10+ Cara Membersihkan Panci Gosong

27 Jul 2021 by Laruan

Apabila Sobat Pintar adalah seseorang yang banyak berkegiatan di dapur, tentu panci dalam keadaan gosong merupakan sesuatu yang menjengkelkan bagi Sobat Pintar. Sobat Pintar pasti ingin setiap peralatan memasak Sobat Pintar tetap ada dalam keadaan baik sehingga bisa lebih awet dan dipakai dalam jangka waktu yang lama.

Untuk menjaga panci Sobat Pintar terbebas dari kerak dan gosong, Sobat Pintar perlu mengetahui cara membersihkan alat masak tersebut. Cara tersebut dinilai sudah ada dan diwariskan secara turun temurun sejak zaman nenek moyang kita. Berikut adalah beberapa hal yang perlu Sobat Pintar ketahui mengenai cara membersihkan panci gosong:

cara membersihkan panci gosong

Cara Membersihkan Gosong pada Bagian Luar Panci

Gosong pada bagian luar panci kebanyakan disebabkan oleh jelaga. Apabila jelaga ini dibiarkan bertumpuk di permukaan panci atau alat masak lainnya, maka bercak gosong akan muncul, terutama pada permukaan panci yang bergelombang atau tidak rata. Oleh karena itu, jelaga ini harus ditangani.

Untuk membuat panci Sobat Pintar terhindar dari bercak gosong, berikut adalah beberapa tahapan yang perlu Sobat Pintar lakukan:

  1. Siapkan air panas, lalu tuangkan ke dalam ember atau wadah lainnya yang muat untuk menampung panci atau alat masak lainnya yang ingin dibersihkan.
  2. Ambil secangkir cuka dan secangkir bubuk soda kue, lalu tambahkan ke dalam air panas. Aduk kedua bahan ini hingga tercampur.
  3. Kemudian, celupkan panci atau alat masak lainnya sampai bagian luarnya yang gosong terendam air. Agar panci atau alat masak lainnya tidak mengambang, Sobat Pintar bisa meletakkan pemberat di dalamnya.
  4. Biarkan panci atau alat masak ini semalaman sampai jelaga membandel dapat melunak.
  5. Terakhir, cuci panci atau alat masak lainnya ini dengan sabut spons seperti biasa.
cara membersihkan panci gosong

Cara Membersihkan Kerak Gosong pada Bagian Dalam Panci

Selain bagian luarnya, bagian dalam panci pun rentan untuk memiliki kerak gosong. Biasanya, kerak gosong ini berasal dari sisa-sisa makanan yang dibiarkan menempel di dalam panci setelah Sobat Pintar memasak cukup lama. Sisa-sisa makanan ini lama-lama akan menjadi kerak serta lapisan yang dapat menghalangi panas.

Untuk menghindari adanya kerak gosong pada bagian dalam panci, sebisa mungkin Sobat Pintar segera membersihkan alat masak Sobat Pintar ini setelah dipakai. Namun ada cara ampuh yang bisa Sobat Pintar lakukan untuk mengatasi gosong satu ini. Katanya, cara ini merupakan cara tradisional yang biasa dilakukan oleh orang-orang tua di zaman dulu. Berikut adalah beberapa tahapannya:

  1. Sobat Pintar tidak boleh memaksa membersihkan kerak gosong sisa makanan pada panci dengan benda yang terbuat dari logam, seperti sendok atau pisau. Sobat Pintar harus membuat kerak gosong tersebut melunak terlebih dahulu.
  2. Kosongkan panci atau alat masak lain, apabila sebelumnya terisi. Setelah kosong, langsung isi panci tersebut dengan air sampai bagian yang ditempeli kerak gosong sisa makanan dapat terendam.
  3. Taruh panci atau alat masak lain Sobat Pintar di atas bara api kecil pada kompor Sobat Pintar.
  4. Biarkan alat masak tersebut, hingga air yang ada di dalamnya mendekati titik didih.
  5. Dalam keadaan masih di atas kompor, kelupas kerak gosong pada panci perlahan-lahan menggunakan sendok kayu. Lakukan secara tipis-tipis tanpa memaksa kerak yang masih keras. Tahapan ini perlu dilakukan hingga semua kerak terlepas.
  6. Buang air kotor yang ada dalam panci. Setelahnya, cuci alat masak Sobat Pintar tersebut dengan sabun cuci piring cair agar sisa-sisa minyak dapat larut.

Apabila kerak gosong karena sisa makanan di dalam panci sudah terlanjur mengeras, terlalu lama diabaikan, dan akhirnya menumpuk, Sobat Pintar perlu memakai cara berikut ini untuk dapat membersihkan gosong tersebut:

  1. Isi panci dengan air hingga bagiannya yang memiliki kerak gosong terendam.
  2. Tuang secangkir cuka ke dalam air tersebut.
  3. Didihkan campuran air dan cuka tersebut, lalu angkat panci dari kompor.
  4. Masukkan 2 sendok makan bubuk soda kue ke dalam panci.
  5. Nantinya gelembung-gelembung udara akan muncul pada dasar panci. Biarkan ia selama 10 menit.
  6. Terakhir, gunakan sabut cuci piring untuk menggosok bagian kerak gosong hingga bersih. Setelahnya, cuci seperti biasa.

Itulah beberapa hal yang mesti Sobat Pintar ketahui mengenai cara membersihkan panci yang gosong. Selain harus rutin membersihkan, Sobat Pintar pun perlu melakukan pencegahan agar panci serta alat masak Sobat Pintar yang lainnya tidak gosong. Pastikan alat-alat memasak Sobat Pintar selalu terjaga kebersihannya agar dapat Sobat Pintar pakai dalam jangka waktu yang cukup panjang.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
mobile-closeKredit PintarDownload