Hobi Ngegame? Waspadalah 5 Bahaya Kecanduan Game Online

18 Jun 2021 by kreditpintar
Hobi Ngegame? Waspadalah 5 Bahaya Kecanduan Game Online

Bermain game online memang mengasyikkan, terlebih ketika sedang merasa jenuh dengan rutinitas sehari-hari. Namun hobi bermain game online terkadang membuat lupa waktu hingga mengganggu aktivitas dan berakhir dengan sebagai candu. Ketika seseorang mulai kecanduan game online maka akan terdorong untuk terus menerus bermain game dan melupakan kegiatan lainnya. 

Kecanduan Game Online Sebagai Gangguan Mental

Tahun 2018 lalu WHO telah menetapkan adiksi terhadap permainan daring (gaming disorder) sebagai salah satu gangguan mental. Hal ini mengikuti keputusan American Psychiatric Association yang memasukkan gaming disorder ke dalam buku DSM (Diagnostic and Statistical Manual of Mental Disorders) edisi terbaru pada tahun 2013 lalu. 

Menurut WHO, adiksi terhadap permainan daring pada prinsipnya sama dengan kecanduan lainnya, seperti heroin, amfetamin atau kokain. Terdapat sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa jalur neurotransmitter menjadi aktif ketika seseorang bermain game online, sama seperti ketika kecanduan narkoba. Bahkan peningkatan dopamin dapat terjadi 2x lipat pada pemain game online. 

Selain itu, adiksi terhadap permainan daring juga dapat menyebabkan gangguan pada saraf-saraf di otak. Medical News Today merangkum hasil dari 116 penelitian tentang bagaimana game online dapat merusak otak serta perilaku seseorang. 

Hasil dari penelitian tersebut adalah game online tidak hanya mengubah kinerja otak tetapi juga struktur otak. Secara sederhana, ketika bermain game online ukuran serta kapabilitas bagian otak yang bertanggung jawab pada keterampilan visuospatial mengalami pembesaran. Sehingga, pemain game online yang terus menerus bermain, maka akan mengalami pembesaran hippocampus yang sebelah kanan. 

Ciri-Ciri Kecanduan Game Online

Bermain game online memang tidak salah, asal tidak sampai mengganggu kegiatan sehari-hari. Untuk mengetahui apakah Kamu mengalami adiksi terhadap permainan daring atau tidak, maka perhatikan beberapa karakteristik berikut :

  1. Dorongan bermain game online yang tidak dapat Kamu kendalikan. Sehingga akan menjadi murung dan gelisah ketika tidak bermain game online. 
  2. Bermain game online merupakan aktivitas sehari-hari yang Kamu prioritaskan. Hingga Kamu tidak lagi peduli pada lingkungan sosial, pelajaran, pekerjaan atau aktivitas merawat diri. Bahkan rela tidak beranjak dari tempat duduk apabila sedang bermain.
  3. Tetap bermain game online tanpa peduli sekalipun belajar atau bekerja tidak fokus.
  4. Intensitas bermain online mengalami peningkatan dan berkelanjutan dari hari ke hari.
  5. Mempunyai masalah dengan teman-teman sekitar.
  6. Rela menghamburkan uang demi bermain game online.
  7. Pola dan ciri-ciri di atas telah berlangsung selama 12 bulan atau lebih. 

Dampak Kecanduan Online

Merujuk dari ciri-ciri di atas, maka dapat terlihat bahwa adiksi terhadap permainan daring dapat memberikan akibat buruk. Berikut akibat buruk dari adiksi terhadap permainan daring, antara lain:

1. Menurunkan Kesehatan

Dari segi kesehatan, duduk terlalu lama di depan layar HP atau PC dapat membuat tubuh kurang bergerak atau berolahraga, alhasil metabolisme tubuh menjadi kurang lancar. 

Selain itu, pemain game online juga sering mengalami gangguan tidur, seperti insomnia dan . Tidak heran jika pemain game online sering mengeluh cepat lelah, kaku pada area sekitar leher dan otot. 

2. Kesulitan Konsentrasi

Pemain game online hanya akan fokus pada permainan dan seringkali tidak menghiraukan hal lain di luar itu. Termasuk pada pelajaran sekolah atau pekerjaan sehari-hari. Jika adiksi terhadap permainan daring berkelanjutan tentu saja merugikan bagi Kamu atau orang-orang di sekitarmu. 

3. Gangguan Penglihatan

Tidak menampik, menatap layar secara terus menerus akan memberikan efek buruk pada indera penglihatan. Sebab, mata akan terpapar radiasi dalam jangka waktu yang cukup lama. Tentu saja hal ini kurang baik bagi saraf dan mata, di mana performa mata melemah dan berpotensi menyebabkan hipermetropi. 

4. Berkurangnya Sosialisasi

Dampak adiksi terhadap permainan daring berikutnya adalah membuat pemainnya merasa tidak membutuhkan orang lain. Karena pemain game online akan merasa nyaman dengan dunianya sendiri. Itulah mengapa kebanyakan pemain game online kurang pandai bersosialisasi. 

5. Mengalami Kesulitan Berekspresi

Pemain game online yang hanya terbiasa berinteraksi secara satu arah akan mengalami kesulitan ketika berhadapan dengan teman secara langsung. 

Cara Mengatasi Kecanduan Game Online

Di bawah ini adalah beberapa tips cara mengatasi adiksi terhadap permainan daring, seperti:

1. Membulatkan Niat yang Kuat

Pemain game online harus benar-benar berlapang dada dan menyadari bahwa dirinya sedang bermasalah. Sebab, proses mengatasi kecanduan dapat gugur dan gagal jika si pemain tidak membulatkan niat. Oleh karena itulah, orang-orang terdekat perlu menstimulasi agar gamer mempunyai niatan yang kuat dari dalam hati untuk berhenti dan sembuh.

2. Membuat Jadwal Bermain Game

Cara mengatasi kecanduan game yang lain yaitu dengan membuat jadwal bermain yang tegas dan ketat. Jadwal perlu Kamu buat agar alokasi waktu untuk bermain game dan melakukan aktivitas lainnya, seperti belajar/ bekerja atau tidur dapat terkontrol. Supaya tak terlewati, tuliskan jadwal di sebuah catatan yang mudah terlihat.

3. Meletakkan Berbagai Perangkat Bermain Game di Luar Kamar Tidur 

Cara mengatasi adiksi terhadap permainan daring lainnya adalah dengan meletakkan segala perangkat bermain yang Kamu gunakan ke luar kamar tidur. 

Mengapa demikian? Seperti yang semua orang ketahui, kamar tidur merupakan area privasi yang jarang tersentuh orang lain. Itulah mengapa kamar tidur menjadi teritorial para pemain game online.  

Agar Kamu tidak terdorong untuk bermain game secara terus menerus, sebaiknya pindahkan segera peralatan bermain game. 

4. Menyibukkan Diri Dengan Kegiatan Positif

Kamu bisa mulai menyibukkan diri dengan aktivitas positif, seperti berolahraga. Olahraga dapat membuat pikiran teralihkan dari HP atau televisi. Selain itu olahraga juga baik bagi kesehatan. 

5. Mulai Bersosialisasi Dengan Teman atau Keluarga

Jika Kamu sulit untuk berinteraksi dengan orang lain, maka langkah awal yang harus Kamu lakukan adalah menjadi pendengar setia. Kamu bisa mulai membiasakan diri untuk ikut berkumpul di setiap acara keluarga. 

Jika sebelumnya Kamu banyak menghabiskan waktu di kamar tidur, kini cobalah untuk ikut menonton acara TV bersama anggota keluarga lain. 

Dengarkan setiap obrolan orang di sekitar Kamu, perlahan-lahan Kamu bisa ikut nimbrung menjawab atau berkomentar obrolan mereka. 

6. Berkonsultasi Dengan Psikiater/ Psikolog

Cara lain untuk mengatasi adiksi pada game online adalah segera kunjungi psikiater/ psikolog.  Sebab,  mengubah sesuatu yang sudah menjadi candu memang terkadang berakhir dengan frustasi dan gagal. 

Jika Kamu mengunjungi tenaga ahli, maka mereka akan memberikan psikoterapi yang tepat, atau menggunakan terapi perilaku kognitif.  

Para pecandu game online rerata mempunyai pola pikir yang irasional dan tidak sehat. Sehingga tenaga ahli akan mengalihkan pikiran pecandu dan mengubah mindset ke arah yang lebih sehat. 

Itulah informasi terkait tentang adiksi terhadap permainan daring. Jika pecandu masih berusia remaja dan dewasa, maka orang tua harus berperan aktif dalam memberikan pengawasan dan kegiatan-kegiatan yang positif. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
mobile-closeKredit PintarDownload