3 Pilihan Cara Membuat Kremes, Nikmat!

30 Sep 2021 by Laruan

Sebelum Sobat Pintar mengetahui bagaimana cara membuat kremes, Perlu Sobat Pintar ketahui terlebih dahulu apa itu kremes? Kremes merupakan olahan yang memiliki bentuk seperti sarang dan seringkali dipasangkan dengan ayam goreng. kremes terbuat dari olahan tepung sagu yang digoreng dengan kering. Jika diolah dengan benar dan bumbu yang tepat, maka rasa dari kremes ini tidak diragukan lagi. Oleh karena itu, Sobat Pintar juga bisa membuat kremes sendiri di rumah. 

3 Pilihan Cara Membuat Kremes, Nikmat!

Cara membuat kremes perlu Sobat Pintar perhatikan dengan baik, karena cara pengolahan yang salah akan membuat kremes menjadi basah, sulit untuk kering dan kurang nikmat untuk dimakan. Kremes yang digoreng kering tentunya akan lebih awet dan tahan lama serta lebih nikmat. 

Seiring berjalanya waktu, panduan membuat kremes semakin beragam dengan aneka bumbu dan bahan tambahan yang digunakan. Namun pada awalnya, kremes dikenal dari ayam goreng kalasan yang berasal dari Sleman,Yogyakarta. Bagaimana tidak? Ayam goreng kalasan terkenal dengan kremesan yang renyah dan lezat. Sobat Pintar bisa mencoba membuatnya di rumah dengan menggunakan resep kremes di bawah ini.

Daftarkan diri sebagai penerima bantuan sosial pemerintah, klik di sini

Bahan Membuat Kremes 

Sebelum Sobat Pintar mengetahui panduan membuat kremes, ada baiknya Sobat Pintar mengetahui bahan apa saja yang perlu disiapkan untuk membuat kremes. Berikut bahan yang perlu Sobat Pintar siapkan untuk membuat kremes di antaranya:

  • Tepung sagu 125 gram
  • Air kaldu atau hasil rebusan ayam 200 ml 
  • Santan kental 100 ml
  • Tepung beras 2 sendok makan
  • Bawang putih 2 siung
  • Kuning telur 1 buah
  • ½ sendok baking powder double action
  • Garam secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya

Bahan membuat kremes bisa menggunakan tepung sagu dan bisa juga menggunakan olahan tepung tapioka sebagai pengganti sagu. Setelah Sobat Pintar mengetahui bahan-bahanya berikut cara pembuatannya

Cara Membuat Kremes Dari Tepung Sagu

1. Masukan Semua Bahan

Campurkan tepung sagu dan tepung beras ke dalam air kaldu yang telah dicampur santan. Jangan lupa masukan kuning telur, bawang putih yang telah ditumbuk halus serta garam. Aduk sampai merata lalu pastikan tidak ada lagi adonan yang menggumpal. Terakhir, masukan baking powder ke dalam adonan dan tunggu beberapa menit hingga terlihat mengembang.

2. Panaskan Minyak Goreng

Sambil menunggu adonan mengembang, Sobat Pintar bisa memasukan minyak goreng secukupnya ke dalam wajan hingga panas. Setelah minyak panas, masukan adonan dengan gerakan melingkar dan menyebar di wajan hingga 3 kali celupan.

3. Angkat Setelah Matang

Setelah adonan kremes yang Sobat Pintar goreng terlihat berwarna kecoklatan, maka angkat ujungnya lalu lipat dengan menggunakan spatula. Simpan kremes yang telah matang di atas saringan sampai minyaknya surut. Setelah diangkat, masukan adonan kembali hingga semua adonan habis digoreng. 

Tips Membuat Kremes Agar Tidak Gagal

Panduan membuat kremes yang tidak benar akan membuat kremes gagal dan tidak lezat. Kremes yang berhasil akan membentuk sarang, bertekstur halus dan renyah. Berikut tips panduan membuat kremes agar tidak gagal:

1. Jangan Mengganti Tepung Sagu

Agar kremes tidak gagal, hindari penggunaan tepung tapioka atau tepung kanji. Kremes dengan tepung sagu hasilnya akan menjadi lebih kriuk.

2. Tambahkan Kunyit

Untuk menghasilkan kremes yang berwarna menarik, Sobat Pintar bisa menambahkan sedikit kunyit yang telah dihaluskan hingga hingga adonan berwarna kekuning-kuningan.

3. Tambahkan Baking Powder Double Action

Pemilihan baking powder yang tidak tepat juga bisa menyebabkan kremes gagal. Maka dari itu penting bagi Sobat Pintar untuk memperhatikan jenis baking powder yang digunakan. Sebaiknya gunakan baking powder double action.

4. Masukan Adonan Dalam Minyak Yang Panas

Masukan adonan ke dalam minyak yang telah dipanaskan. Selain itu, perhatikan api yang Sobat Pintar gunakan agar tidak terlalu besar yang justru membuat kremes cepat gosong. Adonan yang dimasukan pada minyak panas harus sampai bersarang. 

5. Kecilkan Api Setelah Terlihat Agak Matang

Setelah terlihat matang jangan lupa kecilkan api dan angkat kremes lalu tiriskan. Jangan memasukan kremes ke dalam toples dalam keadaan panas dan mengandung minyak. Setelah ditiriskan masukan kremes ke dalam toples dan biarkan terbuka hingga dingin, agar tidak menimbulkan uap di dalam toples.

Cara Membuat Ayam Kremes Sate

Selain identik dengan ayam goreng. Kremes juga bisa diolah menjadi menu makanan ayam kremes sate. Bagaimana cara membuatnya? Simak penjelasanya disini

Bahan-bahan yang harus Sobat Pintar siapkan untuk membuat ayam kremes tidak jauh berbeda dengan pembuatan kremesnya saja. Berikut bahan-bahanya:

  • Siapkan ayam fillet bagian dada sebanyak 600 gram
  • Tepung sagu 125 gram
  • Tepung beras 3 sendok makan
  • Air 300 ml
  • Baking powder ½ sendok teh
  • Kaldu ayam ½ sendok teh
  • Bawang putih 2 siung dan telah dihaluskan
  • Garam 1 sendok teh
  • Bubuk cabe satu sendok teh
  • Jeruk limau 1 buah

Setelah menyiapkan bahan-bahan tersebut, maka Sobat Pintar bisa mengikuti beberapa cara di bawah ini. 

1. Potong Ayam 

Pertama potong ayam fillet berbentuk kotak-kotak, potong sesuai selera. Setelah itu,  tambahkan semua bahan, aduk hingga merata lalu diamkan 30 menit hingga bumbu meresap.

2. Buang Air Rendaman

Setelah bumbu meresap, buang air rendaman lalu tiriskan. Kemudian  masukan 1 buah telur dan kocok hingga merata. Apabila sudah merata, bisa Sobat Pintar cicipi kembali untuk memastikan rasa bumbunya.

3. Tambahkan Tepung Beras 

Masukan tepung beras sedikit demi sedikit lalu aduk-aduk hingga merata. Setelah itu, tusuk ayam satu demi satu sesuai selera, bisa 4 hingga 5 dalam satu tusuk.

4. Panaskan Minyak 

Setelah minyak panas masukan sate hingga matang, jangan gunakan api yang terlalu besar. Setelah semua sate matang, angkat dan tiriskan. Setelah itu masukan sisa adonan sedikit demi sedikit dan masukan kembali sate dengan gerakan melingkar, hingga sate tergulung oleh kremes. Sate ayam kremes pun siap untuk tiriskan dan disantap.

Cara membuat kremes di atas cukup mudah, tidak terlalu ribet dan bisa melengkapi menu makan keluarga Sobat Pintar di rumah. Bahan di atas bisa Sobat Pintar sesuaikan kembali sesuai selera. Jika Sobat Pintar bosan dengan ayam goreng kremes, Sobat Pintar juga bisa mencobanya dalam bentuk sate kremes.

Setelah Sobat Pintar mengetahui panduan membuat kremes, mungkin Sobat Pintar nantinya akan sering untuk mengkonsumsinya. Agar tidak mudah bosan,  Sobat Pintar bisa sekali beli makan-makanan yang enak dan mahal. Sobat Pintar tidak perlu khawatir mengenai masalah biaya,  karena Kredit Pintar hadir untuk mengatasi masalah Tersebut. Tunggu apalagi? Sobat Pintar bisa segera instal lalu buktikan sendiri. 

Bagaimana jika Sobat Pintar tidak melunasi pinjaman online? Berikut adalah konsekuensinya

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi dan tips lain yang bermanfaat.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
mobile-closeKredit PintarDownload