5 Penyebab Bibir Pecah-Pecah dan 5 Cara Mengatasinya

14 Jul 2021 by Laruan

Masalah bibir pecah-pecah, atau bibir kering pastinya pernah dialami oleh sebagian besar orang. Selain dapat mengganggu penampilan, bisa juga menyebabkan ketidaknyamanan. Tak jarang pula hal ini membuat Sobat Pintar tidak dapat menahan diri untuk mengelupas kulit bibir dan pada akhirnya akan menimbulkan bibir perih dan berdarah.

Maka dari itu sangat penting sekali agar Sobat Pintar mengetahui apa saja yang penyebab bibir menjadi pecah-pecah supaya nantinya Sobat Pintar bisa mengatasi masalah ini dengan sebaik mungkin.  

Ketahui 5 Penyebab Bibir Pecah-Pecah dan 5 Cara Mengatasinya

Apa yang Menjadi Penyebab Bibir Pecah-Pecah?

Berikut ini adalah beberapa hal yang menjadi pemicu bibir kering, yaitu:

1. Kebiasaan Membasahi Bibir

Salah satu yang pemicu yang membuat bibir menjadi pecah-pecah yaitu karena kebiasaan menjilat bibir.

Ketika bibir sedang kering, orang-orang biasanya cenderung akan menjilat bibir agar dapat membuatnya basah kembali. Dengan menjilat bibir memang bisa menghilangkan kondisi bibir kering.

Akan tetapi hal itu hanya berlaku dalam sementara waktu saja. Kebiasaan menjilat bibir ini justru dapat membuat air liur menguap di bibir serta dapat menarik kelembaban di permukaan bibir, sehingga menjadikannya semakin kering.

3. Terkena Paparan Sinar Matahari Berlebihan

Selanjutnya, pemicu bibir kering dan pecah-pecah  yaitu paparan sinar matahari  atau UV secara berlebihan. 

Jika Sobat Pintar terkena paparan sinar matahari dalam waktu yang lama, maka bisa mengakibatkan kondisi medis yaitu yang bernama keratosis aktinik.

Jika tidak diobati, keratosis aktinik dapat berubah menjadi jenis kanker kulit. Maka dari itu, penting sekali untuk menjaga bibir Sobat Pintar dengan menghindari paparan sinar matahari yang berlebihan.

4. Mengkonsumsi Makanan Pedas dan Asin Secara Berlebihan

Bagi Sobat Pintar yang saat ini sedang mengalami bibir kering dan pecah-pecah, Sobat Pintar harus memperhatikan kembali makanan yang Sobat Pintar konsumsi.

Karena, jika Sobat Pintar terlalu banyak mengkonsumsi makanan pedas dan asin dapat menyebabkan bibir Sobat Pintar menjadi kering dan pecah-pecah.

Garam yang terkandung di makanan asin bisa menarik kelembaban air serta mengiritasi kulit bibir yang pada akhirnya menjadikan kulit rentan kering. Begitupun dengan makanan yang bercita rasa pedas.

5. Penggunaan Kosmetik dan Obat-Obatan Tertentu

Produk kosmetik misalnya lip balm  dan lipstik dapat berpotensi  memiliki kandungan bahan-bahan yang dapat menyebabkan bibir menjadi pecah-pecah, misalnya seperti kandungan camphor,  fenol, dan menthol.

Bagi beberapa orang yang mempunyai alergi pada produk kosmetik tertentu, bahkan dengan penggunaan produk pasta gigi pun bisa  berisiko menyebabkan bibir menjadi kering  sebagai salah satu reaksi alergi.

Penggunaan obat-obatan tertentu juga bisa meningkatkan risiko masalah bibir. Misalnya seperti obat kemoterapi, obat diuretik, dan antihistamin.

Jenis obat-obatan tersebut bisa meningkatkan dehidrasi. Selain itu, beberapa jenis obat oles jerawat yang memiliki kandungan benzoil peroksida dan asam salisilat juga bisa menimbulkan efek samping bibir kering dan pecah-pecah.

Bagaimana Cara untuk Mengatasi Bibir Pecah-Pecah

Berikut ini telah kami rangkum mengenai beberapa cara untuk mengatasi bibir kering, yaitu sebagai berikut :

1. Melakukan Pengobatan Bibir Secara Alami

Untuk mengatasi masalah bibir kering, Sobat Pintar bisa menggunakan bahan-bahan alami yang juga mudah ditemukan, contohnya seperti: 

  1. Lidah buaya

Lidah buaya memiliki gel yang terbentuk di dalam daun tanaman ini. Lidah buaya mengandung anti inflamasi, antioksidan, mineral, dan vitamin. Kandungan-kandungan tersebut dapat menenangkan dan menghidrasi kulit yang rusak, terutama bagi Sobat Pintar yang sedang mengalami bibir kering.

  1. Teh hijau

Bahan alami yang satu ini kaya akan mineral dan antioksidan. Teh hijau juga memiliki kandungan polifenol yang dapat mengurangi peradangan. Caranya menggunakannya yaitu,  rendam kantong teh hijau di dalam air hangat, kemudian gosokkan secara lembut di bibir, agar dapat melembutkan serta mengobati kulit kering.

  1. Madu :  

Madu adalah pelembab terbaik bagi bibir kering. Madu juga memiliki kandungan antioksidan, serta bersifat antibakteri yang dapat membantu mencegah infeksi di bibir. 

  1. Minyak kelapa

Minyak kelapa dapat  mengurangi peradangan dan mengandung zat yang dapat menenangkan dan melembutkan bibir. 

  1. Mentimun

Buah ini dapat melembabkan bibir dengan lembut juga mengandung vitamin dan mineral yang dapat mempercantik bibir. 

2. Banyak Minum Air Putih

Dehidrasi atau kekurangan minum air juga dapat menyebabkan bibir kering dan pecah. Maka sebaiknya Sobat Pintar harus membiasakan diri untuk banyak minum air setiap harinya.

Dehidrasi terjadi saat tubuh kehilangan banyak cairan. Saat tubuh mengalami dehidrasi dan akan menarik air dari area tertentu. Hal tersebut bisa menyebabkan kekeringan di kulit, termasuk pada bibir.

Asupan air setiap harinya yang direkomendasikan sangatlah bervariasi. Ini bergantung pada banyak faktor  termasuk faktor jenis kelamin, usia, serta tingkat aktivitas fisik bagi masing-masing orang.

Jadi selain dapat menyehatkan badan, dengan mengkonsumsi air putih yang cukup dapat mengurangi resiko terjadinya masalah bibir kering. 

Maksimalkan kebutuhan cairan Sobat Pintar dengan rutin mengkonsumsi air putih dengan sebaik mungkin.

3. Menggunakan Lip Balm

Cara lainnya untuk mengatasi bibir kering yaitu dengan menggunakan lip balm. Akan tetapi sebelum menggunakan lip balm,  Sobat Pintar harus tahu terlebih dahulu apa saja kandungan yang ada di lipbalm tersebut.

Hal ini karena beberapa lip balm biasanya mengandung bahan-bahan yang dapat menyebabkan bibir menjadi kering, misalnya saja kandungan mint atau menthol. 

Walaupun dapat memberikan sensasi dingin di bibir,  mint sangat kering dan dapat membuat bibir lebih kering.

Jadi Sobat Pintar harus menghindari lip balm dengan kandungan tersebut. Serta hindari pula produk-produk bibir yang beraroma, karena bahan-bahan tersebut juga tidak baik bagi bibir. 

Carilah lip balm yang memiliki kandungan bahan-bahan yang dapat  melembabkan  dan menenangkan.

Contohnya seperti  ceramides, lilin lebah, lanolin, dan petroleum. Bahan-bahan tersebut dapat Sobat Pintar beli di toko kesehatan, apotek, atau melalui online.

Selain itu, untuk melindungi bibir dari sinar matahari, gunakan lip balm yang mengandung SPF 30 ke atas saat berada di luar ruangan dan oleskan lip balm setiap 2 jam. 

4. Melakukan Eksfoliasi Bibir

Bibir  pecah-pecah ditutupi lapisan kulit kering sehingga mencegah bahan penyembuh dalam lip balm mencapai area yang tepat. 

Sobat Pintar dapat menggunakan scrub bibir yang mengandung gula atau baking soda untuk mengelupas kulit kering dengan lembut.

Saat Sobat Pintar membeli scrub bibir, pilihlah produk yang mengandung bahan yang dapat menenangkan dan melembabkan bibir. 

5. Hindari Merokok

Asap rokok dapat mengiritasi kulit sensitif di sekitar bibir, menyebabkannya mengering dan menjadi lebih mudah pecah-pecah.

Merokok juga dapat menyebabkan masalah lain pada mulut, seperti sariawan dan nyeri gusi.

Kesimpulan Tentang Bibir Pecah-Pecah

Pemicu bibir kering pada umumnya bukanlah masalah yang serius. tapi agar merasa lebih nyaman, sebaiknya Sobat Pintar mengatasi kondisi ini dengan sebaik mungkin. 

Sobat Pintar bisa mengkonsultasikannya dengan dokter, jika kondisi Sobat Pintar tidak kunjung sembuh bahkan setelah Sobat Pintar melakukan beberapa cara mengatasi bibir kering dan pecah-pecah yang telah kami rangkum di atas.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Sobat Pintar ada yang sedang mencari tahu tentang penyebab serta cara mengatasi  bibir kering. Semoga Sobat Pintar bisa memahami penjelasan yang telah kami sampaikan di atas.


Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi dan tips lain yang bermanfaat.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
mobile-closeKredit PintarDownload