Ingin Jual Mobil Bekas? Perhatikan Hal Berikut Ini

09 Sep 2021 by Laruan

Secara umum, menaiki mobil memang menambah prestise seseorang, terlebih saat ini banyak pilihan jenis mobil yang semakin canggih.  Tak heran, jika timbul perasaan tergiur untuk mengganti mobil lama dengan yang baru.  Menjual mobil lama sebagai modal beli yang baru menjadi solusi bagi sebagian orang dengan bujet pas-pasan. Namun, ada beberapa hal yang harus diketahui sebelum jual mobil bekas. 

Ingin Jual Mobil Bekas? Perhatikan Hal Berikut Ini

Jual mobil bekas tidak boleh sembarangan, agar tidak terlalu merugi. Ada beberapa hal yang harus perlu kamu ketahui supaya unit cepat laku terjual, dan menguntungkan. Yuk, simak ulasan berikut!

5 Hal Yang Harus Diketahui Saat Jual Mobil Bekas

  1. Periksalah Kondisi MobIl Anda 

Hal pertama yang harus diketahui sebelum jual mobil bekas adalah memeriksa kondisi fisik mobil,  terutama komponen mesin mobil.  Apakah masih prima atau tidak?

Berikut beberapa hal yang perlu kamu cek, untuk sekadar memastikan kondisi mobil masih OK, yaitu:

  • Memastikan kondisi AC masih berfungsi dengan baik
  • Mengganti oli
  • Melakukan tune-up pada mesin secara rutin
  • Memastikan power window serta central lock masih berfungsi
  1. Memastikan Mobil Dalam Keadaan Bersih

Hal yang harus kamu ketahui berikutnya adalah memastikan kondisi mobil bersih dan aman. Pasalnya, kebersihan menjadi sesuatu yang pertama pembeli lihat. Kebersihan mobil meliputi eksterior dan interior. 

Sebelum jual mobil bekas sebaiknya Kamu perlu membawa mobil ke salon perawatan. Pastikan bahwa eksterior mobil telah bersih, mengkilap dan menarik. Selain itu, pastikan juga bagian dalam mobil telah harum, dan bersih. 

Rasanya untuk memastikan kebersihan mobil tidaklah sulit, ya! Percayakan saja kepada salon perawatan mobil. Jangan lupa, pasang pengharum mobil agar calon pembeli lebih nyaman, misalnya dengan  aroma kopi atau aroma yang menenangkan. 

  1. Pastikan Surat-Surat Lengkap

Sebelum jual mobil bekas, kamu perlu meyakinkan calon pembeli dengan kelengkapan surat BPKB, bukti pembayaran pajak atau lainnya. Hal ini harus kamu lakukan sebagai pertimbangan calon pembeli akan status legalitas mobil, bahkan dapat menambah nilai jualnya. Siapa yang tidak tertarik membeli mobil jika surat-surat lengkap, bukan? 

  1. Menyesuaikan Harga Dengan Tren Pasaran

Setelah memastikan beberapa hal di atas, selanjutnya adalah memberikan harga sesuai dengan tren di pasaran. Jangan terlalu mahal atau murah. 

Kamu bisa melakukan riset harga di situs jual beli mobil atau majalah otomotif. Informasi yang kamu peroleh dapat menjadi parameter sebelum menentukan harga jual mobil. 

Jangan lupa hitung biaya perawatan dan perbaikan sebelum menjual mobil tersebut. Dengan begitu, Kamu mempunyai nominal minimal sebagai patokan ketika calon pembeli bernegosiasi masalah harga. 

  1. Cara Jual Mobil Bekas

Seseorang yang ingin menjual mobil bekas biasanya menggunakan beberapa cara, seperti menitipkan di dealer, memajang di pinggir jalan atau menawarkan secara online. 

Namun belakangan, orang lebih memilih untuk menjual mobil bekas melalui online atau sosial media. Alasannya Tentu saja supaya jangkauan pembeli lebih luas dan cepat laku. 

Ingin Jual Mobil Bekas? Perhatikan Hal Berikut Ini

Situs Jual Mobil Bekas Terbaik

Belakangan ini banyak bermunculan situs penjualan mobil bekas, mulai yang berbayar hingga gratis. Melalui situs-situs inilah penjualan mobil bekas menjadi lebih efisien dan cepat. Apa saja situs jual mobil bekas terbaik di Indonesia?

  1. Mobil123

Situs jual mobil bekas yang terbaik pertama versi kami adalah Mobil123. Situs ini telah mempunyai ratusan ribu daftar kendaraan. Situs yang berdiri sejak 2008 memang cukup populer di Indonesia. 

Calon pembeli dapat mengetahui merek, tipe dan detail kondisi kendaraan. Selain mobil bekas, di situs ini juga tersedia pilihan mobil-mobil baru. 

  1. Carmudi

Situs Carmudi berdiri sejak 2014 dan telah menjadi situs jual beli mobil yang besar di Indonesia. Dengan interface website yang mudah pengoperasiannya, tak heran jika Carmudi banyak pengunjungnya. 

Fitur-fitur yang terdapat di situs Carmudi cukup lengkap.  Misalnya fitur  pencarian mobil berdasar tahun keluaran, merek, harga, kondisi, warna hingga jenis bahan bakar. Selain itu, di situs Carmudi juga terdapat fitur berinteraksi langsung dengan penjual melalui telepon atau email. Sehingga lebih memudahkan proses transaksi jual beli mobil. 

Saat ini, Carmudi telah membuka cabang berskala internasional, seperti di Myanmar, Pakistan, Filipina dan Bangladesh dan negara lainnya. 

  1. Momobil.id

Adira finance meluncurkan situs jual beli mobil, yaitu Momobil.id. Dari sekian banyak pilihan mobil bekas, situs ini lebih banyak menjual mobil langsung dari tangan pertama. 

Meski terbilang baru berdiri, namun sudah banyak orang yang mengakses Momobil.id. Bahkan di situs ini, calon pembeli juga bisa memilih metode pembayaran tunai atau kredit. 

  1. Rajamobil

Rajamobil merupakan situs jual beli mobil resmi milik Plaza Toyota. Bukan hanya mobil keluaran Toyota saja yang tersedia di situs ini. Ada pula mobil dari produsen lainnya. 

Kelebihan dari situs ini adalah sering mengadakan event online yang memberikan promo. Jika beruntung, pembeli akan mendapatkan penawaran harga yang menarik. 

  1. MobilBekas

Sekalipun nama situs ini MobilBekas, namun nyatanya tak hanya mobil bekas saja yang tersedia di sini. Mobil keluaran baru pun dapat menjadi pilihan pembeli. 

Situs yang baru berdiri sejak 2009 menjadi salah satu situs terbaik di Indonesia, dengan seratus ribu lebih pengguna. 

  1. Carsome

Carsome merupakan perusahaan startup yang sudah menyebar di banyak negara. Carsome berdiri sejak 2015 dan telah melakukan 27.000 transaksi penjualan. Dengan demikian, Carsome menjadi situs jual beli mobil yang pantas kamu perhitungkan. 

  1. Mobil88

Mobil88 merupakan salah satu situs jual mobil bekas yang aman dan terpercaya. Antara penjual dan pembeli dapat saling berinteraksi secara langsung. 

Di situs mobile88 juga terdapat fitur 360 view, dengan demikian calon pembeli dapat lebih mudah melihat kondisi mobil secara lebih detail. Calon pembeli dapat merasakan berada di dekat mobil dan melihat interior secara langsung. 

Situs mobil88 juga lengkap dengan kalkulator perhitungan kredit. Bahkan terdapat layanan test drive yang mungkin tidak dapat kamu temukan di situs lainnya. 

  1. Cintamobil.com

Cintamobil.com merupakan situs yang fokus menjual mobil-mobil dengan kondisi terbaik. Calon pembeli dapat mengunjungi kanal youtube cintamobil TV untuk melihat dan mencari informasi terkait unit mobil. 

Itulah beberapa hal yang harus diketahui saat jual mobil bekas dan beberapa pilihan situs terbaik untuk menawarkan mobil. Sehingga di antara penjual dan pembeli terjadi interaksi yang menyenangkan dan saling percaya. 

Jika Sobat Pintar membutuhkan dana untuk mengurus hal-hal penting sebelum menjual mobil, silakan mengajukan pinjaman ke aplikasi Kredit Pintar. Kredit Pintar merupakan aplikasi pinjaman online yang memberikan kemudahan kepada nasabah. Cukup 5 menit proses pengajuan, dana pun segera mencair ke rekening. Butuh pinjaman online ya Kredit Pintar jawabannya. Dengan Kredit Pintar urusan  jual mobil bekas pun menjadi lancar. Selamat mencoba!

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
mobile-closeKredit PintarDownload