Berburu Diskon Di Hari Konsumen Nasional

19 Mar 2021 by dan.shen
Berburu Diskon Di Hari Konsumen Nasional

Mungkin banyak dari kamu yang belum tahu apa itu hari konsumen nasional bahkan mungkin gak sadar ada hari konsumen nasional. Hari konsumen nasional merupakan upaya yang dilakukan oleh pemerintah untuk mencerdaskan dan melindungi konsumen. Perlu diketahui bahwa konsumen adalah setiap orang yang menggunakan barang atau jasa baik untuk kepentingan pribadi, keluarga atau orang lain dan bukan untuk diperdangangkan. Diperingati setiap 20 April, hari konsumen nasional dicetuskan oleh Badan Perlindungan Konsumen Nasional berdasarkan Keputusan Presiden No. 13 tahun 2012. 20 April dipilih karena sejalan dengan diterbitkannya Undang-Undang tentang Perlindungan Konsumen. Peringatan hari konsumen nasional bertujuan untuk meningkatkan kesadaran akan hak dan kewajiban konsumen, konsumen sebagai agen perubahan, dan mendorong pelaksanaan tugas pemerintah dalam melindung konsumen. Kamu yang suka belanja tidak boleh melewatkan peringatan yang satu ini, karena banyak toko-toko yang menawarkan diskon, lho. Banyak marketplace yang menawarkan diskon menarik, salah satunya Shopee. Shopee dengan program 4.4 Mega Shopping Day, tidak hanya diskon Shopee juga memberikan gratis ongkir 0 rupiah, serba seribu, dan diskon sampai dengan 99%.

Banyaknya diskon terkadang bisa membuat kamu kalap, sehingga lupa memperhitungkan mana barang yang dibutuhkan dan mana yang tidak. Jangan sampai ketika kamu sudah beli produk diskon, produk malah tidak terpakai atau tidak tau mau buat apa. Jika hal itu terjadi maka yang ada penyesalan karena sudah buang duit cuma-cuma, padahal barang yang sebenernya sedang dibutuhkan belum terpenuhi. Maka dari itu, untuk dapat puas belanja diskonan kamu juga perlu persiapan.

Hal yang pertama dapat kamu lakukan, adalah mencari tahu diskon apa yang sedang berlangsung, bagaimana syarat dan ketentuan yang tawarkan oleh toko, toko-toko mana saja yang memberikan diskon. Dengan kamu mengetahui hal-hal tersebut, maka kamu dapat membandingkan toko yang lebih baik. Semakin kamu rajin mencari tahu, semakin besar juga kamu akan mendapatkan produk yang berkualitas dan tepat. Selain itu, kamu juga harus rajin mengecek kupon atau kode promo yang disediakan, karena biasanya ada syarat dan ketentuan untuk setiap penawaran produk. Kamu juga dapat terlebih dahulu mengumpulkannya agar bisa langsung digunakan ketika akan berbelanja. Dengan memperhatikan hal-hal seperti ini akan membantu kamu meminimalisir biaya belanja, jadi jangan anggap remeh ya.

Selanjutnya buat kamu yang akan berburu diskon di hari konsumen nasional, jangan sampe kebablasan kamu tetap harus selektif terhadap barang yang akan dibeli. Kenapa kamu harus selektif? Agar kamu tidak menyesal di kemudian hari dengan membeli barang yang sebenarnya tidak diperlukan. Adanya baiknya kamu membuat list untuk kebutuhan yang diperlukan, agar terhindar dari impuls buying. Meski nyatanya sulit untuk dipraktekkan, namun kamu tetap harus mencobanya untuk dapat menekan biaya belanja. Untuk kamu yang mau belanja diskon di hari konsumen nasional, kamu dapat melakukan pinjaman online yang disediakan oleh kredit pintar. Mungkin banyak dari kamu yang masih takut untuk pinjam online karena melihat kasus penipuan, namun dengan kredit pintar kamu tidak perlu takut. Karena kredit pintar adalah perusahaan fintech (financial technology) yang diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan. Selain itu, kredit pintar juga melakukan identifikasi peminjam berlapis untuk meminimalisir adanya penipuan. Banyak keuntungan dari krefit pintar seperti, pinjaman online cepat cair, aman, dan pilihan metode pembayaran yang banyak.

kredit pintar