3 Cara Beli Minyak Goreng Langsung dari Pabrik

10 Feb 2022 by Laruan, Last edit: 18 Mar 2022

Bagi kebutuhan rumah tangga, minyak goreng bisa dikatakan adalah kebutuhan pokok yang harus selalu ada di dapur. Selama ini, untuk membeli minyak goreng, masyarakat kerap mengandalkan pasar, toko kelontong, maupun mini market.  Akan tetapi, dengan cara beli minyak goreng langsung dari pabrik, bisa membantu untuk mendapatkan harga lebih murah.

D:\FREELANCE NULIS\_KREDIT PINTAR\PIC\8\3 Cara Beli Minyak Goreng Langsung dari Pabrik dan Keuntungannya.jpg

Bukan hanya bisa mendapatkan harga yang lebih murah saja, membeli minyak goreng langsung dari pabrik juga bisa memberikan keuntungan lain. Lantas, apabila Sobat Pintar merasa tertarik untuk mengetahui cara lengkapnya, mari simak penjelasannya di bawah ini. 

Cara Membeli Minyak Goreng Langsung dari Pabrik

Ada beberapa langkah atau cara beli minyak goreng langsung dari pabrik yang bisa diterapkan. Cara tersebut diantaranya bekerja sama dengan pemasok hingga membeli ke pabrik dalam jumlah banyak. Cara berikut selain cocok untuk para distributor minyak goreng, juga bisa dilakukan oleh masyarakat yang ingin mendapatkan harga minyak goreng yang lebih terjangkau. 

D:\FREELANCE NULIS\_KREDIT PINTAR\PIC\8\Cara Membeli Minyak Goreng Langsung dari Pabrik.jpg

Bekerja Sama dengan Pemasok atau Pabrik

Cara beli minyak goreng langsung dari pabrik memang tidak bisa dilakukan ujug-ujug begitu saja. Supaya lebih memudahkan proses pembelian minyak goreng, lebih baik jika Sobat Pintar menentukan pabrik mana yang akan dituju.

Baca juga: 4 Kiat Sukses Membangun Bisnis Minyak Jelantah 

Kemudian, cobalah untuk menjalin kemitraan dengan pabrik atau pemasok tersebut. Jelaskan tujuan dan alasan mengapa ingin bermitra dengan pabrik minyak goreng tersebut. Dengan cara ini, sudah dipastikan Sobat Pintar bisa mendapat harga yang jauh lebih lebih murah bila dibandingkan dengan harga pasaran. 

Membuat Perjanjian atau Kontrak dengan Pemasok

Setelah menemukan pabrik atau pemasok yang cocok, cara beli minyak goreng langsung dari pabrik berikutnya adalah dengan membuat kontrak atau perjanjian. Kontrak tersebut dibuat untuk memudahkan kerja sama yang dijalin dengan pemasok atau pabrik tersebut.

Apalagi kenaikan harga kerap terjadi secara tiba-tiba, serta jumlah minyak pun terkadang tidak pasti. Sehingga, pembuatan kontrak dilakukan untuk memastikan jumlah minyak goreng yang dibeli, waktu kirim, dan hal-hal lainnya. 

Dalam pembuatan kontrak ini, alangkah lebih baik untuk membuatnya dengan hati-hati. Cobalah untuk membuat kontrak harga dikala harga minyak di pasar sedang rendah. Dengan cara ini, Sobat Pintar dapat mengunci harga minyak dalam jangka waktu yang agak lama, mulai dari enam bulan atau bahkan setahun. 

Membeli Minyak Goreng Secara Grosir

Selanjutnya, cara beli minyak goreng langsung dari pabrik bisa dilakukan dengan membeli secara grosir. Membeli dengan cara ini memungkinkan ongkos pengiriman yang lebih murah. Disamping itu, harga dalam grosir biasanya juga jauh lebih terjangkau. 

Selain membeli secara grosir, membeli dalam ukuran besar juga diketahui bisa jadi cara yang tepat. Ukuran yang besar juga ditawarkan dengan harga yang lebih terjangkau. Lalu, dari waktu pengiriman juga dinilai jauh lebih efektif. 

Keuntungan Mendapatkan Minyak Goreng dari Pabrik

Bukan hanya mendapat harga yang lebih murah saja, cara beli minyak goreng langsung dari pabrik juga memberikan keuntungan lain. Keuntungan tersebut diantaranya bisa digunakan untuk usaha dan mengetahui fluktuasi harga lebih cepat. 

D:\FREELANCE NULIS\_KREDIT PINTAR\PIC\8\Keuntungan Mendapatkan Minyak Goreng dari Pabrik.jpg

Masih ada pula keuntungan lainnya yang bisa kamu simak secara lebih lengkap lewat uraian penjelasannya di bawah ini. 

Bisa digunakan Untuk Usaha atau Jadi Distributor

Keuntungan pertama yang bisa didapatkan dengan membeli minyak dari pabrik adalah bisa digunakan untuk usaha. Mendapatkan harga minyak yang lebih murah bisa jadi keuntungan bagi Sobat Pintar yang ingin membuka usaha jual minyak. Dalam kata lain, Sobat Pintar bisa jadi distributor minyak goreng.

Terlebih lagi saat sudah menjalin kerja sama dengan pihak pabrik, maka proses pembukaan usaha sebagai distributor akan jauh lebih mudah. Dalam membuka usaha ini, jika ingin membuka usaha dalam skala besar, maka Sobat Pintar bisa memulainya dengan membuat badan usaha terlebih dulu.

Baca juga: Perbedaan Agen dan Distributor: Jenis, Kelebihan, dan Kekurangannya 

Pembukaan izin bisa dilakukan dengan melalui beberapa tahapan. Tahapan yang pertama adalah permohonan izin domisili usaha melalui kantor PTSP di kelurahan setempat. Tahapan kedua dilakukan dengan mengajukan permohonan penerbitan NPWP. 

Tahapan ketiga adalah mengajukan permohonan SIUP ke Kanwil Kementerian Perindustrian. Tahapan keempat atau terakhir yaitu dengan melakukan pendaftaran tanda daftar perusahaan. Jika tahapan tersebut sudah dilalui, maka tinggal menunggu izin badan usaha keluar. 

Bisa dijual Kembali ke Reseller

Bagi para pemilik usaha atau distributor yang membeli minyak langsung dari pabrik, maka bisa memaksimalkan keuntungan lain dengan mencari reseller. Tanpa adanya reseller, usaha minyak goreng kebanyakan tidak akan berhasil atau berkembang. 

Apalagi reseller biasanya memiliki jangkauan yang lebih dekat ke konsumen rumahan. Oleh karenanya, bisa menjangkau lebih banyak konsumen atau pembeli bagi distributor. Semakin banyak reseller yang bergabung, peluang untuk mendapat keuntungan penjualan pun lebih besar. 

Selain itu, distributor juga bisa mendatangi toko kelontong, warung, atau restoran, yang sekiranya membutuhkan minyak goreng dalam jumlah banyak. Distributor minyak goreng juga harus pintar-pintar menyusun strategi penjualan. 

Contohnya, dengan mengadakan promo atau memberikan sistem term debt.  Sistem ini memungkinkan reseller untuk menyetorkan sejumlah uang pembelian setelah satu minggu atau sesuai kesepakatan.  Jadi, tak ada salahnya bagi para distributor untuk mencari lebih banyak reseller yang sekiranya mampu untuk menjangkau konsumen lebih banyak. 

Cocok untuk Pengusaha dibidang Kuliner

Bagi para pengusaha di bidang kuliner, minyak goreng adalah hal yang sangat penting. Jika usaha kuliner tersebut mendapat tingkat permintaan yang tinggi, tentunya minyak goreng yang dibutuhkan pun juga akan jauh lebih banyak. 

Dengan cara beli minyak goreng langsung dari pabrik pastinya akan lebih menghemat biaya operasional restoran tersebut. Bila dibandingkan dengan membeli minyak goreng ecer, tentunya ini akan membebani biaya operasional dari pengusaha. Sehingga, dengan cara ini, keuntungan yang didapatkan pun bisa jadi lebih maksimal. 

Baca juga: 9 Tips Memilih Supplier Yang Kredibel 

Mengetahui Fluktuasi Harga

Harga minyak pada dasarnya cukup fluktuatif, sehingga menyebabkan beberapa orang terkadang cukup khawatir dengan perubahan harga yang tiba-tiba. Di saat membeli minyak goreng langsung dari pabrik, sebenarnya Sobat Pintar bisa mendapatkan keuntungan dengan mengetahui perubahan harga minyak terlebih dulu. Ini memungkinkan Sobat Pintar bisa lebih mengantisipasi akan terjadinya lonjakan harga minyak. 

Jadi, itulah seluruh cara beli minyak goreng langsung dari pabrik yang dapat dilakukan oleh distributor maupun pengecer. Bukan hanya mendapatkan harga yang murah saja, dengan cara di atas, juga dinilai menguntungkan bagi pelaku bisnis kuliner. Sehingga, untung yang didapatkan dari usaha pun jadi lebih maksimal.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
18 Mar 2022
Pinjam kilat 20 juta!Download