Cara Membuat Donat Kentang Dengan 8 Bahan

31 Aug 2021 by Laruan

Sobat Pintar pecinta jajanan pasti sudah tidak asing dengan donat bukan? Bagaimana cara membuat donat yang enak dan empuk di rumah? Coba resep ini!Donat merupakan salah satu camilan yang cukup popular di kalangan masyarakat karena bentuknya yang menarik, rasanya yang manis dan sekarang sudah terdapat berbagai variasi bahan dasar donat. 

Bahan dasar donat yang cukup populer di kalangan pecinta kuliner yaitu kentang. Donat sering disajikan untuk menjadi cemilan dikala santai. Lalu bagaimana membuat donat kentang yang tepat dan menghasilkan kualitas yang bagus?

Berikut merupakan penjelasan tentang bagaimana membuat donat dari kentang serta bahan-bahan lain yang digunakan.  

Cara Membuat Donat Kentang Dengan 8 Bahan

Mengenal Tentang Donat Kentang

Donat kentang (Spudnut) merupakan salah satu jenis donat manis yang terbuat dari bahan campuran kentang yang sudah dihaluskan. Donat kentang ini memiliki ciri khas yaitu teksturnya yang lembut dan lebih ringan apabila dibandingkan dengan beberapa jenis donat pada umumnya.

Donat kentang menjadi salah satu makanan favorit untuk cemilan baik untuk anak-anak maupun orang dewasa. Alasannya karena dapat dikreasikan dengan berbagai macam bentuk, berbagai olesan, dan toping yang sangat menarik.

Jajanan ini banyak dijual di pasar tradisional maupun outlet-outlet kue dan umumnya produksi donat kentang ini dilakukan oleh UMKM rumahan. 

Ketahui Survey Online Yang Menghasilkan Pendapatan Tambahan

Resep Membuat Donat Kentang

Sebelum membuat donat kentang, maka siapkan dulu bahan-bahannya. Barulah kemudian Sobat Pintar bisa segera mengolahnya menjadi donat kentang.

Di bawah ini adalah beberapa tips membuat donat kentang paling praktis untuk pemula, antara lain:

Bahan-Bahan:

1. 250 gram kentang

Kentang merupakan bahan dasar yang digunakan untuk membuat donat kentang. Kentang yang digunakan adalah jenis kentang yang berkualitas baik agar hasil donat yang dihasilkan dapat memiliki tekstur dan rasa yang nikmat.

2. 50 gram susu bubuk

Susu bubuk menjadi bahan yang digunakan untuk membuat donat kentang. Penambahan susu pada adonan donat kentang ini akan menambah rasa gurih dan creamy pada donat kentang yang dibuat.

3. 500 gram tepung terigu berprotein tinggi

Bahan ini juga menjadi salah satu bahan yang penting untuk membuat donat kentang. 

Tepung terigu digunakan sebagai cara untuk membuat adonan donat kentang, dimana tepung terigu yang digunakan harus tepung yang benar-benar bersih dan memiliki kualitas yang bagus.

4. 4 butir kuning telur

Telur digunakan untuk memberikan aroma yang khas pada donat kentang yang dihasikan. Telur juga akan mempengaruhi cita rasa kentang, sehingga takaran telur yang digunakan harus sesuai dengan resep yang telah ada.

5. 75 gram margarin

Margarin menjadi salah satu bahan yang digunakan untuk menambah tekstur donat kentang menjadi lebih lembut dan memiliki aroma yang khas. Penggunaan margarin dapat digunakan secukupnya saja.

6. 1 sendok teh baking powder

Bahan ini digunakan untuk memberikan tekstur pada donat kentang. Selain itu, Sobat Pintar juga bisa menambahkan ragi untuk menjadikan donat kentang lebih mengembang dan memiliki tekstur yang mudah dimakan.

7. 100 ml air es

Air es dapat digunakan dalam pembuatan donat kentang dengan maksud untuk menjadikan teksturnya menjadi lebih renyah dan empuk.

8. Garam secukupnya

Garam digunakan untuk menambahkan cita rasa yang dihasilkan oleh donat kentang yang dibuat.

Cara Membuat Donat Kentang Praktis

Cara Membuat Donat Kentang Dengan 8 Bahan

Berikut merupakan langkah-langkah tips membuat donat kentang yang gurih dan renyah, antara lain:

  1. Menyiapkan alat dan bahan yang akan digunakan untuk membuat donat kentang terlebih dahulu. Alat dan bahan yang lengkap akan menunjang hasil donat kentang yang maksimal.
  2. Mengukus kentang yang sudah disiapkan hingga memiliki tekstur yang halus kemudian didinginkan.
  3. Campur kentang yang sudah dihaluskan dengan gula dan kuning telur yang sudah disiapkan sebelumnya.
  4. Campur tepung terigu, susu bubuk, ragi dan diaduk hingga merata, mengaduk campuran tepung tersebut kemudian menambahkan air dan diuleni hingga halus.
  5. Tambahkan mentega dan garam secukupnya agar tidak merubah cita rasa donat kentang yang dibuat.
  6. Uleni kembali adonan yang sudah dicampurkan tadi hingga kalis dan tidak lengket.
  7. Taruh adonan yang sudah dibuat ke dalam baskom, kemudian tutup dengan kain yang lembab atau plastik wrap.
  8. Bila sudah, diamkan selama 20 menit hingga adonan donat yang dibuat dapat mengembang sampai dengan dua kali lipat.
  9. Adonan donat yang sudah mengembang kemudian menuangkannya pada meja yang sudah dibersihkan terlebih dahulu agar higienis.
  10. Adonan yang sudah dituangkan kemudian dapat ditekan-tekan agar gas atau udara yang terdapat pada adonan dapat menguap.
  11. Bagi adonan donat menjadi ukuran 40-50 gram per satuan donat.
  12. Setelah membentuk adonan sesuai dengan kreasi, kemudian mendinginkan adonan yang dibuat selama 15-20 menit.
  13. Panaskan minyak dengan api yang kecil, kemudian mulai menggoreng donat satu persatu hingga adonan habis.
  14. Donat yang sudah digoreng kemudian dapat ditambahkan olesan atau topping sesuai dengan selera sehingga donat kentang menjadi lebih menarik.
  15. Donat yang sudah diolesi maupun ditambahkan toping kemudian dapat disajikan maupun dapat di jual di pasar maupun outlet kue.

Tips Membuat Donat Kentang Anti Bantet

Untuk membuat adonan dan tekstur donatnya lebih lembut dan anti bantat, sebaiknya simak tipsnya di bawah ini:

1. Lakukan proofing adonan

Dalam membuat donat kentang ini ada tahapan yang disebut dengan proofing adonan. Ini adalah salah satu tahapan membuat kue donat dengan cara mengistirahatkan adonannya sesudah fermentasi berlangsung.

Untuk membuat adonannya lebih lembut, maka bila sudah kalis elastis adonannya, letakkan adonannya ke dalam sebuah wadah mangkuk yang tertutup. Tutup adonannya menggunakan plastic wrap atau kain serbet.

Tunggu sampai 30 menit. Lakukan hal ini hingga 2 kali. Pertama ketika adonannya kalis, sedangkan kedua saat adonannya sudah dibentuk dan dicetak menjadi sebuah donat.

2. Perhatikan bentuk donat

Sebelum mencetaknya, sebaiknya perhatikan proses shrinking. Ini adalah kunci utama supaya hasil cetakannya bagus. Caranya tipiskan adonannya menggunakan rolling pin.

Setelah itu cabik adonannya sedikit dan ratakan menggunakan alat itu lagi. Untuk mencetaknya, gunakan cetakan dari stainless steel supaya lebih awet dan aman.

Demikian merupakan beberapa ulasan mengenai apa itu donat kentang, bahan-bahan yang digunakan untuk membuat donat kentang, dan bagaimana cara membuat donat kentang yang lembut. 

Langkah-langkah diatas merupakan cara membuat donat yang simple untuk dapat menghasilkan donat yang gurih dan renyah. Beberapa bahan dan langkah cara membuat donat kentang diatas sangat mudah dilakukan di rumah.

Karena hanya menggunakan alat-alat yang sederhana dan bahan-bahan yang mudah didapatkan di sekitar rumah. Hasil donat kentang yang dibuat juga dapat dikreasikan dengan selera masing-masing, sangat mudah bukan? 

Sekarang Sobat Pintar bisa mencobanya bersama putri atau bunda tercinta.

Hindari Penipuan SIM Swap Dengan Cara Berikut!

mobile-closeKredit PintarDownload