5 Tips Menanam Sirih Gading Agar Berdaun Lebat

5 Tips Menanam Sirih Gading Agar Berdaun Lebat

04 Jun 2021 by kreditpintar
5 Tips Menanam Sirih Gading Agar Berdaun Lebat

Tidak dapat dipungkiri bahwa saat ini masih terdapat banyak orang yang masih memerlukan tips menanam sirih gading. Hal tersebut dikarenakan masih banyak juga orang yang menanam tanaman sirih gading namun tidak mendapatkan hasil sesuai dengan harapan.

Tanaman sirih gading biasanya akan lebih baik jika disimpan pada pot gantung sehingga menambah keindahan rumah. Namun seperti yang diketahui, tanaman ini juga membutuhkan perawatan khusus dan tidak bisa ditanam dengan sembarangan.

Terdapat banyak sekali hal penting yang harus diperhatikan agar dapat tumbuh dan berkembang sesuai dengan harapan kita. Namun sebelum mengetahui tipsnya, akan lebih baik jika Sobat Pintar mengenal lebih dalam tanaman sirih gading terlebih dahulu sehingga dapat mengikuti tipsnya dengan maksimal.

Mengenal Tanaman Sirih Gading Lebih Dalam

Sirih gading adalah tanaman yang merambat semi-epifit dan biasa digunakan oleh orang sebagai tanaman hias atau penghias rumah di sebuah ruangan, pekarangan, atau juga halaman. Sirih gading sudah terkenal mempunyai banyak sekali nama ilmiah yang berbeda-beda.

Nama ilmiah yang berbeda-beda tersebut disebabkan oleh banyaknya jenis tanaman sirih bunga sehingga sulit untuk diidentifikasi. Namun saat ini, sirih gading dimasukkan kedalam kategori Epipremnum yang sebelumnya dianggap sebagai kategori Scindapsus (S. aureus) dan pernah juga dimasukkan kedalam kategori Rhaphidophora (sebagai R. pinnata).

Meski tanaman sirih gading memiliki banyak sekali jenis yang berbeda-beda, namun hampir semua cara menanam dan juga merawatnya sama. Oleh karena itu, kami telah merangkum beberapa tips menanam sirih gading yang bisa Sobat Pintar ikuti agar mendapatkan tanaman sesuai dengan harapan.

Tips Menanam Sirih Gading Yang Baik dan Benar

Meski sebenarnya tanaman ini termasuk kedalam kategori tanaman yang mudah ditanam dan dirawat juga memiliki umur Panjang dan sulit mati, namun faktanya masih terdapat orang yang gagal Ketika menanamnya. Maka, perhatikan beberapa tips ini agar hal itu tidak terjadi lagi.

1. Memupuk Dengan Teratur

Pupuk merupakan unsur penting bagi seluruh tanaman termasuk sirih gading. Ketika Sobat Pintar sudah menanam sirih gading, maka penting sekali untuk melakukan pemupukan secara teratur. Hal tersebut agar tanaman dapat tumbuh dengan baik juga sehat.

Dalam hal ini, Sobat Pintar dapat menggunakan pupuk alami atau pupuk kandang yang dihasilkan dari kotoran hewan. Apabila Sobat Pintar tidak mempunyainya, maka Sobat Pintar bisa memakai pupuk NPK dengan cara mencampurkannya pada tanaman setiap bulan.

2. Menyiram secara rutin

Tips selanjutnya Ketika Sobat Pintar menanam sirih gading yaitu pastikan untuk menyiramnya secara rutin. Sobat Pintar dapat menyiramnya satu kali sehari setiap pagi karena hal itu akan menyebabkan tanaman sirih gading bisa berfotosintesis dengan baik.

3. Menyimpannya di ruangan terbuka

Jika Sobat Pintar menanam sirih gading, maka akan lebih baik jika tanamannya tersebut disimpan pada ruangan terbuka. Hal tersebut agar tanaman mendapatkan cahaya yang cukup sehingga dapat tumbuh dan berkembang dengan baik.

4. Memilih Pot

Memilih pot juga ternyata tidak bisa dilakukan dengan sembarangan. Ketika Sobat Pintar menanam sirih gading, maka sangat direkomendasikan untuk memakai pot berbahan tanah liat karena pot tersebut sangat bagus dalam menjaga kelembaban tanah dan bisa menyerap air dengan baik.

5. Memotong Tanaman

Ketika Sobat Pintar menanam sirih gading, maka pastikan bahwa Sobat Pintar memotongnya Ketika terdapat bagian yang layu, batang yang menghitam, daunnya terdapat bercak putih, dan lain sebagainya yang dapat membuat tampilan menjadi jelek.

Kelima tips di atas tentu dapat Sobat Pintar lakukan dengan mudah, dengan mengikuti kelima tips menanam sirih gading tersebut maka Sobat Pintar akan mendapatkan tanaman sirih gading yang cantik dan indah.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk