Piala Dunia 2022 dan Jadwal Lengkapnya

13 Sep 2023 by kreditpintar, Last edit: 21 Sep 2023

Piala Dunia 2022 merupakan salah satu momen olahraga terbesar yang sudah sangat dinantikan oleh para penggemar olahraga sepakbola. Kalau Anda termasuk salah satu penggemar berat olahraga yang dimainkan oleh banyak orang ini, Anda pasti akan tertarik untuk mengikuti semua pertandingannya.

Piala Dunia 2022

Cari tahu jadwal pertandingannya dari babak penyisihan sampai putaran finalnya dan jika memungkinkan, nikmati secara langsung seluruh pertandingan tersebut. Semua yang ingin Anda ketahui tentang Piala Dunia ini akan Anda temukan di bawah ini.

Fakta Unik dan Menarik Piala Dunia 2022

Turnamen yang sangat bersejarah ini akan diselenggarakan di negara Qatar pada akhir tahun 2022. Piala Dunia pertama yang diadakan di Asia adalah Piala Dunia 2002 yang diselenggarakan di Jepang dan Korea Selatan. Piala Dunia Qatar adalah turnamen kedua yang diadakan di benua Asia.

Dan yang lebih unik lagi adalah turnamen ini merupakan yang pertama diadakan di negara Muslim. Selain itu, biasanya Piala Dunia diselenggarakan di sekitar bulan Mei hingga Juli. Sedangkan turnamen tahun ini akan diadakan antara bulan November sampai bulan Desember.

Jangka waktu dimainkannya turnamen ini adalah sekitar 28 hari dan finalnya akan dilangsungkan pada tanggal 18 Desember 2022. Sudah siap untuk menikmati seluruh pertandingan yang akan berlangsung di akhir tahun ini?

Baca juga: Panduan Lengkap Media Sosial

Jadwal Piala Dunia 2022 yang Diadakan di Qatar

Akan ada delapan grup yang melangsungkan pertandingan di Qatar. Masing-masing grup terdiri dari beberapa tim dari berbagai negara yang akan bertanding untuk mencapai tingkat yang selanjutnya hingga akhirnya masuk ke final. Berikut ini berbagai grup yang terlibat dalam pertandingan.

1. Grup A

Terdiri dari Qatar, Ekuador, Senegal, serta Belanda. Pada 21 November dilangsungkan pertandingan antara Senegal dan Belanda serta Qatar dan Ekuador. Lalu pada tanggal 25 November Qatar akan melawan Senegal dan Belanda akan melawan Ekuador.

Terakhir, pada 29 November Ekuador akan berhadapan dengan Senegal sedangkan Belanda akan menghadapi Qatar.

2. Grup B

Pada Piala Dunia 2022, Grup B terdiri dari Inggris, Iran, Amerika Serikat, serta pemenang dari Jalur A UEFA. Pertandingan diawali oleh Inggris melawan Iran dan Amerika Serikat melawan pemenang dari Jalur A pada tanggal 21 November 2022.

Kemudian tanggal 25 November pemenang jalur A akan melawan Iran dan Inggris akan melawan Amerika Serikat. Pemenang jalur A juga akan berhadapan dengan Inggris pada tanggal 29 November saat Iran melawan Amerika Serikat.

3. Grup C

Anggota Grup C Piala Dunia 2022 adalah Argentina, Arab Saudi, Meksiko, serta Polandia. Pertandingan antara Argentina dan Arab Saudi serta Meksiko melawan Polandia akan dilangsungkan pada 22 November. 

Kemudian Polandia akan bertemu dengan Arab Saudi dan Argentina bertanding dengan Meksiko pada 26 November. Dan pada 30 November Polandia akan melawan Argentina sedangkan Arab Saudi bertanding dengan Meksiko.

4. Grup D

Di Grup D ini ada Prancis, Denmark, Tunisia, serta pemenang dari AFC-CONMEBOL. Pertandingan pertama berlangsung pada 22 November dengan Denmark melawan Tunisia dan Prancis melawan pemenang AFC-CONMEBOL.

Kemudian pada 26 November, Tunisia akan melawan pemenang AFC-CONMEBOL sedangkan Prancis melawan Denmark. Dan terakhir pada 30 November, pemenang AFC-CONMEBOL akan bertanding melawan Denmark sedangkan Tunisia bertemu dengan Prancis.

5. Grup E

Spanyol, Jerman, Jepang, dan pemenang dari CONCACAF-OFC. Pemenang CONCACAF-OFC Piala Dunia 2022 akan melawan Spanyol saat Jerman melawan Jepang pada 23 November. Lalu pada 27 November Jepang akan melawan CONCACAF-OFC dan Spanyol melawan Jerman.

Kemudian tanggal 1 Desember, Jepang akan bertemu dengan Spanyol sedangkan pemenang CONCACAF-OFC akan bertanding melawan Jerman.

Baca juga: Cara Menghitung THR Agar Tidak Impulsive!

Hasil Drawing Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Eropa

6. Grup F

Belgia, Kanada, Maroko, serta Kroasia merupakan anggota grup F yang akan bertanding pada tanggal 23 November. Maroko akan melawan Kroasia terlebih dahulu dan Belgia akan melawan Kanada. Kemudian pada 27 November Belgia akan bertemu Maroko dan Kroasia melawan Kanada.

Terakhir pada Piala Dunia 2022 tanggal 1 Desember, Kroasia akan melawan Belgia dan Kanada melawan Maroko.

7. Grup G

Anggota grup G adalah Brasil, Serbia, Swiss, dan Kamerun. Swiss akan terlebih dahulu melawan Kamerun pada 24 November saat Brasil bertanding melawan Serbia. Pada 28 November Kamerun akan bertemu dengan Serbia sedangkan Brasil akan bertemu dengan Swiss.

Dan pada 2 Desember, Serbia akan melawan Swiss dan Kamerun akan bertanding dengan Brasil. Pada saat yang sama, Grup H juga akan bertanding.

8. Grup H

Portugal, Ghana, Uruguay, serta Korea Selatan merupakan grup terakhir yang akan bertanding. Pertandingan antara Uruguay melawan Korea Selatan dan Portugal melawan Ghana akan berlangsung pada 24 November.

Kemudian pada 28 November Korea Selatan akan melawan Ghana sedangkan Portugal akan melawan Uruguay. Lalu pada 2 Desember, Ghana akan melawan Uruguay saat Korea Selatan melawan Portugal.

Babak Penyisihan Piala Dunia 2022

Penyisihan 16 besar akan dimulai pada tanggal 3 Desember dan berlangsung selama empat hari hingga tanggal 6 Desember 2022. Dalam satu hari akan ada empat tim yang akan bertanding memperebutkan posisi di perempat final.

Perempat final sendiri akan dimulai tiga hari setelah babak 16 besar berakhir, yaitu 9 dan 10 Desember 2022. Seperti pada babak 16 besar, empat tim akan bertanding setiap harinya dan berjuang memenangkan posisi di semifinal.

Pertandingan semifinal Piala Dunia 2022 akan berlangsung pada tanggal 13 Desember serta 14 Desember pukul 22.00 WIB. Setiap hari, dua tim akan bertanding untuk mendapatkan posisi di final. Dua tim yang kalah dalam semifinal juga akan bertanding untuk memenangkan posisi ketiga.

Pertandingan antara dua tim yang akan memperebutkan posisi ketiga akan berlangsung pada 17 Desember. Dan pertandingan final antara dua tim yang menang pada semifinal akan berlangsung pada 18 Desember.

Baca juga: Pengertian, Penyebab, dan Ciri Demam Berdarah

Piala Dunia 2022: FIFA Berencana Tambah Durasi Laga, dari 90 Menit Jadi 100  Menit : Okezone Bola

Nikmati Piala Dunia 2022 dari Berbagai TV Online

Ada banyak aplikasi TV online yang bisa Anda gunakan untuk menikmati pertandingan Piala Dunia tahun ini sehingga tidak perlu terbang jauh-jauh ke Qatar. Berbagai aplikasi tersebut siap menayangkan berbagai pertandingan favorit yang Anda tunggu-tunggu.

Pertandingan Piala Dunia akan disiarkan di Indosiar. Tinggal pilih saja salah satu dari berbagai aplikasi yang menyediakan live streaming Indosiar. Salah satu aplikasi yang bisa Anda gunakan adalah Vision+. Aplikasi ini bisa diperoleh dari Play Store secara gratis. Berbagai channel TV ada di dalamnya.

Termasuk ada juga channel yang menayangkan berbagai pertandingan sepakbola dan Piala Dunia tahun ini. Super Soccer TV juga merupakan aplikasi lain yang selalu menayangkan berbagai pertandingan sepakbola, seperti liga lokal, liga Eropa, bahkan Piala Dunia.

Aplikasi yang satu ini bekerjasama dengan berbagai stasiun TV lokal yang dimiliki oleh klub sepakbola. Anda tidak akan pernah ketinggalan tayangan sepakbola apapun dengan aplikasi ini. Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech berizin dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

21 Sep 2023
mobile-close
Pinjam kilat 20 juta!Download