Kenalan dengan Metode Pembayaran Split Payment

23 Aug 2023 by kreditpintar, Last edit: 28 Aug 2023

Di zaman modern seperti saat ini, kebanyakan orang yang melakukan transaksi pasti tidak asing lagi dengan namanya split payment. Ternyata, ini merupakan salah satu metode pembayaran yang sering dilakukan. Nah, sesuai dengan namanya, sudah pasti metode pembayaran yang dimaksud adalah metode pembayaran terpisah. Bisa juga dikatakan sebagai pembagian cara bayar yang memang menggunakan lebih dari satu sumber pembayaran. Metode pembayaran satu ini sudah banyak diterapkan di berbagai platform. Terutama platform uang memang sudah dilengkapi dengan sistem pembayaran. Bisa dibilang split payment adalah sebuah metode mudah untuk memfasilitasi seseorang yang ingin melakukan pembayaran dari beberapa sumber pembayaran itu sendiri.

Split payment

Baca juga: Panduan Lengkap Pinjaman Online

Karena penggunaan sumber pembayaran yang berbeda-beda, membuat kamu bisa dengan mudah menyelesaikan satu transaksi yang sama. Untuk mengetahui berbagai hal mengenai metode ini, berikut pembahasan singkatnya. 

Bagaimana Cara Melakukan Split Payment? 

Tentu saja pertanyaan ini akan sering muncul, mengingat tidak semua orang tau bagaimana cara melakukan split payment. Biasanya memang setiap toko memiliki kebijakan tersendiri dalam menerima pembayaran. Nah, ada yang memperbolehkan melakukan pembayaran terpisah dan tidak. Untuk merchant atau toko yang memperbolehkan, biasanya mereka memperbolehkan membayar setengah dengan uang cash, dan setengah lagi dengan uang digital. Nantinya, jika uang yang kamu bawa tidak memenuhi untuk melakukan pembayaran, maka akan diarahkan untuk melakukan pembayaran secara online. Baik melalui e-wallet atau aplikasi bank. 

Bagaimana Contoh Split Payment di Lapangan? 

Biasanya, untuk memahami sesuatu diperlukan contoh konkrit yang memang mudah untuk dipahami. Nah, berikut ini ada beberapa contoh split payment yang bisa ditemukan. 

1. Split Paymet di Toko Offline 

Seperti yang sudah disinggung di atas, ada beberapa merchant atau toko yang menerima pembayaran secara terpisah. Tentu saja, hal ini sangat dicari oleh beberapa orang yang kebetulan tidak membawa uang cukup. Bahkan, beberapa toko juga kadang menyediakan sistem cicilan untuk membayar sisa pembayarannya. Nah, misalnya ada seorang mahasiswa yang memang membutuhkan laptop. Hanya saja, uang yang dimiliki belum cukup. Kemudian, dia melakukan survey di beberapa tempat dan berakhir mendapatkan toko dengan sistem pembayaran split payment ibox dan laptop. Nantinya, tentu saja mahasiswa tersebut bisa membayar dengan uang yang dimiliki. Kemudian, sisanya ada yang menyediakan cicilan. Tentu saja dengan hal ini semuanya bisa terbantu. 

2. Split Payment untuk Transaksi Online 

Contoh split payment selanjutnya adalah pada transaksi online. Di mana saat ini memang banyak sekali transaksi online yang bisa dilakukan. Bahkan, untuk sekedar melakukan pembelian di e-commerce. Nah, menariknya beberapa seller menerapkan metode pembayaran ini untuk membantu para pembelinya. Biasanya, karena biaya admin yang dibebankan kepada toko seller relatif besar, maka mereka menyediakan metode pembayaran ini. Nantinya, pembeli bisa melakukan pembayaran terlebih dahulu melalui e-wallet atau rekening yang dimiliki seller, kemudian sisanya dibayar ketika akan melakukan check out barang. Split paymet shopee merupakan salah satu contohnya. Hanya saja, ketika barang yang dikirim hilang, maka tidak bisa meminta ganti sesuai yang sudah dibayarkan kepada shopee. 

3. Split Payment Gaji 

Ternyata, masih banyak sekali contoh dari pembayaran secara terpisah ini. Hal tersebut menjadi bukti bahwa memang kebanyakan orang membutuhkan metode pembayaran ini. Bahkan, perihal gaji pun ada yang menerapkan sistem ini. Nah, beberapa perusahaan ada yang menerapkan sistem split payment gaji. Tentunya hal ini memiliki keuntungan bagi masing-masing pihak. Hanya saja memang tidak bisa dipukul rata bahwa setiap perusahaan memiliki metode pembayaran seperti ini. 

Apa Saja Manfaat Split Payment Untuk Pembeli? 

 Dari berbagai penjelasan di atas, sudah pasti mengenai manfaat ini banyak ditanyakan. Tidak hanya manfaat untuk penjual saja, tetapi juga terdapat banyak manfaat untuk pembeli. Nah inilah beberapa manfaatnya untuk pembeli. 

1. Sebagian Pembayaran Bisa Dilakukan Secara Cicilan 

Manfaat pertama yang bisa ditemukan dari split payment adalah sebagian pembayarannya bisa dilakukan secara cicilan. Hal ini sesuai dengan apa yang sudah disinggung di atas. Di mana memang kamu tidak perlu khawatir mengenai sisa dari pembayarannya. Biasanya untuk cicilan ini ada beberapa pilihan bulan. Pilihlah yang sesuai dengan budget yang dimiliki. Sehingga, nanti tidak merasa terbebani dengan pembayaran yang rutin dilakukan. 

Split payment

Baca juga: Wajib Tahu! Cara Transfer LinkAja ke E-Wallet Lainnya! 

2. Bisa Mengatur Keuangan dengan Lebih Mudah 

Manfaat lain yang bisa didapatkan adalah bisa dengan mudah mengatur keuangan. Biasanya, beberapa orang memiliki alokasi dana khusus setiap rekening atau dompet digital yang dimiliki. Hal ini dilakukan untuk menghindari beberapa hal buruk. Nah, ketika sedang ingin membeli barang atau kebutuhan, tetapi uang tidak cukup dari satu rekening, maka bisa dengan membayar melalui rekening lain. Hal ini sangat sering dilakukan oleh orang-orang. Mengingat kadang mereka menerapkan limit pada rekeningnya. 

3. Bisa Membeli Barang Impian 

Split payment deposit juga sangat memungkinkan kamu untuk mendapatkan barang impian dengan uang tabungan yang dimiliki. Dalam hal ini uang tabungan tersebut tidak cukup untuk membeli barangnya. Alhasil, bisa melakukan pembayaran terpisah dengan sistem cash atau cicilan. Kemudahan ini tentu banyak dimanfaatkan oleh orang lain dan tentunya akan sangat menguntungkan. Siapa saja bisa dengan mudah mendapatkan barang yang diinginkannya sejak lama. 

Apa Saja Manfaat Split Payment Untuk Penjual? 

Nah, kali ini kita bahas manfaat dari sudut pandang penjual. Sebut saja salah satunya adalah split payment tokopedia yang tentunya memberi manfaat bagi para pemilik toko. 

1. Bisa Meningkatkan Angka Penjualan 

Manfaat pertama yang bisa dirasakan oleh para penjual adalah angka penjualan yang semakin meningkat. Hal ini bisa terjadi karena semakin canggihnya teknologi, orang-orang semakin ingin mendapatkan cara instan. Salah satunya adalah dengan membeli barang menggunakan metode pembayaran satu ini. Sebagai pemilik toko, cobalah untuk memikirkan metode pembayaran split payment. Setidaknya, meskipun penjualan meningkat sedikit demi sedikit, tetapi bisa sangat membantu kelangsungan dari toko. 

2. Bisa Menambah Reseller atau Distributor 

Memiliki banyak reseller atau distributor tentu menjadi impian banyak pengusaha. Di mana, dengan bantuan merekalah penjualan bisa terus meningkat setiap waktunya dan tentu saja akan mendapatkan keuntungan yang lebih banyak. Nah, untuk mendapatkan reseller atau distributor yang banyak, maka bisa dengan cara menyediakan metode pembayaran ini. Metode split payment bisa diterapkan kepada setiap mitra. Sehingga nantinya untuk para reseller bisa mempermudah usahanya. Dari sini bisa muncul hubungan timbal balik yang saling menguntungkan.

Split payment

Itulah berbagai hal mengenai split payment yang harus kamu ketahui. Metode pembayaran satu ini sudah banyak dipilih dan digunakan. Selain karena memang mempermudah pembeli  juga bisa membantu meningkatkan penjualan bagi para penjual.

Baca juga: Apa itu Paylater

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech berizin dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

28 Aug 2023
mobile-close
Pinjam kilat 20 juta!Download