Cara Membuat Karamel Anti Gagal, Cek Disini!

30 Nov 2021 by Laruan, Last edit: 03 Dec 2021

Siapa yang suka saus karamel? Makanan ini biasa dipadukan dengan makanan penutup, minuman manis, hingga es krim. Oleh karena penggunaannya yang cukup penting sebagai pelengkap hidangan, banyak yang ingin tahu cara membuat karamel yang tepat. 

Mengingat membuat karamel tidak sepenuhnya mudah, Anda harus memiliki trik khusus. Biasanya, orang-orang yang kurang paham triknya, membuat karamel yang harusnya berasa manis dan asin, justru pahit karena gosong.

Mungkin ada yang belum tahu apa itu karamel. Jadi, karamel merupakan gula-gula yang terbentuk dari proses karamelisasi. Tekstur karamel sendiri adalah berupa cairan lengket berwarna beige atau coklat gelap. Pada umumnya, bahan utama pembuatan karamel ini adalah gula pasir.

Sudah mulai penasaran dengan bagaimana cara membuat karamel yang benar? Meskipun tidak bisa dikatakan sangat mudah, Anda tetap bisa mencobanya di rumah. Perhatikan saja beberapa langkah-langkahnya di bawah ini

Macam-Macam Resep Cara Membuat Karamel

Anda harus ingat, membuat karamel perlu teknik khusus. Salah pengolahan sedikit akan membuat rasanya cenderung tidak enak. Saus karamel yang berhasil dibuat seharusnya mengeluarkan aroma khas yang menggugah selera. Ada beberapa pilihan resep membuat karamel yang bisa Anda coba yaitu:

Cara Membuat Karamel Gula Pasir

Rata-rata orang lebih suka membuat karamel gula pasir ini. Selain cenderung lebih mudah dibuat, tidak sulit untuk menemukan bahan-bahannya. Trik membuat karamel ini adalah Anda harus terus memantau api serta rajin mengaduk adonan karamel hingga mengental. 

Bahan-Bahan

  • 200 gram gula pasir
  • 60 ml air putih
  • 1 cangkir krim kental
  • 1 sendok teh ekstrak vanili
  • 1 sendok makan mentega tawar
  • 2 sendok makan wiski (opsional)
  • 1 biji vanilla dan buang biji dari polongnya dulu (opsional)

Langkah-Langkah

  • Panaskan Wajan

Pertama-tama, Anda bisa mulai dengan memanaskan wajan terlebih dahulu dengan mentega. Jangan lupa gunakan api kecil saja saat ingin memanaskannya. Setelah itu, baru bisa mulai langkah berikutnya.

  • Masukkan Air Dan Gula

Setelah wajah cukup panas, langsung masukkan gula pasir. Berikutnya, ambil gula dan tuangkan dalam wajan berisi air tadi. Menuangkan airnya pun harus perlahan-lahan. Usahakan seluruh air bisa menutup permukaan gula.

  • Masak Air Dan Gula

Langkah berikutnya Anda harus memasak air dan gula dalam wajan tadi. Jangan lupa gunakan api sedang saja, karena jika terlalu besar biasanya akan membuat gula cepat hangus. Masak terus dengan cara mengaduknya secara perlahan, sampai jadi larutan yang menggumpal.

  • Lanjutkan Memasak Hingga Berasap

Ketika larutan gula dan air tadi sudah terlihat menggumpal, Anda jangan langsung mengangkatnya. Tunggu dulu sampai larutan berubah warna jadi lebih kecoklatan. Selain itu, pastikan juga larutan air gula tadi sudah mengeluarkan busa lembut hingga sedikit berasap.

  • Angkat Dan Simpan

Jika tanda-tanda karamel mulai matang, segera angkat dari wajan. Setelah diangkat, Anda bisa tambahkan krim kental, vanili, dan whiski.  Ketiga bahan tersebut opsional; jika Anda tidak menginginkannya, lewati saja tahap ini. Langsung dinginkan karamel lalu simpan dalam wadah kedap udara. 

Membuat Karamel Kurma

Biasanya, orang-orang juga merasa cukup bosan dengan saus karamel dengan campuran yang itu-itu saja. Jika Anda adalah salah satunya, coba buat karamel dengan tambahan bahan lain seperti kurma. Perpaduan karamel dan kurma dapat menciptakan cita rasa unik, yaitu manis dan asam sekaligus.

Bahan-Bahan

  • 250 gram kurma tanpa biji
  • 1 sendok makan butter
  • 200 ml susu UHT full cream
  • 1 sendok teh pink Himalayan salt

Cara Membuat

  • Haluskan Kurma

Pertama, haluskan kurma bersamaan dengan susu cair. Pastikan keduanya tercampur dengan rata sehingga menghasilkan perpaduan adonan dengan tekstur lembut. 

  • Pindahkan Kurma Halus Ke Dalam Panci

Berikutnya, setelah kurma dan susu cair tadi berubah menjadi tekstur halus, segera pindahkan ke panci. Langsung tambahkan campuran tersebut dengan bahan lain yang tersisa, yaitu garam (pink Himalayan salt) serta butter.

  • Masak Hingga Matang Dan Mengental

Langkah selanjutnya ini cukup penting. Masak adonan campuran tadi sampai matang. Pakai api yang sedang saja, untuk meminimalisir cepat hangus dan mencegah rasa pahit di akhir.

  • Angkat Setelah Matang

Jika dirasa karamel cukup matang, bisa segera diangkat. Letakkan dalam wadah yang kedap udara. Sebelum ditutup, Anda dinginkan dulu karamel nya. Cara ini akan membuatnya lebih awet. 

  • Simpan Dalam Lemari Es Atau Sajikan

Jika sudah cukup dingin, sebenarnya Anda sudah bisa menyajikannya untuk pendamping makanan atau minuman. Namun, supaya memberikan cita rasa yang lebih enak, ada baiknya sebelum disajikan Anda simpan dulu beberapa saat di dalam lemari es.

Tips Membuat Karamel Yang Tepat

Membuat karamel nyatanya tidak semudah yang Anda bayangkan. Buktinya, masih banyak yang gagal. Tanda karamel Anda gagal adalah mengeluarkan cita rasa pahit, padahal yang benar cenderung manis pas. Untuk menghindari kegagalan tersebut, Anda bisa perhatikan beberapa tipsnya di bawah ini

  • Gunakan Gula Pasir Yang Tidak Menggumpal

Bahan baku utama pembuatan karamel pada umumnya memang gula pasir. Oleh karena dijadikan sebagai bahan utama, Anda tidak boleh asal menggunakannya. Sebab, pemilihan gula yang tepat sangat berpengaruh pada hasil akhir. 

Ada baiknya hanya gunakan gula yang tidak menggumpal dan punya tekstur kering. Sebelumnya menggunakannya, pastikan gula sudah bebas dari kotoran. Gula yang bersih memungkinkan hasil karamel saat jadi memiliki suatu gradasi warna cantik.

  • Usahakan Memanaskan Wajan Terlebih Dahulu

Sebelum mulai membuat karamel, pastikan terlebih dulu wajan sudah cukup panas. Panaskan saja wajan menggunakan api kecil. Penggunaan wajah yang disarankan pun adalah yang berbahan anti lengket. Ini akan memudahkan Anda saat memasak karamel nanti, apalagi saat mencuci sisanya. 

Sebetulnya, Anda boleh saja langsung memasukkan gula pada wajan lalu memasaknya saat itu juga. Namun, banyak yang menggunakan cara ini dan malah mendapatkan hasil karamel yang menggumpal. Bahkan, karamel pun jadi mudah lengket sehingga Anda kesulitan saat harus mengaduknya.

  • Tidak Boleh Langsung Diaduk

Saat gula sudah dimasukkan dalam wajan atau panci, ada baiknya Anda tidak langsung mengaduknya. Biarkan gula meleleh sedikit demi sedikit justru lebih baik. Saat gula sudah terlihat mulai meleleh sepenuhnya, baru Anda boleh mengaduknya. 

Apakah boleh menambah gula lagi? Tentu saja boleh, asalkan gula sebelumnya sudah lumer seluruhnya. Pastikan juga gula yang lumer sebelumnya tersebut telah berubah warna menjadi bening. 

  • Masak Karamel Hingga Berubah Warna Menjadi Coklat Muda Terang

Selama proses memasak karamel, jangan sampai lupa mengaduknya. Masak hingga matang dengan ditandai berubahnya warna gula menjadi coklat muda. Pengadukan selama proses memasak karamel pun perlu diperhatikan. Anda hanya boleh mengaduk dengan perlahan. Begitu sudah berubah jadi coklat terang, segera matikan api sebelum hangus.

Demikian tadi beberapa resep cara membuat karamel termudah. Sudah dijelaskan juga sedikit tentang tips membuat saus karamel anti gagal. Anda bisa menggunakan informasi di atas untuk panduan ketika ingin buat karamel sendiri di rumah. 

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi dan tips lain yang bermanfaat.

03 Dec 2021
Pinjam kilat 20 juta!Download