Lebih Waspada, Ketahui Cara Cek Rekening Penipu

13 Oct 2021 by Laruan, Last edit: 29 Oct 2021

Apakah Anda pernah mencari cara cek rekening penipu? Di era yang sudah banyak kemajuan berbagai bidang, kehidupan manusia juga tidak lepas dari risiko. Aksi kejahatan pun marak, sehingga dibutuhkan kewaspadaan yang semakin besar. Tidak heran juga bahwa aksi penipuan secara online cukup gencar terjadi. Umumnya, modus dari pelaku mengajak kerjasama, menawarkan peluang usaha, sampai membobol rekening. 

E:\ADA APA YA ISINYA\KERJA KARYA\PEKERJAAN\KreeUP\Fastwork\Klien\Klien 1 Kredit Pintar Jakarta\Order 2\Gambar 2\cek rekening penipu 3.jpg

Tentu saja Anda tidak ingin hal seperti itu terjadi. Itulah mengapa Anda perlu memahami cara untuk cek rekening penipu. Hal ini menjadi wujud antisipasi kejahatan. Sebelum mengetahui caranya, ada baiknya untuk memahami dulu modus-modus penipuan yang sering terjadi. Untuk Anda yang memegang kartu kredit atau kartu debit, kenali modus-modus berikut ini.

1. Membobol Rekening dengan Kode OTP dan CVV

Pelaku memiliki tujuan untuk mendapat kode OTP atau One Time Password Di SMS. Penipu bisa juga mengincar nomor CVV atau 3 digit terakhir belakang kartu. Mayorita target dari modus ini adalah para pengguna kartu kredit berusia tua. Kode OTP dan CVV ini adalah data pribadi yang bahkan pihak bank pun tidak boleh melihat. 

Pelaku modus ini umumnya mengaku menjadi pegawai bank dan memberi informasi seperti; 

  • Pembatalan transaksi 
  • Info pemenang hadiah undian 
  • Kenaikan limit kartu kredit 

Semuanya menuntut korban untuk memberikan kode OTP dan CVV.

2. Penipuan Phishing Email 

Untuk penipuan jenis phishing email, target mendapati email masuk dengan informasi untuk memperbarui (upgrade account) Internet banking. Target korban lalu diarahkan klik link yang kemudian membawa ke halaman palsu. Pada halaman palsu itu, URL yang terlihat tidak cocok dengan bank resmi. Korban pun diminta mengisi data yang bersifat pribadi. 

3. Skimming ATM 

Modus skimming yaitu tindakan mencuri informasi kartu, entah itu debit atau kredit. Caranya adalah menyalin info yang ada di strip magnetik kartu. Di situlah tersimpan informasi tentang kartu. Modusnya memakai skimmer yang tertempel di slot kartu pada mesin ATM. Umumnya skimmer terbuat mirip bentuk slot kartu ATM. Jadi masyarakat awam akan sulit menemukannya.

Ketika kartu masuk ke mesin ATM, skimmer merekam informasi kartu tersebut. Kemudian spy camera merekam informasi dari ATM korban. Untuk menghindari terjadinya skimming, coba lakukan hal berikut 

  • Tutup tangan ketika memasukkan PIN ATM
  • Periksa situasi mesin ATM yang digunakan 
  • Cek lokasi di mana mesin ATM berada 
  • Mengganti PIN secara berkala agar tidak terjadi pembobolan 
  • Mengubah kartu menjadi yang berbasis chip 

Memang penipuan itu berbahaya. Sebenarnya masih ada lagi yang perlu diwaspadai yaitu penipuan rekening, yaitu saat bertransaksi secara online menggunakan rekening. Contohnya adalah berbelanja online di online shop. Tapi, tidak perlu terlalu khawatir, karena sudah ada cara untuk mengatasinya. Anda bisa mencari informasi rekening si pelaku. 

E:\ADA APA YA ISINYA\KERJA KARYA\PEKERJAAN\KreeUP\Fastwork\Klien\Klien 1 Kredit Pintar Jakarta\Order 2\Gambar 2\cek rekening penipu 1.jpg

Cek Rekening Penipu dengan Cara Ini

Agar lebih jelas, kenali cara cek rekening penipu online seperti berikut ini. 

1. Cek Rekening Penipu melalui Website Cekrekening.id

Cara mudah untuk cek rekening penipu adalah dengan website cekrekening.id. Website ini diluncurkan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) untuk merespons laporan dari masyarakat tentang penipuan online. Situs milik pemerintah ini bisa menjadi perlindungan gratis untuk masyarakat luas. Untuk mengaksesnya bisa langsung melalui smartphone. 

Berikut ini adalah cara untuk menggunakan cekrekening.id.

  • Buka website cekrekening.id
  • Masukkan nama bank dan juga nomor rekening yang Anda akan laporkan
  • Berikutnya, tim cekrekening.id akan verifikasi data. 
  • Berikutnya akan muncul data setelah verifikasi rekening. Bila ditemukan riwayat penipuan, akan tercatat riwayat laporan.
  • Sesudah pelaporan, maka akan segera muncul informasi tentang nama orang yang memiliki rekening tersebut, nama bank, dan rekaman aktivitas transaksi sebelumnya.

Bukan hanya melayani laporan untuk melacak rekening penipu, tapi juga bisa memberi wadah pengaduan tentang investasi bodong atau beragam kejahatan lain yang mengancam masyarakat.

Yang harus diingat, situs ini akan membantu melacak rekening yang dilaporkan. Tapi, laporan dari cekrekening.id tergantung dari laporan yang sudah ada sebelumnya. Misalnya nomor yang dilaporkan itu belum pernah tercatat datanya, kemungkinan rekening tidak terdeteksi sebagai penipu.

2. Cek Rekening Penipu di Instagram @indonesiablacklist

Cara berikutnya yang bisa dilakukan untuk cek rekening penipu yaitu dengan akun Instagram @indonesiablacklist. Sejak awal, akun tersebut sudah mengumpulkan deretan kasus penipuan di banyak toko online dan Instagram.

Apabila Anda akan mengecek nomor rekening lewat akun @indonesiablaclist, maka Anda bisa langsung kirim DM. Ada juga layanan untuk mediasi secara gratis jika memang Anda adalah korban penipuan online dari @indonesiablacklist.

Lalu bagaimana cara untuk pengecekan dengan @indonesiablacklist?

  • Buka akun Instagram @indonesiablacklist;
  • Cek lagi akun atau rekening yang menghubungi Anda, apakah ada di dalam daftar yang telah tertulis akun mereka
  • Anda bisa juga kirim DM ke mereka.
  • Jika misal tidak ketemu username akun tersebut, maka akun tersebut bukanlah akun penipuan.

Pernahkah Anda menggunakan laporan dengan cara di atas?

3. Cek Rekening melalui Website Lapor.go.id

Website berikutnya yaitu situs buatan Kepolisian Republik Indonesia, namanya Lapor.go.id. Situs yang satu ini singkatan dari Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat. LAPOR memberikan layanan pelacakan rekening penipu.

Bukan hanya cek kasus penipuan, tapi juga berbagai laporan kriminal bisa dilayangkan dengan situs Lapor ini. Apabila Anda mau melakukan pengecekan rekening dengan situs Lapor.go.id, Anda harus login dahulu dan mendaftar akun. Selain dengan website resmi Lapor.go.id, tentu Anda juga bisa melayangkan pengaduan dengan:

  • SMS dan kirim ke nomor 1708 (Ada tarif tertentu)
  • Aplikasi LAPOR! (bisa diunduh di Android)
  • Akun Twitter @LAPOR1708 dengan hashtag #lapor

Adakah cara tersebut yang pernah Anda lakukan?

4. Cek Rekening Penipu Melalui Kredibel.co.id

Situs yang ini mirip yang ada di cekrekening.id pada poin 1 di atas. Namanya adalah kredibel.co.id. Anda bisa menggunakannya untuk cek rekening penipu. Website ini bisa merekam riwayat nomor rekening dan juga nama si pemilik rekening yang sudah Anda laporkan.

Apabila laporan sebelumnya sudah tercatat tentang rekening tersebut, secara otomatis bisa muncul sebuah keterangan bahwa rekening tersebut merupakan rekening penipu. 

Untuk prosedur penggunaannya juga mirip seperti cekrekening.id yang sudah dijelaskan. Berikut adalah langkah-langkah yang bisa dilakukan: 

  • Buka situs kredibel.co.id
  • Input nomor rekening yang akan dilaporkan.
  • Data nomor yang sudah Anda inputkan segera dilacak situs 
  • Situs kredibel segera memberi informasi tentang nomor tersebut, apakah pernah terkait penipuan atau tidak. 

Cara-cara di atas bisa Anda dilakukan untuk cek rekening penipu. Tapi, sebelum hal itu terjadi, alangkah baiknya Anda meningkatkan kewaspadaan diri saat berselancar di internet. Apalagi saat Anda belanja online, sebaiknya pilih yang terpercaya dan terjamin keamanannya. Semoga Anda bisa terhindar dari penipuan dengan modus apapun.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi dan tips lain yang bermanfaat.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
29 Oct 2021
Pinjam kilat 20 juta!Download