Cukup Beragam, Ini Biaya Tes TOEFL di Indonesia

24 Dec 2021 by Laruan, Last edit: 25 Dec 2021

Saat ini TOEFL bukanlah hal yang asing bagi sebagian besar orang. Masyarakat sudah cukup banyak mengetahui tentang TOEFL. Artikel ini akan menjelaskan TOEFL lebih lanjut beserta biaya tes TOEFL yang perlu dipersiapkan.

Definisi TOEFL

TOEFL merupakan singkatan dari Test of English as a Foreign Language. Tes ini merupakan uji kemampuan Bahasa Inggris yang biasanya diambil oleh calon siswa dan mahasiswa yang ingin mendaftar ke universitas di Amerika Serikat, Australia, dan beberapa negara lainnya.

Secara umum TOEFL terdiri dari empat bagian tes yakni membaca, mendengarkan, berbicara, dan menulis. Rangkaian tes ini berlangsung selama kurang lebih 180 menit dan hasil dari tes Anda akan diumumkan enam sampai sepuluh hari sejak pengerjaan tes tersebut.

Kegunaan TOEFL

Sertifikat TOEFL yang Anda miliki dapat bermanfaat bagi Anda, khususnya dalam hal membantu Anda mendaftar ke suatu institusi di luar Indonesia. Beberapa manfaat tercantum dalam poin-poin di bawah ini.

  1. Mendaftar Beasiswa

Salah satu alasan sebagian orang mengambil tes TOEFL adalah sebagai syarat administratif pendaftaran beasiswa kuliah di luar negeri. Sebagian orang mempersiapkan tes ini dari jauh hari agar skor yang diperolehnya dapat maksimal.

  1. Melamar Pekerjaan

Selain untuk mendaftar beasiswa, TOEFL dapat digunakan untuk melamar pekerjaan, baik di Indonesia maupun di luar Indonesia. Hal ini dikarenakan saat ini beberapa perusahaan sudah mulai go international dan mendapat banyak klien dari luar negeri. Hal inilah yang membuat calon karyawan perlu untuk membuktikan kemampuan Bahasa Inggris yang dimilikinya melalui sertifikat TOEFL.

  1. Mengikuti Kegiatan Kerelawanan

Beberapa penyelenggara kegiatan kerelawanan di luar negeri pun meminta sertifikat TOEFL Anda sebagai syarat administratif. Sertifikat ini dapat membuktikan sejauh mana kemampuan Bahasa Inggris Anda agar kegiatan kerelawanan dapat berjalan dengan baik.

Jenis TOEFL

  1. TOEFL PBT

TOEFL Paper-Based Test merupakan salah satu jenis ujian TOEFL yang berbasis kertas dan dilakukan dalam sistem ujian offline. Tes TOEFL PBT ini memiliki total durasi 2 jam 25 menit. Tes ini biasanya hanya ditawarkan kepada para peserta tes yang berada di lokasi di mana internet tidak tersedia.

  1. TOEFL iBT

TOEFL Internet-Based Test merupakan tes TOEFL berbasis internet yang terdiri dari empat bagian tes yakni membaca, mendengarkan, berbicara, dan menulis. Total durasi tes ini biasanya empat jam.

Durasi bagian tes membaca biasanya berkisar antara 54-72 menit dan tes mendengarkan selama 41-57 menit. Sementara itu, durasi tes berbicara adalah 17 menit dan tes menulis sekitar 50 meni.

  1. TOEFL ITP

TOEFL ITP merupakan singkatan dari TOEFL Institutional Testing Program. Pada umumnya tes ini digunakan dalam konteks akademis untuk menilai kemahiran seseorang dalam Bahasa Inggris. TOEFL ITP biasanya diadakan oleh beberapa balai bahasa di universitas-universitas di Indonesia.

Biaya Tes TOEFL

Biaya tes TOEFL dapat beragam tergantung dengan jenis dan lokasi tes yang Anda pilih. Akan tetapi, secara garis besar biaya tes Bahasa Inggris tersebut kami jabarkan dalam penjelasan di bawah ini.

  1. Biaya TOEFL iBT

Biaya tes ini biasanya berkisar di angka US $250 per satu kali tes. Anda dapat mendaftar untuk mengikuti tes ini dengan membuka website resmi penyelenggara tes yakni ETS dan memilih waktu dan tempat yang Anda inginkan.

Sebagai contoh pada tanggal 5 Maret 2022 Anda dapat mengikuti tes TOEFL iBT di The Indonesia International Education Foundation dan Cornell Language Center yang berlokasi di Jakarta serta Vista International Programs yang berlokasi di Bandung.

Di website tersebut Anda akan menemui cara menuju ke lokasi tes, waktu detail pelaksanaan tes, dan menu registrasi tes.  

  1. Biaya TOEFL ITP

Biaya TOEFL ITP sendiri cukup beragam di Indonesia. Salah satu perguruan tinggi yang menyelenggarakan tes TOEFL ITP adalah Universitas Airlangga. Melalui Pusat Bahasa Universitas Airlangga Anda dapat mengikuti tes TOEFL ITP dengan biaya Rp550.000,00.

Cara mendaftarnya pun cukup mudah. Tahap pertama yang perlu dilakukan adalah peserta mendaftar melalui link http://elpt.pusatbahasa.unair.ac.id, kemudian wajib menyelesaikan proses pembayaran dalam kurun waktu satu jam melalui aplikasi Mandiri Online, teller Bank Mandiri terdekat, dan mesin ATM Bank Mandiri.

Setelah pembayaran terkonfirmasi, pihak Pusat Bahasa Universitas Airlangga akan mengirimkan link Google Forms yang berisi permintaan data peserta dan KTP. Kemudian pihak penyelenggara mengirim ‘Test Taker Procedures’ untuk persiapan bagi peserta ujian TOEFL guna melakukan ‘Check Readiness’ setelah berhasil melakukan verifikasi isi Google Forms.

Tahap terakhir adalah peserta melakukan ‘Check Readiness’, lalu mengirim konfirmasi berupa screenshot melalui email itponline.pusbaua@gmail.com.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya. 

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
25 Dec 2021
Pinjam kilat 20 juta!Download