8 Tips Kuliah Sambil Kerja Agar Sukses

30 Jul 2021 by Laruan

Kuliah sambil kerja adalah sebuah aktivitas yang sangat menyenangkan apabila direncanakan dengan baik, dan berikut adalah tips kuliah sambil kerja yang sukses berprestasi dalam kuliah dan juga bekerja dalam waktu yang bersamaan :

8 Tips Kuliah Sambil Kerja Agar Sukses
  1. Mempunyai tujuan hidup yang jelas 

Tujuan kuliah sambil kerja harus jelas, karena tujuan yang jelas akan memberikan dorongan yang besar terhadap keberhasilan dan kesuksesan dalam menyelesaikan kuliah dengan prestasi terbaik, membanggakan sehingga siap memasuki dunia kerja dan berkompetisi dengan baik. Tujuan yang kuat adalah tujuan yang dipengaruhi oleh sesuatu yang besar dan kuat misalnya keluarga, goal pribadi, kesuksesan masa depan, dan lainnya.

  1. Pilih pekerjaan paruh waktu atau freelance

Pekerjaan yang sesuai  mereka yang kuliah sambil kerja adalah freelance, karena pekerjaan freelance waktunya fleksibel tetapi tuntutan hasil berkualitas tinggi sehingga bisa melatih kita  menyelesaikan pekerjaan dengan hasil terbaik, berkomunikasi dan negosiasi dengan institusi atau yang memberikan pekerjaan. Pekerjaan freelance bisa diatur sehingga tidak mengganggu perkuliahan dan kegiatan pendukungnya.

  1. Monitor semua jadwal dan kegiatan kampus

Tips kuliah sambil kerja yang sangat penting diperhatikan adalah dalam pengaturan  waktu  terutama pada waktu yang mendesak dan juga pada waktu yang bersamaan. Biasanya selama kuliah sambil kerja akan menghadapi kegiatan kampus dan pekerjaan secara bersamaan. Orang yang bisa mengatur waktu  adalah orang yang kelihatannya santai tetapi banyak hasil yang dikerjakannya. Seseorang yang gagal membagi waktu biasanya  terlihat sibuk, capek dan begadang tetapi tugas dan pekerjaan selesai last minutes dan jadinya belajar  sistem kebut semalam  Orang yang Sukses adalah Orang yang bisa mengatur waktu akan menyelesaikan pekerjaan dan tugas secara teratur dan lebih cepat, sehingga apabila ada jadwal yang mendadak atau bersamaan biasanya juga bisa selesai dengan baik, cepat dan memuaskan.

  1. Jangan menunda semua tugas kuliah maupun tugas pekerjaan

Menunda adalah hal yang akan menghambat kesuksesan selama menjalani kuliah sambil kerja. Satu penundaan akan menyebabkan penundaan yang lain sehingga hal ini akan membuat pekerjaan semakin menumpuk dan hasil kerjanya aka nasal – asal karena waktunya terasa hanya sedikit karena waktu banyak terbuang untuk hal yang tidak penting. Perlu melatih diri untuk menyelesaikan pekerjaan selalu lebih awal sehingga banyak waktu mengoreksi tugas sebelum dikumpulkan maupun pekerjaan, sehingga kita benar – benar professional. Jadikanlah kebiasaan rajin sebagai tips kuliah sambil kerja,

  1. Menjaga keseimbangan Hidup

Keseimbangan dalam hidup akan menentukan kualitas hidup seseorang. Orang yang seimbang kehidupannya produktif hidupnya. Seimbang hidup bukan berarti waktu ditentukan jam sekian ngapain, jam sekian ngapain, kalau itu adalah schedule untuk fokus. Keseimbangan hidup adalah bagaimana mengelola kegiatan kuliah, pekerjaan, kehidupan sosial, keagamaan, semua berjalan seimbang. Semua kebutuhan jasmani dan rohani seimbang seperti Olahraga, makan, istirahat semua seimbang. Banyak kasus yang terjadi kuliah sambil kerja hanya fokus mengatur kuliah dan kerjanya saja tapi lupa menjaga keseimbangan yang penting seperti kesehatan, spiritual atau ibadah, kemudian istirahat. 

  1. Menjaga  kesehatan dengan baik

Kesehatan adalah harta yang paling berharga dalam hidup kita, tanpa kesehatan yang baik maka kita akan terhambat untuk mencapai kesuksesan kita dalam belajar maupun bekerja. Atau kalaupun kita bisa selesaikan kuliah dan pekerjaan dengan baik belum tentu kita bisa menikmati hasilnya dengan bahagia karena dalam kondisi sakit. Kesehatan yang baik juga mencerminkan bagaimana kemampuan mengelola tubuh dan hidup sendiri, kalau sakit – sakitan bagaimana bisa mengelola pekerjaan, tugas sedang mengelola tubuh sendiri saja tidak bisa. Karena tubuh adalah organisasi terkecil yang harus kita atur dan rawat dengan baik, bayangkan harga organ tubuh kita berapa kalau sampai kita terserang maag karena telat makan, harus minum obat, dan kalau sudah kronis akan berbahaya. Jadi prioritaskan kesehatan untuk mencapai kesuksesan dalam kuliah sambil bekerja.

  1. Berkoordinasi dan membangun hubungan dengan semua teman kerja atau teman kuliah

Kuliah sambil kerja akan dihadapkan pada jadwal dan kegiatan yang banyak yang berhubungan dengan deadline,  seringnya kita akan lupa dengan waktu dan kegiatan yang sudah ada. Jadi untuk antisipasi hal tersebut maka perlu menjalin hubungan yang baik dengan semua tempat kampus dan teman kerja sehingga kita bisa mendapatkan semua informasi kuliah dan kerja dengan baik. Sebaiknya aktif dalam grup kampus atau grup kerja. Di era serba digital ini sangat penting memanfaatkan media komunikasi WA untuk berkoordinasi, jangan menjadi orang yang pasif karena akan merugikan diri sendiri.

  1. Mengatur penghasilan yang didapatkan saat bekerja dengan baik

Pengaturan keuangan yang baik akan memperlancar semua proses selama kuliah, meskipun kuliah sambil kerja perlu dipastikan semua pembiayaan perkuliahan semua aman. Pembiayaan kuliah biasanya dilakukan langsung untuk satu semester dan ada beberapa yang harus pandai – pandai dalam menabung untuk biaya kuliah semester depannya. Untuk memudahkan pengelolaan keuangan dan pembayaran bisa dilakukan dengan angsuran tiap bulan maka Sobat Pintar bisa menggunakan fasilitas Kredit Pintar yang memberikan fasilitas pembayaran angsuran dengan bunga ringan dengan cara cepat. Demikian tips kuliah sambil kerja yang di bisa di terapkan supaya perkuliahan dan pekerjaan berjalan dengan lancar dan hidup semakin bermakna dalam mencapai tujuan sukses dan bahagia dimasa depan.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
mobile-closeKredit PintarDownload