7 Manfaat Nanas untuk Kesehatan dan Kecantikan

22 Jul 2021 by Laruan

Nanas merupakan buah yang paling banyak tumbuh di kawasan tropis. Buah ini memiliki rasa manis dengan sedikit rasa asam yang menyegarkan. Buah berwarna kuning ini juga dapat ditemui dalam berbagai macam olahan seperti jus hingga selai. Sebagai buah yang kaya nutrisi, manfaat nanas pun tidak main-main bagi kesehatan tubuh.

Manfaat Nanas untuk Kesehatan

Lawan radikal bebas dengan buah nanas

Nanas mengandung zat antioksidan berupa vitamin A dan vitamin C yang dapat menangkal radikal bebas, baik yang berasal dari lingkungan maupun dari dalam tubuh. Radikal bebas ini apabila dibiarkan dalam waktu yang lama dapat menimbulkan berbagai macam masalah. Penuaan dini, penurunan tingkat imunitas, dan kerusakan sel adalah beberapa dampak yang ditimbulkan oleh radikal bebas.

Tak hanya bagi kesehatan, berikut ini adalah beberapa manfaat bagi kecantikan yang akan diperoleh ketika rutin mengkonsumsi buah kaya serat dan air ini.

  1. Menjaga kesehatan mata

Tingginya vitamin C yang terkandung pada buah nanas memiliki manfaat bagi tubuh, salah satunya menjaga kesehatan mata. Antioksidan berupa vitamin C ini akan mengurangi risiko penyakit mata yang umumnya menyerang di usia lanjut seperti katarak. Konsumsi buah nanas secara teratur juga dapat membantu mencegah perkembangan penyakit yang menyebabkan kebutaan.

  1. Menjaga kesehatan kulit

Manfaat nanas yang tak kalah penting adalah buah ini mampu menjaga kesehatan kulit. Kerusakan sel-sel kulit yang disebabkan oleh antioksidan dapat dicegah dengan konsumsi nanas. Terlebih jika aktivitas harian lebih banyak dilakukan di luar ruang. Paparan sinar matahari yang mengandung ultraviolet akan membahayakan kulit. Maka penting untuk mengonsumsi buah yang tinggi vitamin C sebagai antioksidan agar kulit tetap terlindungi.

  1. Mencegah asma

Nanas juga mengandung betakaroten yang dapat mencegah asma. Salah satu antioksidan ini berperan dalam pencegahan peradangan pada saluran pernapasan yang dapat memicu terjadinya asma. Polusi udara hingga stres merupakan penyebab asma yang paling sering ditemukan. Apabila dibiarkan, dampak jangka panjangnya dapat semakin parah. Beta karoten akan berperan sebagai antiinflamator yang mencegah terjadinya peradangan dan pembengkakan dan mengurangi risiko munculnya asma.

  1. Menjaga kesehatan mulut

Nanas mengandung mineral yang membantu menjaga kesehatan mulut, terutama kekuatan gigi. Manfaat nanas bagi kesehatan mulut yang lain adalah mencegah timbulnya plak dan menguatkan gusi. Namun mengingat kandungan gula pada nanas cukup tinggi, maka konsumsinya juga perlu diatur dan didampingi dengan air yang cukup. SIkat gigi secara teratur juga menjadi hal yang tak kalah penting dalam menunjang kesehatan mulut.

  1. Meningkatkan daya tahan tubuh

Tingginya antioksidan berupa vitamin C pada nanas mampu meningkatkan imunitas atau daya tahan tubuh. Diketahui bahwa asam askorbat yang merupakan nama lain dari vitamin C memiliki peran penting dalam perlindungan sistem imun. Kandungan enzim bromelain pada nanas ternyata juga mampu melindungi tubuh dari serangan mikroorganisme. Enzim ini memiliki efek anti inflamasi yang penting dalam perbaikan sel tubuh yang rusak akibat serangan bakteri atau virus.

  1. Menjaga kesehatan tulang

Kandungan mineral seperti kalsium dan zinc pada buah nanas memberikan manfaat lain bagi tubuh. Kalsium dapat membantu menjaga kesehatan dan kekuatan tulang. Diketahui bahwa zinc merupakan salah satu mineral penting yang dibutuhkan tubuh, terutama tulang. Kekurangan mineral ini dapat menimbulkan risiko osteoporosis dan penyakit tulang lainnya.

  1. Membantu penyembuhan luka pasca operasi

Enzim bromelain yang terdapat dalam nanan selain membantu melawan mikroorganisme parasit juga bermanfaat dalam proses penyembuhan luka pasca operasi. Sifat anti-inflamasi dari enzim ini mampu mempercepat penyembuhan luka, mengatasi peradangan hingga pembengkakan. Umumnya luka pasca operasi memerlukan waktu yang cukup lama untuk pulih akibat peradangan yang terjadi. Efek anti-inflamasi dari bromelain dapat membantu mengatasi permasalahan ini. Sehingga luka pun dapat segera sembuh.

Aneka manfaat nanas tersebut dapat diperoleh dengan konsumsi secara teratur dan tetap pada porsinya. Perlu diperhatikan pula apabila terdapat penyakit yang berisiko mengalami perburukan apabila terlalu sering mengonsumsi nanas.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk