Rahasia Untung Besar di balik Investasi Berlian

01 Nov 2021 by Laruan

Wanita mana di dunia ini yang tidak menyukai berlian? Keindahan perhiasan ini akan membuat semua mata jatuh cinta dan ingin memilikinya. Inilah salah satu alasan mengapa investasi berlian dapat menghasilkan keuntungan yang sangat besar.

Berlian akan membuat penampilanmu menjadi lebih sempurna, elegan dan mewah. Namun, lebih dari itu berlian juga merupakan jenis investasi yang menjanjikan. Bahkan saat ini, harganya dapat bersaing dengan emas.

Seperti emas, belian juga dianggap kebal terhadap inflasi. Harganya cenderung stabil dari tahun ke tahun dan bahkan terus naik. Kondisi ini akan melindungi Anda dari krisis pasar yang mungkin terjadi. Berlian juga bisa digunakan dimana saja, karena seluruh dunia mengakui nilainya.

Berlian digandrungi oleh wanita terutama ibu sosialita, namun seiring dengan perkembangan zaman kini berlian mulai diminati oleh siapa saja bahkan anak muda dan pria. Itu lah yang menyebabkan berlian banyak diburu untuk investasi saat sekarang ini. 

Sebelum memutuskan untuk membeli dan melakukan investasi terhadap batu mulia ini, sebaiknya Anda perlu mengetahui beberapa hal agar Anda bisa mendapatkan keuntungan maksimal dan yang paling penting Anda tidak tertipu oleh berlian palsu.

Sebelum membahas hal tersebut, sebaiknya Anda ketahui terlebih dahulu mengapa Anda harus berinvestasi pada batu mulia ini. 

Alasan Untuk Investasi Berlian

  1. Kebal inflasi

Salah satu keunggulan dari investasi berlian adalah kekebalannya terhadap nilai inflasi, sebagaimana yang telah dibahas sebelumnya. Sehingga, apabila terjadi krisis pasar atau keuangan di negara kita Anda tidak perlu khawatir dan was-was, karena bisa dipastikan nilai berlian Anda di pasar akan tetap stabil. Saat itu, Anda bisa bergegas menjual berlian Anda karena harganya tetap sama seperti pertama kali Anda membeli.

  1. Nilainya selalu naik

Batu mulia ini tidak hanya sekedar aman dari inflasi tetapi juga memiliki peluang kenaikan nilai yang cukup tinggi. Pasalnya, berlian memiliki berbagai macam bentuk dan model. Semakin langka jenisnya maka harganya akan semakin tinggi. Apalagi jika permintaan meningkat maka harga berlian juga dapat dipastikan juga akan meningkat.

Selain dari model berlian, bentuk bingkainya pun bisa menjadi salah satu faktor meningkatnya nilai berlian di pasaran.

  1. Harga bebas dari kontrak pemerintah

Kalau kita berbicara tentang emas, maka harganya tidak lepas dari peranan pemerintah. Namun lain halnya dengan berlian, batu mulia ini sama sekali bebas dari kontrol tangan pemerintah. Harga yang ada di pasar merupakan harga murni yang diambil dari kualitas berlian itu sendiri.

Pembeli dan penjual bebas menentukan harga sendiri, karena pemerintah tidak menetapkan standar harganya. 

  1. Tidak memerlukan biaya perawatan

Keuntungan lain yang dapat kamu peroleh dari investasi berlian adalah tidak adanya biaya yang diperlukan untuk perawatannya. Berlian tidak perlu disimpan secara khusus hingga memerlukan biaya tertentu. Berlian adalah batu alam yang paling kuat ditemukan di bumi, ia tidak akan mudah hancur, tidak akan rapuh atau rusak karena dibanting. Jadi, Anda bisa menyimpan berlian dimanapun bahkan ditempat lembab dan gelap sekalipun. Ia tidak akan rusak dan harganya tidak akan berkurang sama sekali.

  1. Berhias sama berinvestasi

Berlian merupakan salah satu perhiasan idaman wanita. Dengan jumlah peminat yang begitu besar bisa dipastikan harga berlian akan terus naik dari waktu ke waktu. Jadi, disarankan untuk Anda agar membeli berlian sekarang juga sebelum harganya mengalami kenaikan. Keuntungan besar di depan mata menanti Anda.

Apabila Anda tidak memiliki cukup uang saat ini, jangan khawatir Anda bisa mendapatkan pinjaman online dengan angsuran ringan melalui kredit pintar dengan mudah dan cepat. Jangan sia-siakan kesempatan Anda untuk berinvestasi pada batu mulia ini karena keuntungannya akan berkali-kali lipat dari nilai pinjaman Anda. 

Sekarang Anda sudah tahu alasan Anda harus menginvestasikan uang Anda pada berlian, selanjutnya adalahnya cara bagaimana melakukan investasi tersebut agar menghasilkan keuntungan maksimal.

Tips Untung Maksimal dari Investasi Berlian

  1. Membeli berlian utuh

Jika Anda sudah memutuskan untuk melakukan investasi berlian, belilah berlian yang utuh bukan dalam bentuk pecahan kecil. Berlian utuh akan memiliki nilai jual yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan berlian pecahan yang biasanya menjadi terdapat pada perhiasan. 

Meskipun bentuk bingkai mempengaruhi harga namun, bingkai tersebut sama sekali tidak berpengaruh terhadap nilai investasi. Jadi, daripada Anda disibukkan untuk mencari bingkai yang keren dan mahal lebih baik Anda menggunakan uang tersebut untuk membeli berlian lain, 

Berlian pecahan yang digunakan pada perhiasan pada dasarnya tidak dianjurkan untuk investasi karena hanya dinilai sebagai perhiasan yang mengikuti tren fashion terbaru. Sehingga harganya dapat turun sewaktu-waktu ketika tren berganti dan bahkan Anda dapat kesulitan untuk menjualnya karena banyak orang yang sudah tidak berminat dengan model tersebut.

  1. Utamakan membeli berlian berwarna putih

Semakin putih warna berlian yang kamu dapatkan maka akan semakin tinggi nilainya. Maka, pastikan Anda membeli berlian dengan tingkat warna seputih mungkin. Biasanya penjual akan menandai huruf ‘D’ pada berlian untuk menunjukkan tingkat warna putih tertingga dan huruf ‘Z’ untuk yang terendah.

Selain tingkat keputihannya, kejernihan suatu berlian juga dapat menjadi penentu harganya. Semakin jernih dan flawless suatu berlian maka akan semakin melangit harganya. Berlian paling jernih ditandai dengan kode ‘VVS’

  1. Persiapkan anggaran dana investasi

Berlian memiliki harga yang fantastik tampaknya sudah menjadi rahasia umum. Harganya bakan jauh lebih tinggi jika dibandingkan dengan emas. Oleh karena itu, Anda perlu menyiapkan dana investasi Anda. Tentukan berapa jumlah yang harus Anda keluarkan untuk membeli beberapa gram berlian utuh.

Tujuannya adalah untuk mengontrol diri Anda agar tidak melakukan pembelian berlebihan. Pastikan Anda membeli karena kebutuhan investasi bukan karena bentuknya yang menggiurkan.

  1. Perlu diversifikasi

Investasi berlebihan pada berlian rawan terjadi, terutama pada wanita. Hal ini karena bentuk berlian yang begitu indah sehingga meningkatkan hasrat untuk membeli. Namun, Anda perlu mengingat bahwa Anda tidak bisa menempatkan uang hanya pada satu jenis investasi saja. Karena akan rawan terhadap kerugian. Oleh karena itu, sebaiknya lakukan diversifikasi serta alokasikan dana Anda secara tepat.

  1. Belilah berlian dengan model yang langka dan banyak dicari

Trik utama dalam berinvestasi berlian adalah mencari bentuk berlian yang langka dan banyak diminati. Karena semakin langka suatu barang maka akan semakin tinggi harganya di pasar. 

Anda pasti sering mendengar istilah barang limited edition? Bukankah harganya lebih mahal dari barang kebanyakan? Begitu juga dengan berlian, semakin langka modelnya maka akan semakin besar keuntungan yang Anda peroleh saat menjualnya. 

  1. Pastikan berlian Anda bersertifikat

Sebagai informasi, berlian yang berkualitas premium pasti memiliki sertifikat. Berlian yang memiliki sertifikat juga mengindikasikan bahwa berlian tersebut tidak palsu. Jadi, ketika Anda membeli periksalah terlebih dahulu dan tanyakan perihal sertifikatnya kepada penjual.

Lebih baik lagi jika Anda bisa membeli berlian dengan sertifikat GIA, yaitu lembaga sertifikasi berlian yang paling ketat aturannya dan paling akurat hasilnya. Di dalam sertifikat Anda bisa  menemukan informasi terkait karakteristik berlian tersebut.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
01 Nov 2021
mobile-closeKredit PintarDownload