Cara Membuat Cireng Bumbu Sambal Rias Asam Manis

30 Jul 2021 by Laruan

Cireng bumbu sambal rias adalah perpaduan snack ringan dengan rasa sambal yang khas dari Sumatera utara yang biasanya di padu padankan dengan makanan lauk ikan mas goreng.  Sambal ini sangat khas rasa pedas dan bau harumnya sehingga nikmat untuk di makan bersama cireng yang di goreng dan di makan dalam kondisi hangat. cireng sambal Rias Asem manis ini bisa menjadi cemilan yang enak untuk dinikmati bersama keluarga. Berikut cara membuat cireng bumbu sambal Rias asam manis.

Cara Membuat Cireng Bumbu Sambal Rias Asam Manis

Bahan-bahan untuk membuat Cireng 

  1. 300 ml air 
  2. 200 gram tepung sagu
  3. 1 batang daun bawang atau  kucai dan iris halus 
  4. 1  sdt garam
  5. ½   sdt merica bubuk
  6. ½   sdt kaldu ayam bubuk
  7. 500  ml minyak goreng 

Cara Membuat Cireng

  1. Rebus air sampai mendidih pada panci yang terpisah lalu campurkan air mendidih dengan tepung sagu dan aduk adonan sampai menggumpal dan merata.
  2. Cincang daun bawang, bawang putih lalu masukkan garam, merica, kaldu ayam aduk sampai merata ke dalam adonan hingga tercampur merata dan sesuai dengan rasa gurih yang di inginkan.
  3. Masukkan tepung sagu sedikit demi sedikit, kemudian aduk sampai adonan kalis dan kemudian bentuk adonan sesuai dengan keinginan biasa bulat pipih.
  4. Panaskan minyak goreng dengan api sedang dan masukkan satu persatu cireng dan goreng sampai matang, angkat dan tiriskan.
  5. Setelah itu letakkan cireng yang sudah digoreng diatas piring untuk disajikan.

Bahan Pokok sambal Rias Asam Manis:

  1. 2 batang Rias (batang pohon kecombrang/kincung yang muda)
  2. 2 sdm andaliman
  3. 30 buah cabe rawit atau sesuai selera
  4. 2 siung bawang putih
  5. 10 siung bawang merah
  6. 4 butir kemiri
  7. 3 buah tomat
  8. 1 buah jeruk nipis
  9. 1 sdm garam
  10. 1 sdt gula
  11. Jeruk Nipis
  12. Kecap Manis

Cara Membuat Sambal Rias Asam Manis

  1. Siapkan semua bahan  batang Rias (batang pohon kecombrang/kincung yang muda), andaliman, cabe rawit atau sesuai selera, bawang putih, bawang merah, butir kemiri, tomat dan cuci bersih
  2. Kukus bahan rias, tomat, dan cabe sebentar, sangrai bawang dan kemiri sampai empuk dan jangan terlalu lembek supaya rasa dan aromanya bahan terasa.
  3. Tumbuk atau blender semua bahan sampai tercampur merata, beri gula garam secukupnya lalu angkat dan beri perasan jeruk nipis dan kecap manis secukupnya untuk menciptakan perpaduan rasa pedas dan manis kuahnya
  4. Siap untuk di nikmati, cocok disajikan dengan menu Cireng 

Dengan kemudahan cara membuat cireng, Cireng sambal rias asam manis ini bisa menjadi snack untuk dijual kepada mereka penyuka cemilan dengan khas sumatera Utara dengan dibuat kemasan yang menarik. Bahkan cireng juga banyak peminatnya apabila di buat dengan rasa yang khas dan gorengan yang renyah dan lembut. 

Kredit Pintar memfasilitasi nasabah dalam semua pembiayaan multiguna untuk keperluan usaha, keperluan pendidikan dan keperluan yang mendukung kebutuhan seperti televisi, AC, dan lainya dengan cara mudah dan juga cepat. Kredit Pintar memberikan metode pembayaran dengan angsuran dan bunga ringan. Dengan Kredit Pintar usaha kuliner bisa berjalan lancar. Kredit Pintar prosesnya sangat cepat dan angsurannya bisa di sesuaikan dengan jatuh tempo yang diperlukan. Proses pinjaman cepat, hanya perlu KTP dan tanpa agunan. Tapi harus disiplin soal pembayaran cicilan dan pastikan bayar tepat waktu. Sukses pendidikan bersama Kredit Pintar. Untuk info lebih lanjut silahkan klik disini.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
mobile-closeKredit PintarDownload