Serba-Serbi Mobil Listrik Indonesia Yang Harus Kamu Ketahui

20 Apr 2021 by Laruan
mobil listrik indonesia

Listrik sebagai bahan bakar mobil listrik bersumber dari baterai yang secara kapasitas mendukung mobil listrik. Terlepas dari sedikitnya tempat pengisian bahan bakar mobil listrik di Indonesia, mobil listrik Indonesia ternyata telah menjadi trending topic sejak adanya penelitian dari berbagai lembaga beberapa tahun silam.

Tidak hanya para pecinta mobil yang menunggu kemunculan berbagai mobil listrik Indonesia keluaran terbaru maupun hasil rombak ulang mobil listrik edisi sebelumnya. Masyarakat umum pun nampak sangat menggandrungi jenis mobil masa depan satu ini. Bahkan, proyeksi penjualan mobil listrik di Indonesia diprediksi mengalami kenaikan pada 2023-2030.

Begitu trending topic-nya mobil listrik Indonesia sehingga tidak heran beberapa di antara kamu penasaran akan serba-serbinya. Sebagai permulaan, kamu akan belajar mengenal kelebihan dari jenis mobil yang satu ini:

Kelebihan Mobil Listrik

Semua produk yang sangat diminati masyarakat pasti memiliki kelebihan, entah itu dalam hal harga jualnya atau kualitasnya yang berbeda dibandingkan produk serupa. Tidak terkecuali mobil listrik Indonesia.

Mobil listrik sendiri merupakan jenis mobil yang hemat energi. Dibandingkan dengan mobil dan kendaraan bermotor lainnya yang sumber bahan bakarnya dari gas, mobil listrik tidak menghasilkan emisi karbon.

Emisi karbon sendiri termasuk dalam ragam zat berbahaya bagi lingkungan hidup dan kesehatan diri. Kalau kamu melihat asap hitam mengepul dari cerobong asap pabrik, maka seperti itulah kira-kira gambaran emisi karbon.

Kalau kamu menggunakan mobil listrik, emisi karbon seperti itu tidak akan dijumpai. Kamu pun punya kesempatan untuk berkontribusi secara positif pada ketersediaan udara yang bersih dan segar di lingkunganmu, kesehatan paru-paru, dan lain-lainnya.

Satu lagi, dibandingkan dengan jenis mobil pada umumnya, mobil listrik biasanya memiliki tampilan yang lebih keren dan eksklusif. Jadi, mobil listrik Indonesia sangat cocok untuk kegiatan mejengmu!

Jenis Mobil Listrik

Di balik penampilan luar dan dalamnya yang terkesan eksklusif, ternyata sudah ada beberapa jenis mobil listrik yang beredar di pasar Indonesia. Umumnya yang memakai mobil listrik di Indonesia adalah para pejabat. Namun, masyarakat umum juga bisa memakainya dengan sedikit usaha yang akan kamu ketahui di poin berikutnya.

Tesla Model 3 adalah jenis mobil listrik yang paling umum menjadi kendaraan dinas Kepolisian Republik Indonesia atau Polri. Ada juga mobil listrik Hyundai yang juga digunakan oleh sejumlah pejabat negara di Republik Indonesia.

Misalnya, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengendarai mobil listrik Hyundai Kona EV. Sementara itu, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi dan Wakil Gubernur (Wagub) Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum mengendarai mobil listrik Hyundai Ioniq.

Selain Tesla dan Hyundai yang menjadi kendaraan para pejabat negara, produsen mobil terkenal lainnya seperti Toyota juga telah mengeluarkan sejumlah mobil listrik untuk pasar Indonesia. Toyota Corolla Cross Hybrid adalah jenis mobil listrik Toyota yang paling populer di Indonesia.

Ada juga Nissan Kicks e-POWER, Mitsubishi Outlander PHEV, Lexus UX 300e, dan masih banyak lagi jenis-jenis mobil listrik di Indonesia. Masing-masing dengan harga yang berbeda-beda. Lebih jauh mengenai harga dan pembayaran mobil listrik di Indonesia dapat kamu simak pada poin selanjutnya di artikel ini.

Harga Dan Cara Pembayaran Di Indonesia

Rata-rata harga mobil listrik di Indonesia sekitar 500 juta hingga beberapa miliar rupiah. Di Indonesia, mobil listrik yang paling murah berkisar 400 juta rupiah.

Rentang harga mobil listrik lebih mahal 2 kali lipat dibandingkan mobil pada umumnya yang berharga sekitar 250 juta hingga 500 juta rupiah. Mobil pada umumnya bahkan ada yang harganya hanya sekitar 100 juta rupiah.

Namun, jangan terintimidasi duluan oleh harga mobil listrik di Indonesia yang mahal tersebut. Pinjaman online seperti Kredit Pintar dapat memfasilitasi pembayaran untuk mobil listrikmu.

Kredit Pintar memiliki ragam rencana pembayaran pinjaman dengan bunga dan biaya rendah. Tenor peminjaman di Kredit Pintar pun bisa kamu sesuaikan dengan budgetmu dan jenis mobil listrik yang kamu inginkan.

5 menit setelah kamu mengisi data yang dibutuhkan di Kredit Pintar, pinjaman kamu dijamin cepat cair. Pinjaman yang cepat cair ke rekeningmu dapat kamu gunakan untuk membayar mobil listrik Indonesia impianmu.

kredit pintar
mobile-closeKredit PintarDownload