3 Cara Ikut Flash Sale untuk Penjual di E-Commerce

12 Aug 2021 by Laruan, Last edit: 10 Aug 2021

Perkembangan digital saat ini cukup pesat. Keberadaan online shop mampu menggeser eksistensi toko konvensional. Bahkan jumlah transaksi platform digital semakin meningkat selama pandemi Covid-19. Mobilitas dan kerumunan dibatasi, hingga menyebabkan toko-toko offline terpaksa gulung tikar. Sehingga hal tersebut membuat pandemi sekarang ini merupakan era terbaik bagi para penggiat bisnis online. Ini dia cara ikut flash sale untuk penjual

Cara Ikut Flash Sale untuk Penjual di E-Commerce

Keuntungan Ikut Flash Sale untuk Penjual

Berjualan dengan sistem reguler sudah cukup menguntungkan bagi para marketer. Bagaimana bila ditambah lagi dengan hadirnya momentum flash sale? Otomatis hal ini bisa membuat tingkat penjualan semakin meningkat.

Salah satu platform yang sering membuka kesempatan flash sale adalah . Jika Sobat Pintar bermaksud meningkatkan penjualan dan memperbesar pangsa bisnis Sobat Pintar, sebaiknya ikuti event ini untuk menarik perhatian konsumen.

Beruntungnya  ternyata memberikan cara yang sangat mudah dan menguntungkan. Tidak heran jika setiap penjual berlomba-lomba mendapatkan kesempatan tersebut, sebab berhubungan langsung dengan profit jualan produknya.

Cara Ikut Flash Sale untuk Penjual di E-Commerce

Berikut keuntungan mengikuti acara flash sale untuk penjual antara lain:

  1. Meningkatkan angka penjualan. Setidaknya 50% produk yang ikut berpartisipasi dalam flash sale  laku terjual.
  2. Produk ditampilkan di halaman utama. Sehingga lebih banyak kemungkinan audience mengklik untuk melihat lebih jauh produknya, kemudian mereka melakukan pembelian.
  3. Efektif untuk branding dan promosi. Produk dan toko Sobat Pintar lebih mudah dan cepat dikenal secara luas bila melakukan branding dan promosi dengan baik karena dengan 2 hal ini akan membuat semua orang yang mulanya tidak mengenal produk tertentu menjadi mengenalnya dari promosi yang disampaikan.
  4. Menaikkan rating. Dari banyaknya jumlah produk terjual, kepercayaan konsumen semakin meningkat yang sekaligus meningkatkan rating toko. Itulah kenapa banyak penjual  selalu ingin mengikuti program acara flash sale ini.
  5. Meningkatkan reputasi penjual. Mengikuti flash sale memungkinkan toko mendapat reputasi baik. Tentunya didukung dengan kualitas pelayanan yang memuaskan.

Maka dari itu bila ingin mendapatkan manfaatnya, sebaiknya pahami dulu persyaratan untuk mengikuti program flash sale bagi penjual. Selanjutnya setelah mengetahui apa saja yang perlu disiapkan, maka segera daftarkan diri supaya bisa ikut program tersebut.

Syarat Utama Ikut Program Flash Sale 

Sebelum membahas cara ikut flash sale untuk penjual, terlebih dahulu perlu diketahui persyaratannya. Terdapat mekanisme khusus untuk menentukan apakah penjual berhak mengikuti event tersebut atau tidak.

Berikut 13 syarat utama yang harus Sobat Pintar penuhi bila ingin mengikuti program flash sale tersebut:

  1. Peserta haruslah seller terpilih yang ditunjuk  melalui sebuah undangan.
  2. Penjual hanya berhak menjual produk yang sudah ada di etalase .
  3. Barang yang ditawarkan harus sesuai dengan yang ada pada campaign.
  4. Jumlah stok disesuaikan dengan program flash sale setiap periodenya.
  5. Pemesanan lebih dari jumlah stok akan langsung dibatalkan oleh sistem.
  6. Cara ikut flash sale untuk penjual harus tetap aktif selama program berlangsung dan memastikan barang masih kondisi baru.
  7. Wajib menggunakan foto produk yang bersih dari watermark dan jelas.
  8. Untuk kategori makanan, minuman, kosmetik harus memiliki ijin edar BPOM.
  9. Produk yang memiliki masa kadaluarsa setidaknya harus lebih dari 1 bulan sebelum masa berakhirnya.
  10. Potongan harga atau diskon yang dicantumkan adalah beban penjual.
  11. Harga yang dicantumkan dalam penawaran adalah harga net setelah pemotongan.
  12. Penjualan tidak diperkenankan mengaktifkan harga grosir.
  13. Barang yang dijual harus legal, tidak melanggar hukum seperti alkohol, rokok, hewan, pestisida, senjata tajam dan sebagainya yang telah diatur dalam ketentuan.

Cara Ikut Flash Sale untuk Penjual di Tokopedia

Cara ikut flash sale untuk penjual cukup mudah, sudah ada step by step yang dijelaskan dalam ketentuannya. Sobat Pintar cukup mengikuti arahannya tersebut dengan tepat. Namun pastikan dulu bahwa anda mendapatkan undangan  supaya bisa mengikuti acara tersebut.

Di bawah ini adalah cara ikutan program flash sale untuk penjual:

  1. Lakukan login ke akun . Periksa pesan yang ada, ini berisi undangan. Setelah benar, klik pada tombol “yuk daftar sekarang!”
  2. Isi formulir yang sudah tersedia. Sobat Pintar akan diminta mengisi data diri, link toko, nama dan kategori produk, harga asli, harga setelah diskon, jumlah stok dan seterusnya. Setelah pengisian sampai selesai, klik “submit”. Selanjutnya tinggal menunggu hasil verifikasi dari tim .
  3. Jika tidak ada masalah pada data dan ketentuan foto produk, maka toko Sobat Pintar akan langsung tayang secara otomatis. Namun jika terdapat pengembalian, Sobat Pintar perlu memperbaiki apa yang salah, kemudian mendaftarkan kembali toko Sobat Pintar tersebut.

Tersedia 4 event flash sale yang dibuka untuk penggunanya. Yaitu kejar diskon, kejar diskon spesial, TokoMart, Tokopedia Jam, dan masih banyak lagi. 

Banyak kesempatan bagi Sobat Pintar yang masih baru untuk mengikuti event tersebut.Untuk memeriksa apakah Sobat Pintar mendapatkan undangan mengikuti flash sale atau tidak bisa langsung melakukan pengecekan melalui email. 

Jadi cukup login email dan langsung periksa pesannya. Selain itu, undangan dari Tokopedia juga bisa juga dilihat dari Top Chart, Seller Info, dan ada juga yang disampaikan melalui telepon.

Tips Bagi Sobat Pintar yang Ingin Ikut Flash Sale 

Bisa ikut ke dalam program flash sale merupakan hal yang paling ditunggu-tunggu oleh para seller. Karena saat mengikutinya, hal ini membuat seller mendapat kesempatan untuk meraih keuntungan. Meski mereka masih harus menanggung potongan harga yang dipilih. 

Namun jangan khawatir, lakukan beberapa tips ini supaya tetap untung saat mengikuti program flash sale tersebut:

  1. Perhatikan margin yang sudah anda tetapkan sebelum melempar produk untuk dijual. Usahakan lebih lebar sehingga fleksibel ketika akan memberikan potongan harga.
  2. Pasang harga di bawah harga normal yang menggiurkan. Manfaatkan efek psikologis, misalnya menggunakan nominal Rp 39.999. Seolah terbaca Rp 30.000-an padahal sudah mendekati Rp 40.000. Biasanya cara ini efektif membuat calon konsumen merasa tertarik dan ingin membeli produk tersebut.
  3. Pasang produk unggulan. Yaitu produk yang selalu mendapatkan respon positif dengan banyaknya angka penjualan. Ini mengindikasikan bahwa minat konsumen cukup tinggi.
  4. Perhatikan syarat upload foto produk. Pastikan menggunakan gambar yang jelas, tidak blur, pencahayaan tepat sehingga lebih real dan menarik untuk dilihat.
  5.  Isi deskripsi. Isi deskripsi produk dengan jelas yang betul-betul merepresentasikan kondisi sebenarnya. Gunakan penamaan produk yang jitu dengan urutan, jenis produk + merk + keterangan + kalimat promosi.

Update stok dan pastikan mencukupi sehingga tidak mengecewakan calon konsumen. Karena kebanyakan konsumen akan kabur saat toko tujuannya tidak memiliki produk yang lengkap.

Jadi dengan mengikuti program flash sale tidak hanya bisa membuat penjualan semakin meningkat dan mendapat keuntungan secara signifikan. Namun sebagai penjual Sobat Pintar harus profesional menerapkan cara ikut flash sale dengan benar supaya keuntungan yang diperoleh bisa maksimal.

Ingin Mulai Jualan Tapi Modal Tidak Cukup? Kredit Pintar Solusinya

Bagi Sobat Pintar yang ingin ikutan flash sale namun tidak memiliki modal yang cukup untuk stok barang, Sobat Pintar bisa melakukan pinjaman online melalui Kredit Pintar

Kredit Pintar menyediakan layanan peminjaman dana terpercaya dengan proses yang tidak terlalu sulit. Sobat Pintar bisa meminjam uang hingga Rp 8 juta dengan bunga rendah. 

Tidak perlu khawatir karena Kredit Pintar merupakan lembaga yang telah terdaftar dan diawasi oleh OJK. Download aplikasinya untuk mengajukan pinjaman!Itulah beberapa cara ikut flash sale untuk penjual di platform e-commerce seperti Tokopedia. Mudah-mudahan Sobat Pintar bisa meraup keuntungan sebesar-besarnya!

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
10 Aug 2021
Pinjam kilat 20 juta!Download