4 Cara Membuat Essay Agar Mudah Dipahami Pembaca

14 Jul 2021 by Laruan

Essay merupakan jenis teks yang sudah dikenal sejak dulu pada tahun 1500-an yang diperkenalkan oleh seorang filsuf luar negeri.

Pengertian essay adalah serangkaian tulisan yang mengandung opini dan mempunyai sifat yang subjektif atau argumentatif. Opini atau pandangan-pandangan pribadi  harus logis dan dapat dipahami dengan baik.

Selain itu, argumentasi yang akan disampaikan harus didukung dengan adanya fakta agar essay tersebut tidak menjadi tulisan yang fiktif atau imajinatif dari si pengarang. Tujuan dari penulisan suatu essay yaitu untuk meyakinkan para pembaca serta membuat masyarakat bisa menerima pendapat dari si penulis.

Pendapat yang disampaikan oleh si penulis mengenai suatu kejadian harus dapat meyakinkan para pembacanya. Oleh sebab itu,  si penulis harus menyertai data-data yang akurat dan benar dalam membuat essay. Inilah berbagai cara membuat essay yang mudah dipahami.

Cara Membuat Essay Agar Mudah Dipahami Pembaca

Cara Menyusun atau Membuat Essay Berdasarkan Struktur yang Benar

Sama dengan karya ilmiah yang lain, essay juga memiliki ketentuan dan struktur dalam penulisannya. Berikut ini telah kami rangkum apa saja yang harus ditulis sesuai struktur dalam penulisan essay :

  1. Paragraf Pendahuluan

Paragraf pendahuluan mempunyai tujuan untuk mengenalkan topik di dalam essay,  membangkitkan minat pembaca, dan menjelaskan latar belakang topik secara umum.

Tulisan di paragraf pendahuluan harus disajikan dengan semenarik mungkin agar mendapatkan perhatian dari si pembaca. Umumnya dibuka dengan diskusi umum atau pernyataan tentang topik, lalu fokus menyempit pada topik yang dibahas.

Kalimat pembuka menjadi kunci tulisan dan sebagai pemancing perhatian para pembaca. Kalimat berikutnya berisi sikap penulis terhadap suatu topik, gagasan, dan pendapat.

  1. Paragraf Pengembang

Pada paragraf batang atau paragraf pengembang akan menguraikan dan menjelaskan argumen penulis dengan lebih detail lagi, yang sebelumnya sudah disampaikan pada paragraf pendahuluan.

Di paragraf ini akan menjawab pertanyaan tentang apa, siapa, mengapa, dimana, kapan, dan bagaimana.  Fakta atau data pendukung juga harus dimasukkan dalam bentuk kutipan yang ringkas, objektif, dan lengkap.

Paragraf pengembang di bagian ini dapat dilakukan melalui beberapa teknik, yaitu perbandingan, kronologis, uraian berdasarkan kepada derajat kepentingan, atau kombinasi dari ketiganya. Penjelasannya perlu disusun dengan terpadu dan fokus. Dan setiap paragraf harus berisi pembahasan mengenai satu pokok bahasan.

Pada paragraf pengembang, untuk satu paragraf terdiri dari kalimat pendukung, kalimat topik, kalimat peralihan menuju paragraf berikutnya, serta kalimat simpulan apabila diperlukan. Kalimat peralihan dapat berupa frase kalimat, atau kata yang menyatakan kesinambungan suatu gagasan.

  1. Paragraf Penutup

Paragraf penyimpul atau yang biasa disebut paragraf penutup adalah paragraf terakhir dari sebuah essay.  Bagian ini biasanya berisi tentang ringkasan dari hal-hal yang penting yang sudah dibahas di paragraf pengembang. 

Selain itu juga bisa ditambahkan dengan saran dan komentar dari si penulis essay mengenai pokok masalah yang sudah dijelaskan. Pada bagian ini, tulisan harus disajikan dengan sedemikian rupa agar si pembaca bisa mendapatkan pandangan ataupun kesan tersendiri mengenai topik yang sudah dibahas.

Cara Membuat Essay Agar Mudah Dipahami Pembaca

Bagaimana Cara Membuat Essay yang Baik ?

Seorang penulis harus memperhatikan tentang cara untuk membuat essay agar tulisannya bisa terlihat lebih baik dan menarik.

Essay yang baik bisa dilihat dari pemaparan yang baik, ketajaman analisis, refleksi, serta dengan urain yang dalam dengan argumentasi yang kuat. Essay yang ditulis harus mudah dipahami oleh para pembacanya. Berikut ini merupakan beberapa cara dalam membuat essay yang perlu Sobat Pintar ketahui, yaitu :

  1. Tentukan Tujuan dan Tema Penulisan Essay 

Sebelum membuat sebuah essay tentunya terlebih dahulu Sobat Pintar harus menentukan tujuan dari penulisan essay yang akan Sobat Pintar buat. Tujuan dari pembuatan suatu essay ada bermacam-macam tergantung dari tema essay yang Sobat Pintar gunakan. Misalnya essay ilmiah tentu akan berbeda dengan essay untuk beasiswa.

Tahap ini memiliki tujuan agar bisa mempermudah penulis dalam menentukan format essay yang akan dibuatnya. Sobat Pintar juga perlu menentukan tema penulisan essay. Tema essay biasanya diangkat dari sebuah konflik untuk dicarikan solusi yang tepat bagi konflik tersebut.

Tema lebih baik dipilih sesuai dengan apa yang dikuasai dan disukai oleh si penulis essay. Hal ini bertujuan agar penulis bisa menyajikan tulisan dengan luwes karena menulis dengan tema sesuai dengan bidang yang dikuasai. 

  1. Membuat Outline atau Kerangka Tulisan

Cara berikutnya untuk membuat suatu essay yaitu, membuat outline atau kerangka tulisan. Kerangka tulisan ini bisa Sobat Pintar buat dalam bentuk daftar diagram alir atau kalimat yang singkat.  Bagi seorang penulis essay perlu banyak membaca serta mencari informasi agar dapat memperkaya dalam suatu gagasan tertentu.

Saat sedang membuat kerangka tulisan  ada baiknya apabila si penulis terlebih dahulu menentukan batasan tema yang akan dibahas agar tema yang sudah dipilih bisa dibahas secara lebih mendalam.

  1. Mengembangkan Tulisan Sesuai Struktur

Ide atau gagasan pada suatu essay yang baik akan disajiakn sesuai dengan struktur essay yang jelas supaya mudah dipahami oleh para pembacanya.

Dan harus diperhatikan pula bahwa essay tersebut sudah menggunakan bahasa yang baik dan benar. Selain itu, penggunaan kalimat juga harus efektif, tanda baca, ejaan, dan diksi yang baik juga harus diperhatikan. Dalam mengembangkan suatu tulisan essay,  harus dipastikan bahwa setiap paragraf telah memuat kalimat utama.

Kalimat utama akan menjadi fokus untuk argumentasi yang hendak disampaikan. Selanjutnya kalimat utama ini akan diikuti dengan beberapa kalimat pendukung yang dapat mengembangkan suatu argumentasi.

Contoh dan bukti yang efektif juga harus disampaikan secara lengkap agar dapat meyakinkan para pembaca. Bukti tersebut bisa berupa tentang pernyataan para pakar atau dari penulis lainnya. Bagi penulis harus memperhatikan juga bahwa jika Sobat Pintar mengutip pernyataan dari orang lain maka Sobat Pintar perlu menyertakan referensi yang Sobat Pintar pakai. 

Gunakanlah cara penulisan kutipan yang konsisten dan efektif. Penggunaan kata transisi juga perlu diperhatikan agar tulisan bisa mengalir serta enak dibaca. Kata transisi yang bisa dipakai contohnya, disisi lain, selain itu, dan karena itu.

  1. Menyunting Tulisan, Cara Terakhir dalam Membuat Essay

Cara selanjutnya dalam membuat essay yaitu si penulis harus melakukan kegiatan menyunting sebelum mengakhiri proses penulisan tersebut. Hal ini dilakukan agar essay yang telah disusun bisa memenuhi syarat penulisan essay yang baik serta menarik. 

Langkah ini bisa dilakukan dalam menyunting tulisan antara lain yaitu meneliti format penulisan, meneliti bahasa yang dipakai, meneliti kepaduan dan kesatuan dalam penggunaan paragraf untuk menyampaikan gagasan, dan meneliti tulisan secara keseluruhan.

Kesimpulan

Itulah pembahasan mengenai struktur dan cara-cara dalam pembuatan essay yang baik. Penulisan essay memanglah harus diperhatikan dengan sebaik mungkin, bukan hanya dari pemikiran pribadi dari si penulis tetapi harus berdasarkan dengan fakta dan disertai data-data yang akurat.

Semoga dengan pembahasan yang kami rangkum diatas tentang struktur dan cara membuat essay tersebut bisa membantu Sobat Pintar dalam penulisan essay.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk