Misteri Tentang Bumi: Keberadaan Dinosaurus, Sang Penguasa Zaman Prasejarah

26 Apr 2021 by kreditpintar
misteri tentang bumi

Ada banyak sekali misteri tentang Bumi yang bahkan masih belum terpecahkan hingga kini. Salah satunya adalah tentang keberadaan dinosaurus, sang penguasa zaman prasejarah. Selama jutaan tahun lamanya, dinosaurus pernah menguasai Bumi dan seisinya. Meskipun pada akhirnya, kini mereka hanya bisa dikenali dari fosil dan sisa tulang-belulangnya saja. Yup, pesona keberadaan dinosaurus memang tetap tidak akan pernah hilang.

Apa Itu Dinosaurus?

Dilansir dari situs web Dinodatabase, dikemukakan bahwa Dinosaurus adalah hewan purba yang hidup pada era Mesozoikum. Di mana era ini terbagi menjadi tiga periode, yaitu:

  • Pertama, Era Triassic (245-208 juta tahun yang lalu)
  • Kedua, Era Jurassic (208-145 juta tahun yang lalu)
  • Ketiga, Era Cretaceous / Kapur (145-66 juta tahun yang lalu)

Dinosaurus merupakan hewan purba dengan klan Dinosauria. Fosilnya pertama kali ditemukan pada abad ke-19, dan langsung menjadi salah satu dari misteri tentang Bumi yang menarik. Secara umum, struktur tampilan dinosaurus sangat rumit, seperti; memiliki jambul, tanduk, duri, dan struktur tulang belakang yang khas. Dinosaurus bisa digolongkan sebagai hewan herbivora dan karnivora, berkaki dua dan juga berkaki empat.

Fakta-Fakta Menarik tentang Dinosaurus Sebagai Salah Satu Misteri Tentang Bumi

Peninggalan fosil dan tulang-belulang dinosaurus menjadi bahan penelitian yang menarik bagi para peneliti hingga kini. Tak heran, karena sang penguasa zaman prasejarah selama ratusan tahun ini, memang menyimpan misteri tentang Bumi yang kita tinggali. Informasi tentang dinosaurus pun pelan-pelan mulai muncul. Apa saja? Menurut situs web Nationalgeographic fakta-fakta menarik tentang dinosaurus adalah sebagai berikut:

Nama Dinosaurus Memiliki Arti “Fearfully-Great Lizards”

Dalam bahasa Indonesia, nama dinosaurus berarti “kadal hebat, yang tidak kenal takut”. Arti nama yang dikemukakan oleh Richard Owen (1842) tersebut, makin lama mengalami pergeseran. Dari kata “tidak kenal takut” bergeser menjadi “buruk”. Sehingga, arti kata dinosaurus menjadi “kadal yang buruk”. Tapi, meskipun memiliki kemiripan, ternyata dinosaurus sama sekali bukanlah termasuk spesies kadal, lho.

Dinosaurus Merupakan Salah Satu Jenis Reptil di Zaman Prasejarah

Pada zaman Mesozoikum, dinosaurus menjadi representasi dari 40 jenis hewan reptil. Di mana jumlah dinosaurus hanya sekitar 10% saja.

Dinosaurus Punah Bukan Karena Jatuhnya Komet

Komet atau asteroid bukanlah alasan kepunahan dari dinosaurus. Menurut Dinodatabase, dinosaurus punah akibat dari perubahan iklim, ukuran tubuh, penyakit/wabah, efek kelaparan, dan lain-lain.

Dinosaurus Hidup di Tiga Era yang Berbeda

Jadi, tidak semua dinosaurus hidup pada era yang sama. Ada yang hidup di era Triassic, Jurassic, atau Kapur, yang masing-masing era memiliki jarak sekitar 65 juta tahun lamanya.

Mencari informasi tentang keberadaan dinosaurus memang menarik dan menyenangkan, bukan? Anda bisa menemukannya di buku-buku tentang dinosaurus, yang saat ini sudah banyak tersedia. Apalagi, buku-buku dinosaurus juga menarik untuk anak-anak. Sebagai misteri tentang Bumi, keberadaan dinosaurus memang pantas menjadi bahan pembelajaran.

Tapi seringkali, buku-buku tentang pengetahuan, termasuk tentang dinosaurus, memiliki harga yang tidak murah. Nah, jika Anda butuh dana untuk membeli buku-buku tersebut, yuk, ke Kredit Pintar saja! Aplikasi Kredit Pintar merupakan aplikasi pinjaman online yang terpercaya. Kredit Pintar menawarkan pinjaman dana langsung cair, dengan bunga rendah dan juga proses pencairan cepat. Hanya dengan KTP dan registrasi online selama lima menit, dana Anda langsung cair. Tertarik untuk melakukan pinjaman cepat langsung cair? Info lebih lanjut, klik di sini.

kredit pintar
mobile-closeKredit PintarDownload