Berikut Cara Mendapatkan Token Listrik Gratis dari PLN

17 May 2021 by kreditpintar
cara mendapatkan token listrik gratis dari PLN

Kebutuhan listrik bagi masyarakat sangatlah penting, tidak hanya itu penerangan saja tapi listrik sekarang juga digunakan untuk mendukung aspek kehidupan lainnya. Pemerintah yang bekerja sama dengan PLN pun memberikan banyak program kepada pengguna, salah satunya adalah memberikan token listrik gratis. Di bawah ini sendiri akan dijelaskan bagaimana cara mendapatkan token listrik gratis dari PLN

Kategori Pemberian Token Listrik Gratis 

Sebelum masuk ke bagaimana cara mendapatkan token listrik gratis, pertama yang perlu Sobat Pintar pahami adalah kategori atau golongan mana yang bisa memperoleh fasilitas dari pemerintah ini. Ada dua golongan pengguna PLN yang memang bisa memperoleh token listrik, yaitu pelanggan golongan 450 VA dan 900 VA (subsidi). 

Selama Sobat Pintar menggunakan salah satu diantaranya, maka Sobat Pintar bisa mendapatkan listrik gratis. Pemberian token listrik gratis ini sendiri berlaku untuk pengguna listrik prabayar dan juga pascabayar. Tentu saja program yang satu ini sendiri sangatlah membantu masyarakat yang saat ini sedang kesusahan karena pandemic yang sedang berlangsung. 

Cara Mendapatkan Token Listrik Gratis 

Untuk kedua golongan tersebut sendiri memang ada beberapa ketentuan yang perlu untuk diperhatikan, karena antara prabayar dan pascabayar memiliki prosedur yang berbeda. Hal ini sendiri tentu perlu diperhatikan, karena untuk pelanggan 900 VA pun yang mendapatkan token gratis adalah yang bersubsidi. Cara mendapatkan token listrik gratis dari PLN ada dua cara, berikut ini adalah caranya: 

Token PLN Gratis dari Website PLN 

Cara pertama agar Sobat Pintar bisa mendapatkan token listrik gratis adalah melalui website PLN. Untuk bisa mengklaim token PLN, Sobat Pintar perlu mengetahui nomor ID pelanggan. Nomor ini sendiri sangatlah penting, jika Sobat Pintar tidak memiliki kartunya, Sobat Pintar bisa melihatnya di meteran listrik yang terpasang di rumah Sobat Pintar. Berikut ini adalah cara memperoleh token listrik gratis dari web PLN:

1. Masuk ke website PLN 

Pertama-tama, Sobat Pintar masuk terlebih dahulu ke web PLN di alamat situs www.pln.co.id. Sobat Pintar dapat membuka web tersebut menggunakan smartphone ataupun menggunakan komputer. 

2. Pilih ke menu pelanggan 

Selanjutnya adalah Sobat Pintar tinggal memilih menu Pelanggan dan masukan Nomor ID Pelanggan PLN yang Sobat Pintar miliki. Pastikan bahwa nomor yang dimasukan sudah benar. Karena jika salah, Sobat Pintar harus mengulang atau bahkan pendaftaran gagal. Jika, nomor ID sudah benar maka dengan otomatis akan muncul nomor token. 

3. Masukan nomor token yang didapatkan

Apabila sudah, maka Sobat Pintar hanya tinggal memasukan nomor yang Sobat Pintar dapatkan setelah memasukan ID pelanggan. Dimana nomor token tersebut Sobat Pintar masukan dengan cara seperti memasukan token listrik yang Sobat Pintar beli seperti biasanya. Jika benar, maka Sobat Pintar berhasil mendapatkan listrik gratis. 

Token Gratis dari WhatsApp PLN 

Selain melalui situs resmi, PLN juga memberikan token gratis melalui WhatsApp resmi PLN. Caranya sendiri sangatlah mudah. Di mana Sobat Pintar hanya tinggal chat ke nomor 08122-123-123. Nomor tersebut adalah nomor resmi dari PLN. 

Ketika Sobat Pintar mengirimkan pesan teks, isilah pesan tersebut dengan nomor ID pelanggan Sobat Pintar. Jika sudah, maka Sobat Pintar hanya tinggal menunggu saja balasan dari nomor tersebut. Balasan biasanya berupa nomor token yang bisa langsung Sobat Pintar isi. 

Perlu diperhatikan, bahwa lebih baik memperhatikan alamat dan nomor yang resmi. Jangan tergoda dengan iklan atau pesan lain yang bukan dari pengumuman dari web resmi PLN.

kredit pintar
mobile-closeKredit PintarDownload