Tertarik Bekerja di Agency? Pahami dulu Cara Kerjanya

24 Sep 2021 by Laruan

Keinginan untuk bekerja di sebuah agency nampaknya kembali populer di kalangan generasi milenial dan gen-Z. Tidak sedikit lulusan universitas yang bersiap untuk mendaftarkan dirinya ke berbagai perusahaan agency di Indonesia. Jika melihat apa yang sudah karyawan sebuah agency peroleh atas pekerjaannya dan bagaimana mereka bekerja tampaknya memang sangat menyenangkan.

Tips Memilih Jasa Digital Agency Untuk Promosi Bisnis Anda | Sasana Digital

Mungkin yang menjadi daya tarik pekerjaan ini adalah lingkungan kerja yang telihat begitu santai. Mereka cenderung bekerja secara bebas dan tidak terikat oleh waktu layaknya pekerja kantoran. Mereka juga diperkenankan untuk memakai pakaian bebas. Tapi, jangan terlalu terburu-buru untuk memutuskan sebelum kamu benar-benar mengetahui tentang seluk-beluk pekerjaan ini. Gali dulu informasi sebanyak-banyaknya hingga kamu yakin bahwa pekerjaan ini benar-benar sesuai dengan kamu.

Kenali dulu apa itu agency?

Agency adalah sebuah perusahaan yang bergerak di bidang jasa pemasaran, branding produk dan pengiklanan. Jadi, mereka akan memberikan pelayanan terhadap suatu proyek yang berhubungan dengan industri kreatif.

Dunia internet adalal puncak dari perkembangan dunia digital saat ini. Bagaimana tidak? peningkatan besar-besaran terjadi di dunia pemasaran. Jika kamu pandai melakukan branding maka produk iklanmu akan dikenal di seluruh nusantara hanya dalam hitungan menit. Strategi digital marketing ini memiliki banyak keunggulan jika dibandingkan dengan metode konvensional melalui media cetak atau televisi. 

Keunggulan yang paling terlihat adalah peningkatan yang signifikan terhadap penjualan produk. Perusahaan agency akan membantu klien untuk melakukan tugas ini dengan lebih cepat dengan berbagai strategi marketing yang mereka miliki. Perusahaan akan membentuk sebuah tim, yang secara profesional akan mengerjakan proyek pemasaran produk klien mereka. 

Dalam pengerjaan proyek kamu dituntut untuk lebih kreatif, kamu harus muncul dengan ide-ide brilian yang berguna untuk meningkatkan pemasaran. Misalnya, jika pelanggan adalah sebuah perusahaan penyedia pinjaman online. Kamu harus bisa membranding perusahaan ini sebagai tempat peminjaman yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat karena sistem kredit pintar yang mereka miliki.

Apa saja tipe-tipe agency ?

Artikel ini telah menjelaskan tentang pengertian agency sebelumnya. Namun, jangan pernah berfikir bahwa perusahaan ini hanya bergerak di bidang pemasaran dan pengiklanan. Karena umumnya setiap orang yang mendengar kata agency, satu hal yang terlintas dipikiran mereka secara spontan  adalah “iklan”. Padahal bidang ini memiliki tipe yang luas.

Saat ini Indonesia sedang aktif mencari talenta-talenta berbakat yang memiliki ide kreatif untuk dipekerjakan di berbagai agency ternama. Beriku adalah tipe-tipe agency yang dapat kamu pertimbangkan untuk menjadi bekerja di Agency di masa yang akan datang.

1.    Agency pengiklanan

Ini adalah tipe perusahaan agency yang paling terkenal dan paling diminati. Mereka adalah perusahaan yang bergerak di bidang jasa pengiklanan sebuah produk. Klien biasanya akan memberikan kepercayaan penuh terhadap perusahaan dan timnya dalam menentukan konsep iklan mulai dari tahap awal, penyusunan ide hingga perilisan iklan di media. 

Adapun keahlian yang harus kamu miliki jika kamu berminat untuk menjadi agensi di bidang pengiklanan adalah kreativitas, analisa, problem solving dan pengetahuan tren yang luas. Selain itu, sebelum kamu benar-benar terjun dibidang ini, pelajari dulu  tentang suka duka dan pekerjaan apa saja yang akan kamu lakukan.

2.    Agency pemasaran

Agency selanjutnya yang juga tidak kalah kece adalah pemasaran. Perusahaan tipe ini akan membantu klien untuk memasarkan produk atau brand mereka melalui berbagai media khususnya media digital. Perusahaan berusaha agar penjualan produk meningkat dan brand semakin dikenal. Biasanya mereka memanfaatkan website, SEO dan media sosial untuk melakukan promosi. 

 Misalnya klienmu adalah sebuah perusahaan yang bergerak di bidan pinjaman online. Mereka memintamu untuk memasarkan perusahaan mereka dengan sistem kredit pintar yang mereka miliki, dimana untuk mendapatkan pinjaman tidak perlu repot dan takut akan bunga besar lagi. Beberapa hal yang dapat kamu lakukan adalah menyusun strategi pemasaran sekreatif mungkin melalui website, SEO dan media sosial sehingga perusahaan mereka mendapatkan lebih banyak nasabah

3.    Branding agency

Bisa dikatakan ini adalah bagian dari agency pemasaram. Tapi pekerjaan mereka lebih fokus pada pembuatan, pengelolaan dan penguatan merk. Di dalam pekerjaan ini kamu akan dituntut lebih kreatif karena kamu akan menjalankan tugas perencana dan penyusun strategi branding yang spesifik. 

4.   Public relation agency

Adakah yang baru tahu jika agency juga memiliki cabang hubungan masyarakat? Jika ya, kamu bisa mendapatkan gambarannya berikut ini. Bagi sebuah perusahaan humas memiliki fungsi yang sangat penting. 

Reputasi sebuah perusahaan sebenarnya berada pada bagian hubungan masyarakat. Karena merekalah yang secara langsung melakukan banyak komunikasi dengan berbagai pihak di luar perusahaan, pihak tersebut bisa konsumen, investor atau pemerintah. Jika perusahaan memiliki hubungan masyarakat yang kurang baik, maka bisa dipastikan citra perusahaan mereka bisa hancur. Hal dapat memberikan kerugian materil dan nonmateril bagi perusahaan.

Karena begitu pentingnya peranan public relation dalam sebuah perusahaan, tidak jarang mereka rela menyewa jasa dari perusahaan agency. Dengan menyewa agency khusus maka perusahaan tidak perlu khawatir terhadap pelayanan yang diberikan.

5.  Entertainment agency

Jika kamu penggemar K-POP dan selalu mengikuti keseharian mereka pasti kamu sudah sangat familiar dengan agency yang satu ini. Di korea selatan, agensi ini merupakan agensi yang paling sukses dibandingkan tipe lainnya. Sebut saja, Big Hit entertainment, siapa yang tidak kenal mereka? Sebuah agency yang berhasil mengantarkan BTS, boyband korea ke atas tangga kesuksesan dengan menjual jutaan copy album BTS.

Fungsi entertainment agency adalah melayani segala sesuatu yang berkaitan dengan dunia hiburan. Perusahaan ini biasanya berhubungan dan berkomunikasi langsung dengan penyanyi, musisi, aktor/aktris dan talent-talent lainnya.

6.    Agency kreatif

Agency kreatif sudah pasti bergerak di bidang kreatif. Tidak perlu lagi dijelaskan karena sudah tampak pada namanya. Perusahaan ini mengerjakan bebeagai hal terkait indutri kreatif. Misalnya, arahan kreatif, image brand, pembuatan konten dan lain sebagainya. Talenta yang dibutuhakn di dalam industri ini adalah seorang desainer grafis, videografer, fotografer, pengarah seni dan kreatif. 

7.    Digital agency

Menggabungkan dua hal menjadi satu ide yang brilian untuk meningkatkan penjualan produk atau jasa perusahaan klien, yaitu strategi pemasaran dan dunia digital. Fungsinya adalah untuk branding dan pemasaran. Jasa yang ditawarkan bisanya desain web, SEO, SEM, kampanye media, penguatan merk dan masih banyak lagi. 

Kelebihan bekerja di bidang agency

1.    Memiliki jam kerja yang flexible layaknya freelancer.

2.    Pekerjaan di lakukan per proyek sesuai dengan permintaan klien.

3.    Tidak butuh seragam kantor sehingga bisa bekerja dengan nyaman.

4.    Bekerja secara tim sehingga dapat mencari ide serta menyelesaikan pekerjaan bersama-sama. 

5.    Bisa mendapatkan koneksi yang luas, tidak hanya dengan karyawan tetapi juga dari klien yang bisa jadi seorang pengusaha terkena

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
mobile-closeKredit PintarDownload