Nggak Perlu Panik, Ketahui Cara Menyelamatkan Diri Saat Gempa

20 Jan 2022 by Pintar Discover, Last edit: 25 Jan 2022

Masih banyak yang belum tahu cara menyelamatkan diri saat gempa mengguncang. Memahami cara menyelamatkan diri sangatlah penting, Indonesia terletak di pertemuan 3 lempeng tektonik yang menyebabkan Indonesia rawan gempa bumi. Guncangan gempa bumi sering terjadi, baik yang dirasakan ataupun hanya tercatat oleh seismograf.

Ini cara menyelamatkan diri yang bisa kamu gunakan berdasarkan lokasi berada.

1. Menyelamatkan diri saat berada di bangunan yang ramai

Saat kamu berada di gedung yang ramai, hindari untuk bergegas ke pintu. Pasti banyak orang yang memikirkan hal yang sama dan berbondong-bondong untuk mengakses pintu keluar. Jauhi benda-benda yang rawan jatuh seperti rak, jendela, ataupun perkakas lainnya. Gunakan sesuatu untuk melindungi kepala dan leher dari serpihan.

2. Menyelamatkan diri saat di luar ruangan

Jauhi potensi bahaya seperti kabel listrik, gedung, pohon, dan tiang telepon. Pastikan kamu berada di ruang terbuka dan tundukkan badan serendah mungkin. Tutupi kepala dan leher degan sesuatu hingga gempa berlalu.

3. Menyelamatkan diri saat kendaraan bergerak

Kalau kamu sedang berada di dalam mobil, tepikan mobil ke tepi atau bahu jalan. Jauhi jalur yang berpotensi roboh seperti jalan layang, jembatan, dan kabel di atas kepala. Tetaplah di dalam mobil dan tarik rem parkir. Setelah gempa berhenti, berjalanlah dengan perlahan dan waspadai retakan trotoar, tiang, flyover, jembatan, atau kabel yang roboh. Jika tidak aman meninggalkan mobil, tunggu hingga bantuan tiba.

4. Menyelamatkan diri saat gempa di dekat laut

Jauhilah laut dengan berjalan, jangan gunakan kendaraan. Jauhi air dan hati-hati dengan puing-puing dan potensi bahaya. Bila kamu mengalami gempa bumi yang hebat, jauhi air laut dengan minimal jarak 3 kilometer dari permukaan laut.

5. Menyelamatkan diri di gedung bertingkat

Jangan menggunakan lift saat listrik padam. Hindari untuk bergegas ke tangga darurat karena menyebabkan cedera atau penumpukan manusia. Hindari jendela dan dinding, jangan berlindung di bawah kaca. Tundukkan badan dan berlindunglah di bawah meja atau apapun yang bisa melindungi kepala dan leher. Bila kamu terjebak, pukul logam atau obyek apapun yang bisa mencuri perhatian penyelamat.

Itulah lima cara penyelamatan diri yang bisa kamu lakukan menurut lokasi saat terjadi gempa. Semoga bermanfaat!

25 Jan 2022
Pinjam kilat 20 juta!Download