Cara Cek Info GTK, Tanpa Ribet

11 Mar 2024 by kreditpintar, Last edit: 12 Mar 2024

Cara cek info GTK sebenarnya sangat mudah, bisa melalui beberapa cara. Tujuan cek info GTK tersebut adalah untuk melakukan pengecekan hasil verifikasi data yang sudah dikirim oleh pihak berwenang melalui layanan Dapodik.

7a.jpeg

Berbicara tentang GTK erat kaitannya dengan sekolah dan guru atau tenaga kependidikan. GTK manjadi info validasi data guru yang fungsinya untuk membantu mereka dalam menampilkan data sekolah.

Jika terjadi kesalahan data, nantinya proses perbaikan dapat melalui layanan Dapodik tersebut. Guru dan tenaga kependidikan memang perlu mengetahui info terkait GTK secara update.

Dahulu mungkin proses login bisa menggunakan akun NUPTK dan tanggal lahir. Namun seiring perkembangannya, saat ini login bisa dilakukan menggunakan akun PTK yang telah terdaftar pada Dapodik.

Sebelum membahas ke hal lainnya, akan lebih baik jika pembahasan terfokus terlebih dahulu terkait info GTK sendiri. Selengkapnya, yuk cek informasi di bawah ini.

Baca juga: 5+ Pilihan Pinjaman Kredit Cepat yang Mudah dan Aman

Apa Itu Info GTK?

Info GTK merupakan suatu informasi elektronik untuk para pendidik yang sudah mendapatkan sertifikasi guru. Dari situ bisa mengecek apakah SKTP sudah muncul atau belum.

Secara detailnya, info GTK merupakan data individu guru dan tenaga kependidikan yang tertulis dan tercatat di dalam layanan Dapodik. Bagi guru dan tenaga kependidikan yang sudah memiliki sertifikasi, akan mendapatkan kompensasi tambahan.

Kompensasi tersebut berupa tunjangan profesi yang bisa cair apabila sudah valid. Apabila tunjangan belum valid, maka belum dapat dicairkan. Pada info GTK tersebut guru bisa mengecek apakah ada yang perlu diperbaiki atau tidak terkait tunjangan yang invalid.

Itulah kenapa penting bagi guru melakukan pemantauan terhadap GTK itu sendiri. Nah, ada 2 semester dalam penerbitan SK tunjangan profesi. Yang pertama adalah tahap satu di bulan Juli sampai dengan Desember.

Selanjutnya yang kedua adalah di bulan Januari sampai dengan Juni, sehingga masing-masing GTK akan update secara berkala pada tiap semester.

Fungsi GTK

Adanya GTK memberikan beberapa manfaat kepada para guru dan tenaga pendidikan. Berikut ini adalah fungsi GTK.

Baca juga: Cara Buat iCloud di iPhone Paling Mudah dan Cepat

1. Memantau Validitas Data

Validitas data merupakan salah satu faktor penting yang berpengaruh terhadap cair tidaknya tunjangan profesi guru. Tunjangan profesi guru bisa Anda peroleh dari Surat Keputusan Tunjangan Profesi (SKTP) yang sudah tertera.

Sehingga ketika tidak valid maka pihak guru bisa meminta bantuan operator sekolah untuk melakukan penanganan tersebut.

2. Mengunduh Kebijakan atau Informasi Update GTK

Pada GTK ada berbagai informasi serta kebijakan-kebijakan terkait yang penting untuk guru bersangkutan. Biasanya seperti surat edaran Ditjen GTK, UU Guru dan Dosen, Peraturan Pemerintah, dan sebagainya.

3. Memantau Hasil Dapodik

Guru bisa memantau data terkait Dapodik dengan membuka info GTK. Apabila terdapat kekeliruan, maka bisa meminta bantuan operator sekolah untuk melakukan pengurusan tersebut.

Cara Cek Info GTK 2022 Mudah

Lantas bagaimana cara cek info GTK? Untuk mengeceknya Anda bisa menggunakan beberapa cara. Mau pilih pakai yang mana? Simak ulasan berikut ini.

7b.jpg

1. Melalui Halaman Info GTK

Langkah mudah dalam memproses cara cek info GTK yakni melalui halaman Kemendikbud langsung.

Metode pengecekan tersebut bisa menggunakan Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK). Berikut langkah-langkah yang harus Anda lakukan untuk mengecek info GTK dengan NUPTK.

  1. Silakan langsung akses ke situs resmi info GTK Kemendikbud info.gtk.kemendikbud.go.id;
  2. Setelah muncul halaman, silakan pilih menu Login Langsung ke GTK. Nantinya bisa langsung dibawa ke halaman yang bisa bantu mengisi account PTK dan pastikan juga melakukan input password untuk masuk ke dalamnya;
  3. Jangan lupa isi captcha dan isi semester berapa Anda akan melakukan cek info GTK;
  4. Selanjutnya,  login di bagian bawah, dan tunggu sebentar sampai dengan proses selesai.

Jika pada langkah ini masih terdapat beberapa yang error dan belum bisa muncul, maka bisa pakai cara lainnya.

2. Lewat SIM PKB

Anda bisa melakukan cek info GTK melalui halaman SIM PKB. Yaitu aplikasi yang menyediakan menu untuk melakukan cek info GTK. Bila ingin menggunakannya bisa langsung masuk ke halaman link https://simpkb.id/.

Tunggu sampai halaman dashboard akan muncul dan lakukan login menggunakan username maupun password. Cari nomor UKG dan pakai tanggal lahir untuk masuk.

Jika sudah muncul halaman berupa tampilan homepage pada aplikasi SIM PKB, Anda bisa klik menu info GTK dan akan langsung mengarah ke situs web info.gtk.kemendikbud.

Langkah selanjutnya adalah melakukan login menggunakan akun PTK dan juga password PTK dari Dapodik. Selesai klik login tunggu beberapa saat, maka tampilan akan menunjukkan informasi yang tersedia.

Proses pengecekan menggunakan SIM PKB, syaratnya adalah melakukan registrasi akun GTK terlebih dahulu. Setelah melakukan registrasi tersebut maka baru bisa membuka SIM PKB.

3. Lewat Halaman Datadik

Langkah selanjutnya adalah membuka halaman GTK melalui laman Datadik, yang mana halaman tersebut hanya bisa diakses oleh operator sekolah saja. Cocok untuk Bapak/Ibu guru yang kebingungan dalam melakukan akses ke info GTK.

Nantinya tentu akan lebih mudah karena adanya bantuan dari pihak operator. Cara cek info GTK melalui halaman ptk.datadik.kemdikbud.go.id.

4. Cara Cek Info GTK Menggunakan SSO

Seringkali yang jadi permasalahan para guru adalah GTK yang error dan sulit dibuka. Sehingga bisa menggunakan langkah alternatif lainnya seperti melalui SSO PTK Dapodik, berikut langkah-langkahnya.

  1. Klik halaman URL https://sso.datadik.kemdikbud.go.id/app/4031C604-124C-4057-8631-99E0152C4C70;
  2. Selanjutnya lakukan login pada akun Dapodik, dengan mengisi username serta password;
  3. Lakukan login dan penugasan;
  4. Tunggu proses autentifikasi sampai selesai, dan data PTK akan segera muncul;
  5. Kemudian, silakan lanjut ke akun PTK dan klik tab biodata, tunggu beberapa saat untuk memunculkan tampilannya;
  6. Bagian bawah Identitas PTK pada menu Info GTK bisa klik submenu Buka Info GTK. Proses ini membutuhkan waktu agak lama untuk memunculkan tab dengan sempurna;
  7. Jika kemungkinan akses masih susah, jangan putus asa. Anda bisa mencobanya lagi. Waktu yang pas untuk melakukan akses juga perlu diperhatikan agar bisa lebih cepat, seperti malam hari atau bukan saat jam sibuk.

Beberapa Alasan Info GTK Tidak Bisa Ditemukan

Berbagai permasalahan yang sering para guru dan tenaga kependidikan alami adalah ketika melakukan pengecekan username dan password. Biasanya ada notifikasi bahwa password dan username tidak bisa ditemukan.

7c.jpg

Nah, padahal sudah mencobanya berkali-kali tetap saja seperti itu. Lantas mengapa hal tersebut terjadi?

1. Adanya Perubahan Password pada Akun PTK

Seringkali, bapak/ibu guru baru saja mengubah password mereka dan bisa saja terjadi kalau perubahan tersebut belum masuk ke server. Artinya belum terjadi update secara langsung setelah melakukan penggantian password.

Apabila menemui kendala seperti hal tersebut maka bisa menanyakannya ke operator yang bersangkutan.

2. Sinkronisasi Data Belum Update

Proses pengiriman data setelah operator melakukan sinkronisasi, adalah dikirim ke server Dapodik pusat. Selanjutnya pihak Dapodik pusat mengirimkannya kembali ke server.

Baca juga: Cara Menghitung Masa Subur Setelah Haid Bagi Wanita

Nah proses tersebut tidak bisa terjadi dengan cepat, karena membutuhkan waktu sekitar 7 hari jam kerja.

Itulah beberapa pembahasan terkait dengan cara cek info GTK dan beberapa penyebab permasalahannya. Semoga bisa bermanfaat untuk referensi pengetahuan dalam mengecek info GTK.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
12 Mar 2024
mobile-close
Pinjam kilat 20 juta!Download