5 Langkah Membuat Ringkasan Eksekutif

06 Sep 2021 by Laruan

Ringkasan Eksekutif, atau executive summary adalah gambaran tentang tujuan ataupun maksud dalam perusahaan Sobat Pintar. Berfungsi sebagai ringkasan dari seluruh rencana bisnis Sobat Pintar, dan memperkenalkan perusahaan Sobat Pintar ke calon mitra/investor yang mungkin tertarik untuk ikut membangun kejayaan Sobat Pintar.

Cegah Penipuan SIM Swap Fraud Dengan Cara Berikut

5 Langkah Membuat Ringkasan Eksekutif

Bagaimana Cara Membuat Rencana Bisnis Yang Baik? 

Fondasi usaha Sobat Pintar adalah rencana bisnis, biasa disebut dengan Business Model Canvas (BMC), yaitu 9 kategori yang harus diisi seorang pengusaha dalam menjalankan usahanya.  Di dalam rencana bisnis yang baik memandu Sobat Pintar melalui setiap tahap, dari memulai dan mengelola Sobat Pintar. Sobat Pintar akan menggunakan rencana bisnis Sobat Pintar sebagai peta jalan tentang cara menyusun, menjalankan, dan mengembangkan bisnis baru Sobat Pintar. Memahami rencana bisnis Sobat Pintar, bisa meningkatkan pendapatan dana atau mendatangkan mitra bisnis baru. 

9 kategori rencana bisnis, adalah:

1. Ringkasan Eksekutif = Informasi singkat perusahaan Sobat Pintar.

2. Deskripsi Perusahaan= Daftar konsumen, organisasi, atau bisnis yang akan dilayani oleh perusahaan Sobat Pintar. Menunjukkan keunggulan dari perusahaan Sobat Pintar.

3. Analisis Pasar = Prospek industri dan target pasar Sobat Pintar. 

4. Organisasi dan manajemen = Struktur hukum bisnis Sobat Pintar serta rencana kedepan mengenai kemitraan ataupun stakeholder. 

5. Layanan atau lini produk = Berbagai produk yang Sobat Pintar tawarkan untuk konsumen ataupun industri mitra. 

6. Pemasaran dan penjualan = Bagaimana Sobat Pintar menjual produk Sobat Pintar, distribusi serta promosinya.

7. Permintaan pendanaan = Sertakan deskripsi rencana keuangan strategis masa depan Sobat Pintar, seperti melunasi utang atau menjual bisnis Sobat Pintar.

8. Proyeksi keuangan =  Sertakan proyeksi ataupun laporan laba rugi, neraca, dan laporan arus kas selama tiga hingga lima tahun terakhir untuk memberikan prospek keuangan prospektif untuk lima tahun ke depan. 

9. Lampiran = Dokumen pendukung atau bahan lain yang diminta secara khusus. Item umum untuk disertakan adalah sejarah kredit, resume, gambar produk, surat referensi, lisensi, izin, paten, dokumen hukum, dan kontrak lainnya.

Sobat Pintar mungkin lebih suka format rencana bisnis tradisional seperti diatas, jika Sobat Pintar sangat berorientasi pada detail, menginginkan rencana yang komprehensif, atau berencana untuk meminta pembiayaan dari sumber tradisional.

Saat Sobat Pintar menulis rencana bisnis Sobat Pintar, Sobat Pintar tidak harus tetap berpegang pada garis besar rencana bisnis yang tepat. Alih-alih, gunakan bagian yang paling masuk akal untuk bisnis dan kebutuhan Sobat Pintar. Rencana bisnis tradisional menggunakan beberapa kombinasi dari sembilan bagian diatas.

5 Langkah Membuat Ringkasan Eksekutif

Rencana Bisnis Dengan Format Startup

Terdapat alternatif lain selain BMC, yaitu format startup jika Sobat Pintar ingin menjelaskan atau memulai bisnis Sobat Pintar dengan cepat, bisnis Sobat Pintar relatif sederhana, atau Sobat Pintar berencana untuk secara teratur mengubah dan menyempurnakan rencana bisnis Sobat Pintar. Yaitu:

  1. Kemitraan utama = Tentang pemasok, produsen, subkontraktor, dan mitra strategis serupa.
  2. Kegiatan utama = Soroti hal-hal seperti menjual langsung ke konsumen, atau menggunakan teknologi untuk memanfaatkan ekonomi berbagi.
  3. Sumber kunci = Daftar sumber daya apa pun yang akan Sobat Pintar manfaatkan untuk menciptakan nilai bagi pelanggan Sobat Pintar.
  4. Proposisi nilai = Pernyataan yang jelas dan meyakinkan tentang nilai unik yang dibawa perusahaan Sobat Pintar ke pasar.
  5. Consumer Relationship = Cara pelanggan akan berinteraksi dengan bisnis Sobat Pintar. Apakah itu otomatis atau pribadi? Secara langsung atau online? 
  6. Segmen pelanggan = Pemahaman yang jelas tentang siapa yang akan dilayani oleh bisnis Sobat Pintar.
  7. Channel= Daftar cara terpenting Sobat Pintar akan berbicara dengan pelanggan Sobat Pintar. 
  8. Struktur biaya = Daftar biaya paling signifikan yang akan Sobat Pintar hadapi untuk mengejarnya.
  9. Aliran pendapatan = Jelaskan bagaimana perusahaan Sobat Pintar benar-benar akan menghasilkan uang. Baik dengan keanggotaan, atau penjualan produk, ataupun pajak.

Kriteria Ringkasan Eksekutif Yang Baik

Pengusaha sering menyelesaikan executive summary terakhir, karena merangkum apa yang ada di sisa rencana bisnis. Sobat Pintar bisa berbicara tentang misi ide bisnis Sobat Pintar, sejarah pendiri bisnis, serta visi dan misi. Proposisi nilai biasanya juga ditemukan dalam executive summary, yang menjelaskan bagaimana ide bisnis baru berbeda dari perusahaan lain di pasar, yang dapat bersaing untuk audiens yang sama. 

Misalnya, seseorang yang ingin membuka kedai kopi mungkin berbicara tentang pengalaman mereka sebagai barista, hubungan mereka dengan petani kopi di wilayah tertentu, dan apa yang membedakan kedai kopi mereka dari yang lain, seperti sederet kue kering sarapan vegan atau komponen edukasi kopi yang direncanakan untuk pelanggan

Ringkasan yang baik mencakup:

  • Deskripsi singkat tentang produk dan layanan
  • Ringkasan tujuan
  • Deskripsi pasar yang solid
  • Kompetisi potensial Sobat Pintar
  • Cuplikan potensi pertumbuhan
  • Sumber dana
5 Langkah Membuat Ringkasan Eksekutif

Langkah-langkah Membuat Ringkasan Eksekutif

Saat menulis setiap bagian dari executive summary, sorot detail yang paling relevan bagi pembaca Sobat Pintar dan sertakan fakta dan statistik yang perlu mereka ketahui. Dalam pendahuluan Sobat Pintar, Sobat Pintar harus menyajikan informasi perusahaan terkait dan dengan jelas menyatakan tujuan dari rencana bisnis. Apa yang Sobat Pintar ingin pembaca ambil dari data Sobat Pintar? Ini semua adalah pesan kunci untuk executive summary yang efektif.

1. Tulis rencana bisnis Sobat Pintar terlebih dahulu. 

Executive summary akan menjadi rangkuman dari topik paling penting yang tercakup dalam rencana bisnis Sobat Pintar, sehingga seringkali membantu untuk menulis seluruh rencana bisnis sebelum executive summary. Pastikan executive summary Sobat Pintar hanya mencakup fakta dan detail yang dapat ditemukan dalam rencana bisnis.

2. Tulis pengantar yang menarik. 

Apa yang dimaksud dengan “melibatkan” akan bergantung pada audiens Sobat Pintar. Mungkin pengantar Sobat Pintar berisi fakta industri yang mengejutkan, atau mungkin cerita singkat; terlepas dari itu, itu harus relevan dengan bisnis Sobat Pintar dan menarik perhatian audiens Sobat Pintar. Penting juga untuk mengidentifikasi dengan jelas tujuan rencana bisnis Sobat Pintar dan apa yang dapat diharapkan pembaca temukan di dokumen mendatang.

3. Tulis executive summary. 

Telusuri rencana bisnis Sobat Pintar dan identifikasi poin-poin penting untuk disertakan dalam executive summary Sobat Pintar. Sentuh setiap poin kunci dari rencana bisnis Sobat Pintar dengan cara yang ringkas, namun cukup komprehensif sehingga pembaca tidak perlu membaca sisa rencana bisnis.

4. Edit dan atur dokumen Sobat Pintar. 

Atur executive summary Sobat Pintar agar sesuai dengan isi rencana bisnis Sobat Pintar, dengan menempatkan komponen terpenting di awal. Tulisan dengan bentuk daftar atau list akan lebih menarik untuk menarik perhatian ke poin utama Sobat Pintar. Periksa ulang dokumen untuk akurasi dan kejelasan. Hapus kata kunci, informasi berulang, kata kualifikasi, jargon, bahasa pasif, dan klaim yang tidak didukung. Verifikasi bahwa executive summary Sobat Pintar dapat secara memadai bertindak sebagai dokumen yang berdiri sendiri jika diperlukan.

5. Carilah bantuan dari luar. 

Karena sebagian besar pengusaha bukanlah ahli menulis, akan bermanfaat jika penulis atau editor profesional memeriksa dokumen Sobat Pintar untuk memastikan dokumen mengalir dengan lancar dan mencakup poin yang ingin Sobat Pintar sampaikan.

Dengan implementasi cara-cara membuat ringkasan eksekutif yang baik, dijamin membuat Sobat Pintar lebih jelas dalam menjalankan bisnis Sobat Pintar. Jangan lupa untuk selalu pelajari tips-tips bisnis yang lain dan download aplikasi Kredit Pintar untuk ajukan pinjaman untuk segala kebutuhan!

Survey Berbayar Hasilkan Keuntungan di Rumah, Simak di Sini

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
mobile-closeKredit PintarDownload