera.

2. Siapkan wadah  untuk mencampur semua bahan (cuka, wortel, timun, bawang merah, dan cabe rawit). Aduk rata. Sisihkan.

3. Sediakan wadah seperti panci yang akan digunakan untuk mencampur air, gula merah, dan garam. Rebus hingga mendidih dan gula larut. Angkat lalu tuang sambil disaring ke dalam wadah isi campuran tadi. Aduk rata.

4. Siap disajikan.

Saran dan tips

1. Anda dapat memipihkan adonan menggunakan jari atau alat seperti rolling pin. Anda juga bisa menyediakan botol bekas untuk memipihkan adonan. Sehingga, tekstur kulit tidak hancur dan hasilnya sempurna.

2. Anda juga bisa mencoba dengan meletakkan adonan kulit langsung di atas pan datar berukuran besar yang telah berisi sedikit minyak panas. Tambahkan isian kemudian lipat.

3. Jika anda memakai cara ini maka melipat kulit martabak harus dilakukan dengan cepat. Hal ini dilakukan agar kulit tipis martabak tidak cepat  mengering bila terkena panas.

4. Anda bisa melihat adonan kulit yang bagus ketika dibentangkan tidak robek walau terlihat tipis.

5. Tips terakhir, ketika anda menggoreng martabak, jangan lupa untuk membolak-balik dan sedikit menekan adonan agar martabak matang sampai ke dalam.

Bagi beberapa orang, cara membuat kulit martabak mungkin sangatlah mudah tetapi bagian sebagian orang masih sangat susah. Semoga cara membuat martabak yang sudah dijelaskan di atas dapat membantu anda membuat martabak yang lebih baik dan pastinya enak. Selamat mencoba!

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
25 Aug 2022
mobile-close
Pinjam kilat 20 juta!Download