4 Cara Menghilangkan Sifat Iri Hati Agar Hidup Tenang

07 Jul 2021 by Laruan

Iri hati merupakan salah satu sifat dari manusia yang kerap kali muncul akibat melihat orang lain yang biasanya lebih sukses atau mendapatkan sesuatu yang tidak bisa kita miliki, dari hal sekecil ketika orang lain berhasil mendapatkan dana dari Kredit Pintar, sampai ke hal besar seperti mendapatkan pekerjaan serta jabatan impian. 

4 Cara Menghilangkan Sifat Iri Hati Agar Hidup Tenang

Nah, apalagi di zaman sekarang yang dipenuhi oleh media sosial, sifat iri hati dapat lebih mudah muncul lho. Oleh karena itu, pada tulisan kali ini akan dibahas bagaimana cara menghilangkan sifat iri hati dengan cara yang tidak orang banyak ketahui. 

Apa saja yang bisa kita lakukan untuk menghilangkan rasa iri? 

  1. Batasi Penggunaan Ponsel

Salah satu cara yang mungkin tidak banyak orang ketahui adalah membatasi penggunaan ponsel. Ingat! Pembatasan penggunaan ponsel ya, bukan penggunaan media sosial. Kenapa harus ponsel? Karena ponsel adalah sumber di mana media sosial dapat diakses, kadang ponsel itu sendiri pun menjadi sumber kita menjadi iri hati.

Oleh karena itu untuk menyiasati hal yang tidak diinginkan, adalah dengan membatasi sumber yang akan menimbulkan iri hati tersebut, yaitu penggunaan ponsel.

  1. Mengubah Pola Pikir

Cara kedua untuk dapat terhindar dan bahkan menghilangkan sifat iri hati adalah dengan mengubah pola pikir kita terhadap orang lain. 

Pola pikir sangat berperan dalam menentukan apa yang biasanya dirasakan oleh hati, oleh karena itu Sobat Pintar perlu mengendalikan pola pikir Sobat Pintar dan pada akhirnya mengubahnya menjadi hal yang lebih positif.

Salah satu trik untuk mengubah pola pikir adalah dengan tetap bersabar dan melihat segala kejadian dari sisi yang lain. Mungkin seseorang tersebut dapat menjadi lebih sukses daripada Sobat Pintar saat ini karena ia melalui proses yang tidak pernah Sobat Pintar pikirkan sebelumnya. Jadi, ubah pola pikir Sobat Pintar sekarang dan menjadi seorang yang lebih positif.

  1. Cari Penyebab Kenapa Iri Hati Dapat Muncul

Cara menghilangkan sifat iri hati selanjutnya adalah mencari penyebab dari iri hati tersebut muncul. Dengan mengetahui darimana sumber yang menyebabkan kita menjadi iri hati, otomatis kita pun lebih mudah untuk menghindarinya dan pada akhirnya menghilangkannya. 

  1. Orang Lain Adalah Orang Lain, Bukan Anda

Mungkin kalimat di atas sedikit membingungkan. Maksud dari kata „orang lain adalah orang lain” yakni adalah setiap orang memiliki jalannya masing-masing. Sobat Pintar boleh melihat kesuksesan orang lain sebagai tujuan akhir hidup Sobat Pintar, tetapi jalan yang diambil olehnya dan oleh Sobat Pintar pastinya akan berbeda. Mungkin Sobat Pintar pernah mendengar, setiap orang dapat menjiplak ide seseorang, namun ia tidak dapat menjiplak proses bagaimana ia membuat ide tersebut menjadi kenyataan. 

Nah, keempat cara menghilangkan sifat iri hati tersebut dapat Sobat Pintar lakukan secara bertahap, dari mulai mengurangi bahkan menghindari penggunaan ponsel sampai pada akhirnya mengendalikan pola pikir dalam kepala Sobat Pintar.

Di luar keempat cara tersebut sebenarnya ada beberapa cara lainnya yang mungkin berkaitan dengan kepercayaan yang Sobat Pintar yakni di antaranya yaitu:

  1. Banyak beribadah dan mengingat Tuhan, karena Tuhan menciptakan manusia tanpa ada kesamaan takdir satu sama lainnya.
  2. Selalu berbuat amal yang baik, entah saat sedang senang (banyak harta) dan bahkan saat sedang susah.
  3. Bersyukur atas apa yang sudah dimiliki oleh Sobat Pintar. Meyakini bahwa apa yang sekarang sudah Sobat Pintar miliki adalah apa yang memang layak untuk Sobat Pintar. 

Itu dia tadi cara menghilangkan sifat iri dengan cara yang mungkin tidak banyak orang lain ketahui namun tetap patut dicoba oleh Sobat Pintar. 

Bagaimana menurut Sobat Pintar? Apakah cara-cara yang sudah disebutkan diatas tadi dapat benar-benar ampuh dalam menghindari bahkan menghilangkan sifat iri dalam diri kita?

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
mobile-closeKredit PintarDownload