Apa itu QRIS? Pembayaran Digital Praktis, Efisien Terbukti Aman!

16 Aug 2023 by kreditpintar, Last edit: 21 Aug 2023

Metode pembayaran kini sedang mengalami perkembangan. Bagaimana tidak? Dahulu pembayaran dilakukan secara tunai namun kini sudah dapat dilakukan secara digital. Tentunya ini memudahkan anda dalam bertransaksi dimanapun dan kapanpun. 

apa itu qris

Selain dinilai praktis, pembayaran secara digital juga efisien terhadap waktu. Bank Indonesia telah mengeluarkan Quick Response (QR) code yang digunakan untuk pembayaran melalui aplikasi uang elektronik seperti server based, dompet elektronik, atau mobile banking yang disebut QRIS (Quick Response Code Indonesia Standar). Dengan adanya QRIS memungkinkan sebagian orang untuk memiliki e-wallet hingga mobile banking guna melakukan sebuah transaksi pembayaran. Apa itu Qris secara lebih detail? Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai QRIS, simak penjelasan berikut.

Apa itu QRIS?

Mungkin sebagian dari kalian belum paham betul tentang apa itu QRIS. Sebelum membahasnya, terlebih dahulu akan kita bahas mengenai kode QR. Tahukah anda apa kode QR itu? Yaitu barcode dua dimensi yang dapat dipindai oleh kamera untuk menginformasikan kepada penggunanya.Sedangkan QRIS adalah sebuah standard yang diluncurkan oleh Bank Indonesia sebagai alat pembayaran digital. Setiap dompet digital tentunya memiliki kode QR yang berbeda-beda, nah dengan adanya QRIS agar dapat dipindai dengan mudah melalui dompet digital yang berlaku di Indonesia.

Makna artian QRIS menurut Bank Indonesia

Bank Indonesia (BI) menciptakan QRIS dengan mengusung tema UNGGUL sebagaimana dijelaskan berikut ini.

  • Universal (umum)

QRIS bersifat inklusif dapat digunakan oleh semua kalangan di Indonesia. Dan dapat digunakan sebagai alat pembayaran baik di domestik maupun luar negeri.

  • Gampang (mudah)

QRIS memudahkan seluruh lapisan masyarakat dalam bertransaksi hanya melalui telepon genggam.

  • Untung 

QRIS menguntungkan para pembeli dan penjual karena transaksi yang berlandaskan efisien dan praktis.

  • Langsung

Transaksi melalui QRIS terjadi secara langsung dengan proses yang amat sangat cepat sehingga mendukung kelancaran sistem pembayaran.

Manfaat QRIS apa?

Secara umum manfaat menggunakan alat pembayaran digital tersebut dapat dibedakan menjadi dua yaitu manfaat bagi penjual (merchant) dan manfaat bagi pembeli (customer). Adapun manfaat yang dapat dirasakan adalah sebagai berikut:

  1. Manfaat Bagi Penjual
  • Transaksi Menjadi Lebih Mudah

Apa itu Qris sudah dijelaskan pada bagian atas. Nah, Semua orang pasti ingin melakukan semua pekerjaan dengan cepat. Sehingga ia dapat melakukan pekerjaan lainnya. Dengan adanya pembayaran digital ini dapat menyingkat waktu proses transaksi yang tidak sampai 2 menit.

  • Mudah Terdaftar Sebagai Merchant

Anda tidak perlu repot-repot mendaftar di satu bank ke bank lain atau e-wallet yang berbeda-beda. Sebaiknya anda harus mendaftar sebagai QRIS. Sehingga anda dapat melakukan proses pembayaran dengan mudah.

  • Antisipasi Uang Palsu

Akhir-akhir ini marak beredar uang tunai palsu yang dibuat oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. Tentunya sangat merugikan sekali niat hati ingin untung malah buntung. Nah, dengan adanya alat pembayaran digital ini tentunya dapat mencegah kemungkinan masalah itu terjadi pada anda.

  • Memudahkan Analisis Dan Pantauan Cashflow

Setiap penjual tentunya selalu membuat laporan kas keluar dan kas masuk. Tujuannya untuk mengetahui berapa laba yang didapatkan. Dengan adanya QRIS anda dapat dengan mudah membuat laporan penjualan anda. Semua transaksi direkam dengan jelas sehingga mengurangi kemungkinan terjadinya selip. 

  1. Manfaat Bagi Pembeli
  • Lebih Praktis

Dengan proses yang cepat tentunya membuat anda semakin praktis dalam melakukan proses transaksi pembayaran.

  • Berkesempatan Dapatkan Promo Menarik

Semua orang pasti sangat menyukai promo bukan? Entah itu berupa diskon ataupun cashback. Untuk mendapatkan promosi tersebut anda bisa menggunakan e-wallet atau m-banking.

  • Banyak Alternatif Pembayaran

Seperti yang sudah dijelaskan tadi, bahwa dengan code QR anda dapat bebas menentukan pembayaran dengan berbagai aplikasi e-wallet.

Bagaimana Proses Registrasi QRIS?

Kini sebagian orang tidak lagi mempertanyakan apa itu Qris. Sebab sudah banyak penjelasan yang mengulasnya. Jika anda seorang pedagang dan ingin memiliki QRIS sebaiknya lakukan registrasi sekarang juga. Anda bisa mendapatkan QRIS dengan mengunjungi website resminya qris.id. Perhatikan langkah-langkah registrasi berikut ini.

  1. Kunjungi browser buka link berikut https://m.qris.id/m.php
  2. Pilih jenis usaha yang ingin anda daftarkan
  3. Masukkan nama anda sesuai KTP sebagai pemilik usaha.
  4. Masukkan no hp dengan no whatsapp serta alamat email anda
  5. Masukkan nama usaha yang akan muncul saat QRIS di scan
  6. Kemudian klik lanjut
  7. Lakukan pembayaran sebesar Rp25.000
  8. Tunggu hingga proses registrasi selesai, biasanya 14 hari jam kerja.

Proses registrasi terbilang mudah bukan? Itulah mengapa apabila anda ingin membuka usaha daftarkan saja di QRIS agar lebih praktis dan terjamin aman.

Bagaimana cara menggunakan QRIS?

Lalu bagaimana cara menggunakan QRIS? Dengan menyimak langkah berikut diharapkan anda mampu memahami kinerja daripada pembayaran digital tersebut. Setidaknya terdapat 5 cara. Berikut langkahnya:

  1. Buka QRIS, tampilan awal adalah laman pembayaran. Lakukan pembayaran dengan memilih metode pembayaran yaitu “uang elektronik” dan selanjutnya pilih QRIS, otomatis akan muncul pilihan “bayar sekarang” klik opsi tersebut.
  2. Selanjutnya adalah tampilan meminta konfirmasi untuk nominal transaksi, tentukan jumlahnya
  3. Anda harus mengecek nilai transaksi. Scan kode QR dengan menggunakan aplikasi e-money ataupun e-wallet yang mendukung
  4. Masukkan pin untuk mengkonfirmasi kelanjutan transaksi
  5. Proses selesai, transaksi anda telah berhasil.

Langkah yang sangat mudah dan sangat sederhana untuk dipahami. Sehingga dengan memperhatikan cara penggunaan seperti diatas diharapkan anda tidak lagi kebingungan atau merasa kesulitan pada kinerja QRIS.

Jenis Pembayaran Apa Saja Pakai QRIS?

Berdasarkan penjelasan yang diuraikan oleh Bank Indonesia, bahwa pembayaran yang dapat dilakukan melalui QRIS ada 2 tampilan yaitu statis dan dinamis. Dimana penjual memiliki kode QR dan pembeli dapat menscan kode tersebut. Berikut penjelasannya:

  1. Dinamis
  • Kode QR
  • Nantinya akan ditampilkan melalui monitor atau struk yang dicetak
  • Kode QR ini tentunya berbeda dan dicetak untuk setiap transaksi 
  • Kode QR terdapat digit nominal angka pembayaran
  1. Statis
  • Kode QR ditampilkan melalui stiker atau hasil cetak lainnya
  • Kode QR yang sama dipakai juga untuk setiap pembayaran
  • Kode QR belum terdapat digit nominal angka pembayaran sehingga diperlukan penginputan jumlah angka yang harus dibayarkan.

Berapa Biaya Transaksi QRIS?

Mungkin anda bertanya-tanya apakah QRIS dikenakan biaya saat digunakan? Tentu saja iya. BI telah menetapkan biaya transaksi sebesar 0,7% yang ditanggung oleh penjual. Biaya tersebut terbilang cukup murah jika dibandingkan dengan biaya transaksi di Gerbang Pembayaran Nasional (GPN). Sehingga dirasa tidak terlalu memberatkan penjual untuk menyediakan kode QR yang berbeda di setiap transaksi. Nah, dengan begitu akan memudahkan dan menguntungkan kedua pihak yaitu penjual dan pembeli.

Adakah Batasan Transaksi QRIS? 

Dalam aturan yang telah dibuat oleh QRIS, bahwa setiap melakukan transaksi yang dilakukan terdapat batasan nominal yaitu sebesar Rp 5 juta. Namun, penerbit Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran (PJSP) dapat menentukan batasan nominal kumulatif harian dan atau bulanan pada QRIS pada masing-masing pengguna. Hanya saja dengan syarat penerbit PJSP tersebut memiliki manajemen risiko yang baik.Itulah tadi megenai Apa itu QRIS. Semoga kedepannya tidak ada lagi yang masih mempertanyakan Apa itu QRIS. Dengan adanya alat pembayaran digital yang dicetuskan oleh BI bernama QRIS ini.Membuat proses transaksi anda semakin mudah dan praktis serta aman tentunya. Proses registrasi yang cepat dan penggunaannya yang mudah membuat anda tak lagi merasakan kerepotan. Tunggu apalagi? Pakai QRIS praktis abis.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
21 Aug 2023
mobile-close
Pinjam kilat 20 juta!Download