Harga Vario 160 2023 dan Bekalan Spesifikasi yang Ditawarkannya

08 Aug 2023 by kreditpintar, Last edit: 09 Aug 2023

Sejak peluncurannya, Honda Vario 160 berhasil mencuri perhatian para pengguna kendaraan roda dua. Tidak hanya spesifikasinya yang unggul. Harga Vario 160 cukup terjangkau dan sesuai dengan kebutuhan kendaraan masyarakat masa kini.

Informasi Harga Vario 160 Terbaru 

Astra Honda Motor atau AHM telah melakukan pembaharuan dengan meluncurkan All New Vario 160. Motor skutik ini mendapatkan serangkaian penyegaran, mulai dari desain, mesin, hingga rangkanya.

Hal inilah yang kemudian memberikan daya tarik tersendiri bagi para pengguna kendaraan bermotor untuk mempertimbangkan harganya demi memilikinya.Honda Vario 160 tersedia dalam dua varian, yakni Vario 160 CBS dan Vario 160 ABS. Masing-masing varian Vario 160 ini dijual dengan harga yang berbeda.Harga Vario 160 CBS terbaru mencapai Rp26,54 juta, dengan DP mulai dari Rp2,7 juta. Sedangkan harga Vario 160 ABS dibanderol dengan harga Rp29,26 juta. Anda bisa melakukan pembelian dengan DP mulai Rp3 juta.Harga Vario 160 ini tentu saja sebanding dengan spesifikasi yang dibawanya. Berikut ini adalah spesifikasi Honda Vario 160.

Baca Juga: Harga Honda Genio dan Review Spesifikasi

Desain

Honda Vario 160 masih menggunakan konsep yang sama, yakni skutik dengan gaya sporty. Pada desainnya, tampak garis-garis tegas yang membuatnya semakin gahar saat bermanuver di jalanan.Di bagian depannya, dirancang dengan model bertingkat. Hal ini semakin memperjelas tampilan depannya yang keren dan modern.Sementara itu, perihal sistem pencahayaan bagian depan masih menggunakan Dual Keen LED Headlight. Tak lupa pula mendapatkan dukungan lampu sein yang lebih lebar ke bawah.Untuk memaksimalkan pencahayaan depannya, terdapat pembatas dengan tarikan garis cover headlamp. Hal ini memberikan kesan agresif dan berkelas pada Honda Vario 160.Beralih ke bagian belakangnya, Honda Vario 160 menerapkan motif yang lebih modern. Bagian belakangnya dilengkapi dengan emblem 3 dimensi dan terlihat jelas tulisan Vario 160.Namun, tampilan ini hanya bisa kita lihat pada varian Vario 160 ABS. Pada bagian samping, kita akan melihat kesan yang elegan dan semakin kuat.Honda Vario 160 memiliki desain yang gagah dengan ukuran dimensi sedikit berbeda dari model 150. Ukuran dimensi Vario 160 terdiri dari panjang 1.929 mm, lebar 679 mm dan tinggi 1.088.Sedangkan tempat duduknya yang awalnya hanya berukuran 769 mm kini menjadi 778 mm. Jarak sumbu roda saat ini lebih pendek dibandingkan dengan model lamanya, yakni mencapai 1.277 mm.Perbedaan Vario 160 CBS dan ABS bisa kita lihat dari varian warna yang ditawarkannya. Untuk varian Vario 160 CBS tersedia dalam warna Active Black, Grande Matte Red, dan Grande Matte Black.Sedangkan Vario 160 ABS memiliki varian warna Grande Matte White, Active Black, hingga Grande Matte Black. Warna Vario 160 ini, bisa kita sesuaikan dengan selera dan karakter masing-masing.

Mesin dan Konsumsi BBM Vario 160

Tidak salah mempertimbangkan harga Vario 160. Pasalnya, motor besutan Honda ini menawarkan bekalan mesin yang tangguh dan konsumsi bahan bakar yang irit.All New Honda Vario 160 telah menerima mesin generasi terbarunya. Saat ini, Vario 160 mendapatkan bekalan mesin enji 160cc yang mendapatkan dukungan empat klep, SOHC, berpendingin cairan, hingga teknologi enhanced Smart Power Plus (eSP+).Berkat bekalan mesin yang dibawanya inilah, mampu menghasilkan tenaga maksimal hingga mencapai 15,3 Hp pada 8.500 rpm. Sedangkan torsi puncak yang dihasilkan mencapai 13,8 Nm pada 7.000 rpm.Honda Vario 160 memiliki ukuran bore x stroke 60 x 55,5 mm yang sebelumnya hanya 57,3 mm x 57,9 mm. Kemudian, pada rasio kompresinya juga mendapatkan peningkatan.Honda Vario 160 lama, memiliki 10,6:1. Saat ini memiliki rasio kompresi 12:1. Bila kita bandingkan dengan model lamanya, kenaikan ini menunjukkan angka yang cukup signifikan.Sebelumnya, Honda Vario 160 model lama menghasilkan tenaga 13 Hp pada 8.500 rpm dan torsi yang meningkat sedikit, yakni dari 13,4 Nm pada 5.000 rpm.Dengan bekalan mesin yang dibawanya inilah, All New Honda Vario 160 diklaim memiliki konsumsi bahan bakar yang cukup hemat mencapai 46,9 km per liter. Hal ini telah dibuktikan melalui pengetesan pengaktifan fitur ramah lingkungan Idling Stop System.Selain itu, juga menggunakan metode pengetesan World wide Motorcycle Test Cycle atau WMTC Euro 3.

Baca Juga: Harga Mobil Civic Turbo dan Fitur Lengkap

Fitur Honda Vario 160

Berkat beragam fitur canggih yang dibawanya, harga Vario 160 tidak mengecewakan. Honda Vario 160 memberikan kenyamanan tingkat tinggi dengan teknologi rangka yang dimilikinya.Hal ini telah tercermin pada All New Scoopy hingga Genio. Fitur yang dimaksud adalah frame eSAF atau enhanced Smart Architecture Frame.Berkat fitur ini, Honda Vario 160 memiliki pergerakan yang semakin lincah dan mudah untuk kita kendarai. Sayangnya, rangka eSAF milik Honda Vario 160 ini tidak memberikan dampak positif ke sektor lainnya.Akan tetapi, bobotnya justru mengalami peningkatan. Sebelumnya, memiliki bobot 112 kg dan kini menjadi 115 kg untuk CBS dan 117 kg untuk varian ABS.Tak hanya itu saja, volume bahan bakar maupun ruang bagasi yang terdapat pada bawah jok juga tidak memperlihatkan perubahan. Honda Vario 160 CBS sebesar 5,5 liter. Sedangkan Honda Vario 160 ABS sebesar 18 liter.Untuk varian tertingginya, yakni Vario 160 ABS telah dilengkapi dengan Anti lock Braking System (ABS). Secara otomatis, pengereman belakang mendapatkan kelengkapan cakram yang sangat baik.Namun, untuk Vario 160 masih sama dengan model lamanya tetapi fitur lainnya tetap identik. Seperti halnya USB charger type A yang memiliki daya maksimal 5V 2.1 A. Hal ini terletak pada sisi sebelah kiri dek depan dan dilengkapi dengan penutup. Baik Vario 160 CBS dan ABS sudah mendapatkan dukungan sistem pencahayaan dengan teknologi LED, Brake Lock System, Side Stand Switch, Smart Key System yang telah terintegrasi dengan Answer Back System panel instrument full digital hingga Anti Theft Alarm.

Baca Juga: Lebih Sporty dan Futuristik! Cek Harga Honda Civic

Pengendaraan dan Pengendalian Honda Vario 160

Harga Vario 160 telah disesuaikan dengan pengendaraan dan pengendaliannya. Hal ini semakin menguntungkan pengguna dari segi harga dan kenyamanannya.Pada bagian kaki-kaki, pihak perusahaan masih mempercayakan suspensi depan teleskopik serta belakang swing arm yang ditingkatkan dengan shockbreaker tunggal. Vario 160 juga memiliki kemampuan untuk meredam getaran, sehingga memberikan rasa nyaman meskipun sedang melintasi medan yang berat sekalipun.Sementara itu, diameter roda masih memiliki penampakan yang identik dengan model lamanya, yakni sebesar 14 inci. Akan tetapi, sekarang sudah menggunakan palang model baru.Kulit bundaran juga memiliki profil yang lebih lebar. Jika sebelumnya menggunakan 80/90 (depan) dan 100/80 (belakang), saat ini mendapatkan peningkatan menjadi 100/80 pada bagian depannya dan 120/70 pada bagian belakangnya. Kedua ban tersebut sudah termasuk ke dalam jenis ban tubeless.Berbicara soal dapur pacu dan performa, Honda Vario 160 lebih unggul bila kita bandingkan dengan motor sejenisnya. Seperti Honda Vario 125 dengan kapasitas mesin 124.8 cc, Honda PCX160 (156.9 cc), Yamaha Aerox Connected (155 cc), dan Honda Scoopy (109,5 cc).Namun, jika kita membandingkannya dari indikator lampu, kelima motor tersebut telah mendapatkannya. Sedangkan dari segi diameter dan langkah, Honda Vario 160 tidak jauh tertinggal.Itulah tadi informasi seputar harga Vario 160 beserta dengan spesifikasinya. Melalui informasi ini, bisa kita jadikan acuan untuk mempertimbangkan kembali jika ingin menjadikan Honda Vario 160 sebagai tunggangan andalan keluarga.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
09 Aug 2023
mobile-close
Pinjam kilat 20 juta!Download