5+ Cara Memulihkan Chat WA di Android maupun iPhone

23 Jun 2021 by Laruan
5+ Cara Memulihkan Chat WA di Android maupun iPhone

Sampai saat ini WhatsApp menjadi aplikasi chat paling populer di dunia.  Selain fitur-nya yang lengkap dan praktis, server yang kencang juga jadi salah satu alasan mengapa banyak dari kita memilih WhatsApp sebagai alat bantu komunikasi terbaik. Dengan demikian, data-data pada WhatsApp menjadi begitu penting. 

Namun, ada kalanya kita diperhadapkan dengan sejumlah kasus seperti ponsel yang hang/rusak atau kita ingin ganti ke smartphone baru. Otomatis data-data pada WhatsApp yang telah diterima atau dikirim terhapus dan hilang.

Percakapan indah bersama sang kekasih atau momen foto dan video bersama keluarga hilang dan tak meninggalkan jejak sedikitpun. Parahnya lagi, jika WhatsApp jadi poros utama dari bisnis kita sehingga ada banyak data bisnis milik kita yang hilang seketika. 

Jika Sobat Pintar mengalami kasus serupa, WhatsApp menghimbau supaya pengguna tidak perlu khawatir untuk menginstal ulang WhatsApp, atau berganti ke smartphone baru lantaran ada cara memulihkan chat WA dengan mudah. Fitur ini tersedia di semua smartphone Android ataupun iPhone. Lantas bagaimana cara memulihkan chat WhatsApp di Android atau iPhone? Simak langkah-langkah berikut ini. 

Cara Memulihkan Chat WA di Android

Hal pertama yang perlu Sobat Pintar lakukan sebelum menghapus WhatsApp atau berganti ke smartphone baru adalah melakukan proses backup atau pencadangan semua riwayat chat meliputi text, gambar maupun media lainnya. Cara mem-backup data dapat Sobat Pintar lakukan dengan langkah berikut ini: 

  1. Buka Aplikasi WhatsApp
  2. Pilih menu opsi lainnya > Setelan > Chat > Cadangkan Chat 
  3. Pilih cadangkan ke Google Drive kemudian Sobat Pintar dapat memilih metode atau frekuensi backup data, yakni harian, mingguan, bulanan atau hanya ketika saya mengetuk “cadangkan”. Jika Sobat Pintar menggunakan WhatsApp sebagai platform untuk menunjang bisnis Sobat Pintar, WhatsApp menyarankan untuk menggunakan pencadangan chat dengan frekuensi waktu yang telah ditetapkan. 
  4. Jika sudah, pilih akun Google yang Sobat Pintar miliki untuk menyimpan data hasil backup. Jika belum ada Akun google yang terhubung, lakukan proses login terlebih dahulu.
  5. Kemudian tekan tombol “cadangkan” untuk mengeksekusi proses pencadangan. Pilih jaringan untuk mencadangkan chat Sobat Pintar. Perlu diperhatikan bahwa mencadangkan dengan jaringan data seluler akan mengeluarkan biaya data yang cukup tinggi. Oleh sebab itu, WhatsApp menyarankan untuk menggunakan jaringan Wi-fi. 

Setelah proses backup berhasil kita lakukan, saat ini kita bisa memulihkan chat WhatsApp tersebut dengan sangat mudah. Namun sebelum proses pemulihan chat kita lakukan, pastikan bahwa nomor ponsel yang terdaftar pada WhatsApp lama sama dengan WhatsApp baru. Apabila sudah, berikut ini langkah-langkah dan cara memulihkan Chat WA: 

  1. Unduh dan install aplikasi WhatsApp. Lakukan proses verifikasi nomor.  
  2. Pilih opsi pulihkan untuk memulihkan chat dan media dari Google Drive, pastikan akun Google yang kita gunakan sama seperti saat kita mencadangkan chat dan media. 
  3. Tunggu sampai proses pemulihan selesai. Setelah proses pemulihan selesai, tekan tombol lanjut. Semua chat dan media akan muncul, sesuai dengan data yang telah kita cadangkan sebelumnya. 

Di iPhone

Cara Memulihkan Chat WA di iPhone

Tak jauh beda dengan Android, cara memulihkan chat WA di iPhone memiliki proses yang kurang lebih sama. Yang pertama, Sobat Pintar perlu mencadangkan chat WhatsApp dengan Langkah berikut ini:  

  1. Buka Aplikasi WhatsApp
  2. Pilih opsi cadangkan riwayat chat pada menu WhatsApp > Pengaturan > Chat > Cadangkan (Backup)
  3. Tekan tombol Cadangkan Sekarang (Backup Now), pada proses ini Sobat Pintar juga dapat memilih frekuensi pencadangan chat dengan menekan tombol Auto Backup. 
  4. Proses pencadangan pada iPhone umumnya akan disimpan pada Akun iCloud. Tunggu sampai proses pencadangan benar-benar selesai agar tidak ada data yang tertinggal. 

Setelah proses pencadangan berhasil, kini saatnya kita memulihkan chat di WhatsApp baru yang kita miliki. Sebelumnya, pastikan bahwa nomor telepon dan akun iCloud yang Sobat Pintar gunakan sama. Dan berikut ini adalah cara memulihkan chat WA di iPhone: 

  1. Buka aplikasi WhatsApp dan masuk ke menu pengaturan > Chat > Cadangan Chat 
  2. Jika Sobat Pintar dapat melihat kapan cadangan terakhir kali dilakukan, hapus dan pasang ulang WhatsApp dari App Store. 
  3. Lakukan verifikasi nomor telepon Sobat Pintar dan ikuti instruksi memulihkan chat yang telah disediakan oleh WhatsApp. 

Demikianlah cara memulihkan chat whatsApp di Android ataupun iPhone. Kini Sobat Pintar tak perlu takut lagi untuk install ulang WhatsApp atau memindahkan WhatsApp ke perangkat baru yang Sobat Pintar miliki. Percakapan dengan orang-orang penting ataupun data pekerjaan/bisnis yang Sobat Pintar miliki, dapat Sobat Pintar simpan sampai kapan pun dan dapat Sobat Pintar pulihkan kapanpun Sobat Pintar mau.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
mobile-closeKredit PintarDownload