Wisata Pangalengan: Destinasi Wisata Alam Terbaik untuk Liburan

13 Dec 2023 by kreditpintar, Last edit: 14 Dec 2023

Di Jawa Barat, ada ribuan tempat wisata menarik yang tersebar di berbagai Kota dan Kabupaten. Misalnya seperti wisata Pangalengan yang terkenal dengan pemandangan alam indah dan suasana sejuknya. 

Pengalengan sendiri merupakan sebuah Kecamatan di Kabupaten Bandung yang menjadi pusat perkebunan, peternakan dan juga pertanian. Hal ini membuat Pengalengan menjadi tempat liburan yang asri sekaligus menyenangkan. 

Baca juga: Wisata Temanggung Keindahan Alam dan Kuliner

Sobat Pintar bisa menikmati pemandangan indah dan udara segar sambil melepas penat akibat kesibukan sehari-hari. Agar tidak kebingungan dalam memilih, Kredit Pintar sudah menyiapkan 10 daftar objek wisata Pangalengan yang akan memberikan pengalaman liburan yang berbeda.

Objek Wisata Pangalengan yang Cocok untuk Liburan

Saat menjalani kesibukan sehari-hari dalam waktu yang lama, Sobat Pintar akan sampai pada titik jenuh dan penat dengan rutinitas. Jika sudah begitu, kamu harus meluangkan waktu untuk liburan sambil mengistirahatkan diri dan pikiran.

Nah, berikut ini 10 daftar wisata Pangalengan yang bisa dikunjungi untuk menghabiskan waktu libur.

Sunrise Point Cukul

Sunrise Point Cukul merupakan objek wisata yang sering dikunjungi oleh masyarakat yang ingin menikmati view matahari terbit. Lokasinya terletak di ketinggian 1.600 mdpl sehingga Sobat Pintar bisa melihat jelas pemandangan sunrise yang indah. 

Tak hanya itu, kamu juga bisa melihat hamparan kebun teh yang luas sambil merasakan udara yang sejuk. Sebagian besar pengunjung memilih berkemah di tempat ini agar tak ketinggalan view spektakuler di pagi hari. 

Jika tertarik, Sobat Pintar bisa langsung pergi ke Jalan Cukul, Sukaluyu, Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung. Setiap pengunjung yang datang dikenakan tiket masuk sebesar Rp10.000 rupiah. Jadi jangan lupa siapkan uang pas ya!

Sungai Palayangan

Kalau kamu termasuk orang yang senang berlibur sambil melakukan kegiatan di alam bebas, maka Sungai Palayangan jadi tempat wisata yang paling tepat. Di sini Sobat Pintar bisa melakukan rafting atau arung jeram dengan lintasan sepanjang 6 kilometer!

Sungai Palayangan adalah sungai yang berada di ketinggian 1.200 mdpl dan membentang dari Situ Cileunca hingga Hutan Pinus Rahong dengan lebar sekitar 3,5 meter. Arus yang deras dan bebatuan yang tersebar di sepanjang jalur membuat kegiatan arung jeram di Sungai Palayangan menjadi cukup menantang.

Meski begitu, tingkat kesulitannya bervariasi sehingga baik pemula maupun yang sudah ekspert bisa ikut menikmati kegiatan arung jeramnya. Yang lebih menarik lagi, sungai ini dikelilingi oleh hutan pinus, kebun sayuran, serta perkebunan teh yang bisa menjadi spot wisata bersama keluarga. 

Curug Panganten Kembar

Curug Panganten Kembar adalah dua buah air terjun yang berdampingan seperti pengantin dan dikelilingi oleh hutan tropis hijau. Sobat Pintar bisa datang ke sini jika ingin merasakan udara yang segar sambil menyaksikan air sungai yang bersih dan jernih. 

Lokasinya terletak di Margamulya, Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung yang bisa diakses dengan kendaraan pribadi maupun transportasi umum. Setiap pengunjung yang ingin masuk ke kawasan Curug Panganten Kembar harus membayar tiket masuk seharga Rp5.000 per orang. Cukup murah, bukan? 

Baca juga: 8 Wisata Magelang yang Hits dan Viral

Hutan Pinus Rahong

Buat Sobat Pintar yang tinggal di sekitar Jakarta dan ingin menikmati pemandangan khas pegunungan, Hutan Pinus Rahong bisa jadi tempat yang tepat. Lokasinya yang mudah dijangkau membuat tempat wisata ini sering dipenuhi oleh wisatawan saat waktu libur tiba. 

Selain itu, ada daya tarik lain yang sayang untuk dilewatkan, yaitu beberapa wahana permainan seru. Mulai dari paintball, flying fox, hingga camping ground ada di sini. Jadi kamu liburan sambil bermain bersama keluarga. 

Untuk menikmati semua aktivitas seru yang ada di Hutan Pinus Rahong, Sobat Pintar hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp10.000 untuk membayar tiket masuk. 

Wayang Windu Panenjoan

Objek wisata Pangalengan yang satu ini berada di daerah Banjarsari, Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung. Daya tarik utamanya berupa 13 hektar kebun teh di ketinggian 1.800 mdpl dengan latar belakang pemandangan gunung-gunung di kawasan Bandung Selatan. 

Di sini kamu bisa berburu foto sepuasnya karena ada banyak spot foto yang sangat menarik. Yang tak kalah menarik, untuk menikmati keindahan pemandangan di Wayang Windu Panenjoan, kamu hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp10.000 untuk tiket masuk, dan Rp3.000 sampai Rp5.000 untuk tiket parkir. 

Situ Cileunca

Situ Cileunca berada di Desa Pulosari dengan luas 180 hektar dan dikelilingi oleh kebun Teh Malabar. Objek wisata Pangalengan yang satu ini sangat terkenal di kalangan wisatawan karena ada banyak kegiatan menarik yang bisa dilakukan. 

Pertama, kamu bisa melakukan rafting dengan arus air yang lumayan kencang. Kemudian, kamu juga bisa menginap di villa atau hotel yang tersebar di sekitar situ. Terakhir, kamu bisa menaiki perahu kayu untuk menyusuri situ. 

Kebun Teh Malabar

Tak jauh dari Situ Cileunca, ada Kebun Teh Malabar yang menyuguhkan pemandangan sunrise memorable kepada wisatawan. Namun, Sobat Pintar harus datang saat dini hari sebelum matahari terbit. 

Setelah menikmati pemandangan sunrise, kamu bisa melihat kegiatan warga setempat memetik teh secara langsung. FYI, setiap hari ada lebih dari 1.800 orang yang beraktivitas di kebun teh ini dan mampu menghasilkan sekitar 60 kg pucuk teh! Bagaimana, tertarik untuk mengunjungi tempat wisata Pangalengan yang satu ini?

Baca juga: Wisata Pemandian Air Panas Paling Menarik

Nimo Highland Pangalengan

Nimo atau Nini Mountain adalah salah satu objek wisata Pangalengan yang sedang digandrungi oleh anak muda belakangan ini. Lokasinya terletak di Gunung Nini dan memiliki bangunan dengan desain dan interior yang unik. 

Tak hanya itu, Sobat Pintar juga bisa menemukan spot foto estetik berupa jembatan kaca sepanjang 150 meter. Jika berdiri di jembatan ini, kamu bisa melihat pemandangan alam indah kebun teh, pegunungan, danau, dan hutan dengan sangat jelas. 

Taman Langit Pangalengan

Objek wisata Pangalengan selanjutnya yang tak kalah menarik adalah Taman Langit. Sejak diresmikan pada akhir tahun 2020 lalu, tempat ini sukses merebut perhatian banyak wisatawan dari seluruh Indonesia. 

Daya tarik utama tempat wisata ini adalah hamparan kebun teh dan pemandangan sunrise serta sunset yang indah. Sebagian besar wisatawan rela berkemah di sini untuk bisa menyaksikan pemandangan menakjubkan tersebut secara langsung. 

Biasanya, wisatawan akan membuat api unggun sambil bercengkrama untuk menghabiskan waktu sebelum pagi tiba. Saat pagi, sunrise dan kabut akan muncul bersamaan dan menghasilkan panorama menakjubkan yang sulit untuk dilupakan.  

Curug Ceret

Selain Curug Panganten Kembar, Curug Ceret juga kerap menjadi pilihan bagi wisatawan yang berlibur di Pangalengan. Nama “Ceret” terinspirasi dari air terjun yang menyiprat dan membasahi jalanan di sekitarnya. 

Dengan ketinggian sekitar 5 meter, tak jarang muncul pelangi kecil di air terjun tersebut dan membuat pemandangan menjadi lebih indah. Lokasinya terletak di daerah Pulosari, Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung. 

Setiap wisatawan yang datang ke tempat wisata Pangalengan yang populer ini, harus membayar tiket masuk seharga Rp10.000. Well, harga yang murah untuk melepas penat sambil menikmati keindahan alam, bukan?

Baca juga: 6 Tempat Wisata di Bali yang Top Rating

Artikel tentang Wisata Pangalengan ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
14 Dec 2023
mobile-close
Pinjam kilat 20 juta!Download