4 Penyebab Hidung Tersumbat dan Cara Mengatasinya

19 Jul 2021 by Laruan

Sesuai dengan namanya, hidung tersumbat adalah kondisi di mana hidung buntu akibat flu oleh lendir yang diakibatkan oleh gangguan pada jaringan yang ada di dalam hidung. hidung buntu akibat flu memang bukanlah sebuah penyakit yang berbahaya, namun kondisi ini dapat cukup mengganggu kita dalam melakukan aktivitas sehari-hari karena terganggunya sistem pernapasan dan penciuman. Jika Sobat Pintar adalah orang yang cukup sering mengalami hidung buntu akibat flu atau pernah mengalaminya dan memiliki pengalaman buruk selama mengalaminya, maka ada baiknya Sobat Pintar menyimak ulasan tentang penyebab dan cara mengatasi hidung buntu akibat flu berikut ini.

Penyebab Hidung Tersumbat

Penyebab

Pada dasarnya, hidung buntu akibat flu bukanlah sebuah penyakit, namun bisa dibilang bahwa hidung tersumbat adalah sebuah dampak atau efek samping yang terjadi dikarenakan oleh penyakit atau bahkan virus yang menyerang tubuh. Beberapa pemicu dari hidung tersumbat diantaranya adalah:

  1. Batuk dan pilek

Pemicu dari hidung buntu akibat flu yang paling umum dan sering terjadi adalah batuk dan pilek. Menariknya, batuk dan pilek pun sebenarnya bukan penyakit, melainkan suatu mekanisme tubuh manusia sebagai reaksi terhadap gangguan, infeksi, atau juga masuknya benda asing pada sistem pernapasan di bagian atas, seperti hidung dan tenggorokan. Oleh karena itu, dapat dikatakan bahwa hidung buntu akibat flu merupakan reaksi dari batuk dan pilek yang juga merupakan reaksi dari gangguan yang terjadi pada sistem pernapasan. Sialnya, biasanya butuh waktu berhari-hari (sekitar 7-10 hari jika tanpa dibantu obat) bagi batuk dan pilek untuk berhenti. Itu artinya, jika kita sedang dalam kondisi tersebut, maka kita terpaksa menjalani aktivitas sehari-hari dengan kurang nyaman akibat dari terganggunya sistem pernapasan.

  1. Flu

Pemicu dari hidung buntu akibat flu selanjutnya adalah penyakit influenza atau biasa juga disebut flu yang diakibatkan oleh virus yang menyerang saluran pernapasan, mulai dari paru-paru, tenggorokan, hingga hidung. Tentu saja, penyakit ini pun dapat menyebabkan hidung buntu akibat flu mengingat bahwa gangguan yang ditimbulkan juga gangguan pada sistem pernapasan. Flu bukanlah penyakit yang berbahaya walaupun dapat menular, karena tinggal menunggu waktu beberapa hari saja bagi tubuh untuk bisa membentuk antibodi dan sembuh dengan sendirinya. Namun, proses yang memakan waktu beberapa hari itulah yang terkadang merepotkan, apalagi dengan kemungkinan mengalami hidung buntu akibat flu yang cukup tinggi yang bisa sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. 

  1. Sinusitis akut

Sinusitis akut adalah kondisi yang diakibatkan oleh batuk dan pilek. Seperti disebutkan sebelumnya, batuk dan pilek memang tidak berbahaya, namun tetap dapat menyebabkan komplikasi, seperti salah satunya adalah sinusitis akut yang mengganggu sistem pernapasan. Dalam kondisi sinusitis akut, jaringan pada rongga hidung membengkak sehingga membuat ruang untuk keluar-masuknya udara semakin sempit. Kondisi ini diperparah oleh produksi lendir yang berlebihan sebagai bentuk pertahanan tubuh dari gangguan ini, sehingga membuat saluran keluar-masuknya udara di hidung menjadi benar-benar mampet dan menyebabkan kondisi hidung buntu akibat flu. Seperti batuk, pilek, dan flu, sinusitis akut juga bisa sembuh dengan sendirinya selama beberapa hari, namun tentu saja akan sangat merepotkan untuk menjalani aktivitas sehari-hari dengan kondisi ini.

  1. Alergi

Pemicu lainnya dari kondisi hidung buntu akibat flu adalah alergi. Bisa dibilang alergi adalah suatu kelemahan tubuh terhadap zat-zat tertentu yang bisa menyebabkan peradangan. Oleh karena itu, saat penderita alergi melakukan kontak dengan zat-zat yang dapat menyebabkan alergi tersebut, tubuh orang tersebut akan merespon dengan peradangan sebagai sistem imunitas tubuh. Dalam hal ini, tentunya produksi lendir yang berlebih pada hidung merupakan salah satu bentuk peradangan tersebut, yang mana produksi lendir yang berlebih ini dapat menyebabkan hidung buntu akibat flu.

Cara Mengatasi

Itulah beberapa pemicu dari hidung buntu akibat flu. Jika mendengar penjelasan-penjelasan di atas, maka kita tidak perlu khawatir akan dampak atau bahayanya hidung buntu akibat flu, tetapi kita hanya perlu khawatir akan terganggunya aktivitas sehari-hari kita karena ketidaknyamanan yang disebabkan oleh kondisi tersebut. Lantas, bagaimana tips mencegah hidung buntu akibat flu agar kita bisa lebih nyaman dalam menjalani aktivitas sehari-hari? Berikut cara-caranya.

  1. Mengkonsumsi obat-obatan

Walaupun kondisi hidung buntu akibat flu merupakan kondisi yang terjadi sebagai bentuk pertahanan tubuh, namun ternyata ada beberapa jenis obat yang bisa dikonsumsi untuk meredakan kondisi tersebut. Beberapa jenis obat yang bisa dikonsumsi untuk mengatasi hidung buntu akibat flu diantaranya adalah obat penghilang rasa sakit seperti Paracetamol dan Ibuprofen, obat pereda alergi seperti Antihistamin, dan obat untuk pembengkakan, khususnya pembengkakan di bagian rongga hidung seperti Dekongestan. Diantara jenis obat-obatan tersebut, obat penghilang rasa sakit seperti Paracetamol dan Ibuprofen adalah obat yang paling mudah untuk didapat karena biasanya tersedia di setiap warung atau toko kelontong di dekat rumah. Namun, jika kita ingin obat yang paling efektif untuk mengatasi hidung buntu akibat flu, Dekongestan, khususnya yang berbentuk obat semprot, adalah jawabannya karena Dekongestan dalam bentuk obat semprot yang disemprotkan langsung ke bagian yang bengkak pada rongga hidung langsung ditujukan pada lokasi gangguan ini terjadi.

  1. Menghangatkan tubuh

Selain mengkonsumsi obat-obatan, tips mencegah hidung buntu akibat flu lainnya adalah dengan cara menghangatkan tubuh. Pada dasarnya, dengan menghangatkan tubuh, kekentalan lendir yang diproduksi pada hidung sebagai bentuk imunitas tubuh akan berkurang sehingga hidung pun tidak tersumbat lagi. Beberapa cara menghangatkan tubuh yang bisa kita lakukan adalah dengan banyak minum air hangat, menghirup uap yang diproduksi oleh air hangat, berendam di air hangat, serta membaluri tubuh dan bagian bawah hidung dengan minyak kayu putih atau balsem yang bersifat menghangatkan. Cara-cara tersebut mungkin memang tidak bisa sepenuhnya meredakan hidung buntu akibat flu, namun cukup terbukti efektif untuk menghilangkan kondisi hidung buntu akibat flu secara temporer. Itu artinya, jika cara-cara tersebut dilakukan secara terus menerus, maka kita akan terbebas dari ketidaknyamanan yang ditimbulkan oleh kondisi hidung buntu akibat flu sampai gangguan yang menyebabkan kondisi tersebut hilang dan tubuh kita benar-benar normal kembali.

  1. Berolahraga sejenak atau sekedar menggerak-gerakkan tubuh

Selain beberapa cara mengatasi hidung buntu akibat flu yang sudah disebutkan sebelumnya, ada satu cara yang terbilang sangat sederhana dan sangat mudah dilakukan, yaitu dengan berolahraga sejenak atau sekedar menggerak-gerakkan tubuh. Dengan menggerak-gerakkan tubuh kita seperti sedang berolahraga, suhu tubuh kita akan meningkat, sehingga kekentalan lendir yang diproduksi rongga hidung sebagai bentuk imunitas tubuh pun akan jauh berkurang. Biasanya, tidak butuh waktu lama dalam aktivitas ini hingga lendir yang mengganggu sistem pernapasan sudah mulai terasa mencair atau menghilang sehingga kita tidak perlu sampai terlalu capai dalam melakukan aktivitas ini. Sayangnya, efek pencairan lendir pada rongga hidung akan bersifat sangat temporer jika kita menggunakan cara ini. Namun, cara ini sudah terbukti efektif dan sangat instan dalam mengatasi hidung buntu akibat flu sehingga jika gangguan tersebut muncul lagi, kita hanya perlu melakukan cara ini lagi.

  1. Pergi ke dokter

Jika semua cara yang sudah disebutkan di atas tidak efektif bagi Sobat Pintar dan kondisi hidung buntu akibat flu Sobat Pintar pun semakin parah, maka cara selanjutnya yang bisa Sobat Pintar lakukan adalah pergi ke dokter untuk mendapatkan pengobatan. Namun, jika Sobat Pintar sedang dalam kondisi kurang uang dan tidak memiliki asuransi kesehatan sehingga biaya pengobatan ke dokter bisa sangat memberatkan Sobat Pintar, maka Sobat Pintar hanya perlu mengajukan pinjaman uang ke perusahaan pinjaman online seperti Kredit Pintar. Dengan begitu, Sobat Pintar bisa mendapatkan pengobatan yang Sobat Pintar butuhkan sehingga Sobat Pintar bisa cepat sembuh dan dapat dengan segera menjalani aktivitas sehari-hari Sobat Pintar karena satu hal yang perlu Sobat Pintar ingat, yaitu kesehatan lebih penting daripada uang. Itulah ulasan tentang penyebab dan cara mengatasi hidung buntu akibat flu. Semoga ulasan tersebut dapat membantu Sobat Pintar dalam mengatasi masalah hidung tersumbat akibat flu.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
mobile-closeKredit PintarDownload