Harga Hebel per Kubik: Pilihan Terbaik untuk Konstruksi di Bandung, Jakarta, dan Bekasi

19 Jul 2023 by kreditpintar, Last edit: 07 Jul 2023

Pada saat merencanakan sebuah proyek konstruksi, salah satu aspek penting yang perlu diperhatikan adalah pemilihan bahan bangunan yang tepat. Salah satu bahan bangunan yang populer dan sering digunakan dalam proyek-proyek konstruksi adalah hebel. 

Hebel, atau juga dikenal sebagai Autoclaved Aerated Concrete (AAC), adalah bahan bangunan ringan yang memiliki keunggulan dalam hal kekuatan, ketahanan terhadap api, dan keberlanjutan. Namun, sebelum memutuskan untuk menggunakan hebel, penting untuk memahami harga hebel per kubik, terutama di kota-kota seperti Bandung, Jakarta, dan Bekasi. Artikel ini akan mengulas tentang harga hebel per kubik di ketiga kota tersebut.

Baca juga: Jenis serta Harga Triplek Terbaru di Pasaran

Harga Hebel Per Kubik

Sekarang, mari kita bahas harga hebel per kubik di Bandung. Bandung, sebagai salah satu kota besar di Indonesia, memiliki banyak penjual hebel yang menyediakan berbagai jenis dan ukuran. 

Harga hebel per kubik di Bandung dapat bervariasi tergantung pada produsen, kualitas, dan jumlah yang dibeli. Secara umum, harga hebel per kubik di Bandung berkisar antara Rp 1.500.000 hingga Rp 2.500.000. Namun, perlu dicatat bahwa harga tersebut dapat berubah seiring waktu dan fluktuasi pasar.

Selanjutnya, mari kita fokus pada harga hebel per kubik di Jakarta. Jakarta, sebagai ibu kota Indonesia, memiliki pasar yang lebih kompetitif dan penjual yang lebih banyak dibandingkan dengan Bandung. Harga hebel per kubik di Jakarta biasanya sedikit lebih tinggi daripada di Bandung. 

Secara umum, harga hebel per kubik di Jakarta berkisar antara Rp 1.800.000 hingga Rp 3.000.000. Namun, seperti di Bandung, harga hebel dapat berbeda tergantung pada merek, kualitas, dan jumlah yang dibeli.

Terakhir, kita akan membahas harga hebel per kubik di Bekasi. Bekasi, sebagai salah satu kota di sekitar Jakarta yang sedang berkembang pesat, memiliki permintaan yang tinggi akan bahan bangunan termasuk hebel. 

Harga hebel per kubik di Bekasi cenderung serupa dengan harga di Jakarta. Dalam kisaran harga yang sama, yaitu antara Rp 1.800.000 hingga Rp 3.000.000, Anda dapat menemukan berbagai pilihan dan penjual yang memenuhi kebutuhan konstruksi Anda di Bekasi.

Di sisi lain, Harga hebel 7cm per kubik dapat bervariasi tergantung pada lokasi dan penjual. Secara umum, harga hebel 7cm per kubik berkisar antara Rp 1.500.000 hingga Rp 3.000.000 di Bandung, Jakarta, dan Bekasi. Akan tetapi, penting untuk meninjau lebih lanjut serta berkonsultasi dengan penjual atau ahli konstruksi lokal untuk mendapatkan harga yang akurat dan terbaru.

Namun, penting untuk diingat bahwa harga hebel per kubik hanya merupakan salah satu faktor dalam memilih bahan bangunan. Faktor lain seperti kualitas, kekuatan, keberlanjutan, dan kecocokan dengan proyek konstruksi Anda juga perlu dipertimbangkan. Jika memungkinkan, lakukan riset dan konsultasikan dengan ahli konstruksi atau kontraktor untuk memastikan keputusan yang tepat.

Jadi, harga hebel per kubik di Bandung, Jakarta, dan Bekasi berkisar antara Rp 1.500.000 hingga Rp 3.000.000. Harga ini dapat bervariasi tergantung pada berbagai faktor seperti merek, kualitas, dan jumlah yang dibeli. 

Apa itu Hebel?

Hebel adalah bahan bangunan yang terbuat dari campuran pasir silika, semen, air, dan bahan aditif. Proses produksi hebel melibatkan penggunaan autoclave, sebuah oven bertekanan tinggi yang menghasilkan gelembung-gelembung udara di dalam bahan. 

Gelembung-gelembung ini memberikan kepadatan yang rendah dan kekuatan yang tinggi pada hebel. Keuntungan utama penggunaan hebel adalah bobotnya yang ringan, sehingga memudahkan dalam pengangkutan dan pemasangan. Selain itu, hebel juga memiliki ketahanan terhadap api yang tinggi, isolasi panas dan suara yang baik, serta ramah lingkungan.

Baca juga: Harga Galvalum dan Rekomendasi Terbaik

Jenis-Jenis Hebel

Ada beberapa jenis hebel yang umum digunakan dalam industri konstruksi. Berikut adalah beberapa jenis hebel yang sering digunakan:

  1. Hebel Blok: Hebel blok adalah bentuk paling umum dari hebel. Mereka tersedia dalam berbagai ukuran dan digunakan untuk membangun dinding, partisi, dan struktur bangunan lainnya. Hebel blok memiliki berbagai ketebalan dan kepadatan untuk memenuhi kebutuhan konstruksi yang berbeda.
  2. Hebel Panel: Hebel panel adalah lembaran datar yang terbuat dari hebel. Mereka sering digunakan untuk membangun dinding, partisi, dan atap. Hebel panel memiliki ketebalan yang bervariasi dan dapat dengan mudah dipotong sesuai dengan kebutuhan proyek.
  3. ebel Lantai: Hebel juga digunakan sebagai bahan lantai. Hebel lantai memiliki kekuatan yang cukup untuk menahan beban lantai dan memberikan isolasi suara yang baik. Mereka tersedia dalam berbagai ukuran dan ketebalan untuk memenuhi kebutuhan desain lantai yang berbeda.
  4. Hebel Balok dan Kolom: Hebel juga digunakan sebagai bahan untuk pembuatan balok dan kolom. Balok dan kolom hebel biasanya diproduksi dalam bentuk precast atau dicetak sebelumnya dan kemudian dipasang di lokasi konstruksi. Mereka memberikan kekuatan dan stabilitas pada struktur bangunan.
  5. Hebel Panel Atap: Hebel panel atap digunakan untuk pembuatan atap bangunan. Mereka ringan dan memiliki sifat isolasi termal yang baik. Hebel panel atap juga mempermudah proses instalasi atap dan mengurangi beban pada struktur bangunan.

Setiap jenis hebel memiliki karakteristik dan kegunaan yang berbeda. Pemilihan jenis hebel yang tepat tergantung pada kebutuhan spesifik proyek konstruksi dan desain yang diinginkan. Konsultasikan dengan profesional atau ahli konstruksi untuk memilih jenis hebel yang paling sesuai dengan proyek Anda.

Fungsi Hebel

Hebel, atau Autoclaved Aerated Concrete (AAC), memiliki berbagai fungsi dalam konstruksi. Berikut adalah beberapa fungsi utama hebel:

Konstruksi Dinding

Hebel sering digunakan untuk membangun dinding dalam proyek konstruksi. Karena hebel merupakan bahan ringan, penggunaannya mempermudah proses instalasi dan pengangkutan. Dinding hebel memiliki kekuatan yang baik dan memberikan isolasi termal dan akustik yang efektif.

Partisi Ruangan

Hebel juga sering digunakan sebagai partisi ruangan. Keunggulan hebel dalam hal isolasi suara dan kepadatan membuatnya menjadi pilihan yang baik untuk memisahkan ruangan dalam bangunan.

Panel Atap

Dalam beberapa proyek, hebel juga digunakan sebagai panel atap. Panel atap hebel memiliki sifat isolasi termal yang baik dan ringan, sehingga dapat mengurangi beban pada struktur bangunan.

Lantai

Dalam beberapa kasus, hebel juga digunakan sebagai bahan lantai. Penggunaan hebel sebagai bahan lantai memberikan kekuatan yang cukup untuk menahan beban dan memberikan isolasi suara yang lebih baik.

Bahan Tambahan Konstruksi

Selain itu, hebel juga digunakan sebagai bahan tambahan dalam konstruksi seperti kolom, balok, dan elemen struktural lainnya. Kekuatan hebel membuatnya cocok untuk memperkuat struktur bangunan.

Keunggulan hebel mencakup berbagai faktor seperti kekuatan, isolasi termal dan akustik, keberlanjutan, serta kemudahan penggunaan dan pemasangan. Dengan kombinasi ini, hebel menjadi pilihan yang populer dalam proyek konstruksi modern.

Baca juga: Biaya Bangun Rumah 2 Lantai

Itu dia beberapa hal mengenai harga hebel per kubik yang perlu Anda pahami. Pemilihan hebel sebagai bahan bangunan dalam proyek konstruksi Anda dapat memberikan keuntungan dalam hal kekuatan, ketahanan terhadap api, dan keberlanjutan. Namun, jangan lupa untuk mempertimbangkan faktor-faktor lain yang relevan sebelum membuat keputusan akhir.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
07 Jul 2023
mobile-close
Pinjam kilat 20 juta!Download