Spesifikasi Honda C70 Original: Detail dan Harga

14 Feb 2022 by Laruan, Last edit: 01 Mar 2022

Bagi Anda pecinta motor tentu sudah tidak asing dengan motor Honda C70 Original. Motor bebek keluaran tahun 1970-an ini menjadi salah satu motor legendaris yang dibuat oleh Honda. Motor ini merupakan salah satu motor Honda tertua yang masih banyak dicari oleh para pecinta motor. Selain desainnya yang klasik menarik, motor ini juga memiliki performa mesin cukup handal.

Meskipun hanya dibekali dengan kapasitas mesin 70cc saja, namun motor ini bisa digeber sampai kecepatan maksimumnya. Namun sekarang ini motor klasik seperti Honda C70 Original bukan dicari untuk keperluan balap melainkan untuk didesain ulang supaya terlebih lebih modern dan keren.

Spesifikasi Honda C70 Original: Detail dan Harga!

Tampilan klasik dari honda c70 ini sangat menampilkan ciri khas motor tahun 70-an yang sangat menarik untuk dilihat. Nah berikut ini akan kami jelaskan spesifikasi lengkap Honda C70 beserta harganya.

Baca juga: Spesifikasi Motor Yamaha R15, Lengkap dengan Harga

Spesifikasi Honda C70 Original

1. Desain dan Dimensi

Jika dilihat dari desainnya, motor Honda C70 ini dibekali dengan desain bentuk body yang sangat unik. Dimana Honda mendesain motor satu ini dengan panjang mencapai 1,8 mm dan lebar 685 mm serta tinggi mencapai 995 mm. Selain itu, motor c70 juga dibekali dengan berat yang cukup ringan yaitu sekitar 83 kg.

Untuk memberikan keseimbangan yang sesuai, Honda membekali C70 dengan jarak antar sumbu roda sepanjang 1,180 mm dan jarak terendah dengan tanah mencapai 130 mm. Hal ini membuat motor klasik C70 menjadi lebih mudah dikendarai baik itu oleh orang dewasa maupun orang tua.

Selain desainnya yang unik, Honda C70 juga dibekali dengan jok yang sangat empuk dengan ketebalan mencapai 760 mm sehingga sangat nyaman digunakan untuk berkendara. Untuk harganya sendiri, Honda C70 dihargai cukup mahal karena semakin sulit dicari dan cukup populer di kalangan anak muda jaman sekarang.

2. Performa Mesin

Sebagai motor jadul tahun 70-an, tidak heran apabila motor ini hanya dibekali dengan mesin 70cc saja. Namun meskipun begitu, performa mesin dari Honda C70 Original ini cukup handal dan tangguh. Dengan mengandalkan sistem transmisi 3 kecepatan manual, motor ini bisa digas dengan cepat sampai kecepatan maksimumnya.

Selain itu, untuk menyalakan mesin Honda juga sudah membekali C70 dengan fitur kick starter dan juga elektrik starter. Jadi Anda tidak perlu susah-susah ketika menyalakan mesin motor ini. Anda bisa menggunakan elektrik starter untuk menyalakan mesin dengan cepat dan mudah.

Honda C70 juga dibekali dengan mesin OHC dan sistem pendingin udara. Dengan mesin 4 tak yang kapasitasnya 71.8cc, motor Honda C70 ini bisa menghasilkan kecepatan maksimal sampai 4,5 kW (6 bhp) dengan putaran mesin 9000 rpm. Sedangkan torsi maksimumnya sekitar 0,54 kgm dengan putaran 7000 rpm.

Mesin motor Honda C70 terbilang tangguh karena menggunakan rasio kompresi mesin 8.8 berbanding 1. Selain itu, motor ini juga mempunyai diameter bore dan stroke berukuran 47 mm x 41,4 mm. Honda C70 juga dibekali sistem kopling sentrifugal basah, multiple, semi-otomatis yang bisa membuat Anda lebih mudah mengoper gigi rasio pada motor ini.

3. Suspensi dan Kaki yang Kuat

Seperti yang kita tahu, bentuk body dari motor Honda C70 80% terbuat dari bahan besi sehingga tidak heran apabila motor ini mempunyai kekuatan yang lebih besar dibanding motor dengan body berbahan plastik. Begitu juga dengan kaki-kaki dari motor ini.

Dengan mengandalkan sistem suspensi Leading Link di bagian depan membuat performa Honda C70 menjadi semakin kuat dan bisa meredam getaran-getaran yang ada pada motor. Untuk sistem suspensinya sendiri motor Honda ini menggunakan travel 2,2 inchi.

Sedangkan di bagian belakang, Honda C70 Original menggunakan suspensi Swing Arm, Double Shock breaker untuk memberikan kenyamanan yang lebih baik untuk orang yang berada di belakang. Bukan cuma suspensinya yang tangguh, Honda C70 juga dibekali dengan roda berukuran 2,25-16 – 4PR di bagian depan dan 2,50 – 17 – 6PR di bagian roda belakang.

Spesifikasi Honda C70 Original: Detail dan Harga!

4. Fitur Honda C70 Original

Untuk bagian fitur, Honda C70 juga memiliki beberapa fitur yang cukup bagus. Meskipun motor jadul ini hanya dibekali mesin berkapasitas 70cc, namun motor ini dibekali dengan fitur keselamatan berstandar Nasional.

Anda bisa lihat pada bagian roda depan dan belakangnya yang terpasang rapi dengan adanya rem tromol yang mempunyai daya cekam cukup tangguh. Daya cekam tersebut bisa menahan laju motor Honda C70 Original dengan baik.

Bukan cuma itu saja, motor ini juga sudah dibekali dengan fitur kelistrikan yang cukup unggul pada masanya yaitu sudah menggunakan busi jenis NGK C7HS / ND U22FS dan sudah memakai sistem pengapian CDI.

5. Harga Honda C70

Untuk harganya sendiri, sebagai motor jadul Honda C70 Original dihargai dengan harga yang cukup mahal yaitu sekitar Rp6 jutaan untuk bekasnya. Sedangkan untuk barunya tidak diketahui karena sudah tidak diproduksi lagi.

Sedangkan untuk Honda C70 Modif dihargai lebih mahal karena sudah ada beberapa spare part yang diganti. Honda C70 yang sudah dimodif dihargai sekitar Rp7-9 juta tergantung spare part yang telah digunakan. 

Baca juga: Ini Harga Dan Spesifikasi Motor CBR Terbaru

Kekurangan dan Kelebihan Honda C70 Original

Sebagai sebuah motor buatan pabrik, tentunya mereka memiliki kelebihan dan kekurangan. Sebelum Anda membeli motor Honda C70 ini, ada baiknya Anda memahami terlebih dahulu kelebihan dan kekurangan apa saja yang dimiliki oleh motor jenis ini. Berikut adalah kelebihan dan kekurangan Honda C70.

1. Kelebihan Honda C70

Kelebihan paling menonjol dari motor klasik satu ini adalah desain dan tampilannya yang begitu elegan dan simpel. Honda membuat motor bebek ini tanpa bodi sehingga terlihat lebih klasik. Karena tampilan inilah motor Honda C70 banyak dicari oleh orang-orang yang ingin mengoleksi motor dengan tampilan anti mainstream.

Selain itu Honda C70 juga dibekali dengan mesin yang handal. Sebagai motor jadul yang sudah berumur puluhan tahun, tentunya memiliki mesin yang handal menjadi nilai lebih yang membuat orang-orang semakin menginginkannya. Dengan mesinnya yang handal, motor tersebut akan sangat aman untuk dijadikan kendaraan sehari-hari.

Kelebihan lain yang ada pada Honda C70 adalah kualitas suspensinya yang sangat empuk dan nyaman. Saat mengendarai motor ini Anda tidak perlu khawatir merasakan getaran keras saat melewati jalan yang tidak bagus. Motor ini dibekali dengan suspensi Double Shock breaker di bagian belakang dan Leading Link, Travel 2,2 inci di bagian depan.

Spesifikasi Honda C70 Original: Detail dan Harga!

Baca juga: Harga Motor Scoopy 4 Varian Baru

2. Kekurangan Honda C70

Adapun untuk kekurangannya, sebenarnya tidak terlalu banyak jika dibandingkan kelebihan dan kenyamanan yang diberikan motor ini. Kekurangan utama dari Honda C70 adalah transmisi yang hanya dibekali dengan 3 speed saja. Hal ini membuat motor bebek C70 tidak bisa digunakan untuk kegiatan akselerasi dan hanya bisa untuk berjalan santai saja.

Selain itu, spare part original dari motor ini juga sangat langka dan sulit ditemukan. Jadi cukup sulit untuk mencari Honda C70 original dengan spare part yang masih asli. Namun Anda tidak perlu khawatir karena spare part pada motor ini bisa diganti menggunakan spare part motor lain seperti motor bebek prima atau astrea grand.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
01 Mar 2022
Pinjam kilat 20 juta!Download