Cara Pasang Tempered Glass Sendiri Anti Gelembung

18 Nov 2021 by Laruan

Layar handphone kita sangat sensitif dan rawan untuk tergores. Cara untuk mencegah hal tersebut adalah dengan memasang tempered glass 9d. Sama seperti anti gores, tempered glass juga berfungsi untuk melindungi layar handphone kita dari kerusakan. Jika anti gores terbuat dari plastik, lain halnya dengan tempered glass yang terbuat dari kaca berkualitas dan kokoh. Ini dia cara pasang tempered glass.

A person holding a cell phone

Description automatically generated with low confidence

Saat kita membeli handphone baru, alangkah baiknya jika kita memasang tempered glass juga. Pada umumnya pemasangan tempered glass sudah termasuk dalam pembayaran handphone baru kita. Namun, beberapa toko tidak menyertakan tempered glass dan kita harus membelinya secara terpisah. Atau juga anda dapat membeli tempered glass 9d secara online dan memasang secara mandiri di rumah. 

Manfaat Tempered Glass

Dengan memasang tempered glass, Anda akan memiliki banyak manfaat untuk handphone Anda. Berikut adalah manfaat yang bisa didapatkan jika memasang tempered glass: 

  • Daya tahan terhadap goresan akan lebih baik 

Jika Anda bukanlah orang yang rapih dan cenderung sembarangan menaruh handphone, maka Anda disarankan untuk memasang tempered glass. Sembarangan menaruh handphone dapat berakibat fatal bagi handphone Anda. Seperti memasukan handphone dan kunci rumah di saku yang sama dapat menggores layar handphone Anda. 

  • Penghalang blue light 

Blue light adalah sinar biru yang terpancarkan oleh gadget kita, tidak terkecuali handphone. Jika kita terpapar sinar biru secara terus menerus maka mata kita akan terganggu. Salah satu pencegahan rusaknya mata kita akibat sinar biru adalah dengan memasang tempered glass. Tempered glass akan memfilter sinar biru tersebut sehingga kita akan aman menggunakan gadget. 

  • Mengatasi backlight dan mencegah orang lain melihat layar handphone Anda

Beberapa tempered glass memiliki fitur tambahan untuk mengatasi backlight jika terpapar sinar matahari. Biasanya jika kita menggunakan handphone di bawah terik matahari, kita tidak akan melihat dengan jelas layar handphone kita karena gelap. Dengan menggunakan tempered glass, hal tersebut dapat diminimalisir. 

Selain itu, dengan memasang tempered glass layar handphone Anda tidak akan bisa terlihat dari samping. Hal tersebut akan menguntungkan privasi Anda, karena layar handphone Anda tidak akan terlihat oleh orang di sebelah Anda. Jika ada orang di sebelah Anda, orang tersebut hanya akan melihat layar hitam

  • Melindungi dari tekanan 

Dengan memasang tempered glass, Anda akan mendapatkan perlindungan tambahan bagi layar handphone Anda. Perlindungan tersebut termasuk dari tekanan yang dapat menyebabkan layar handphone Anda retak. Terlebih jika Anda sering menaruh handphone Anda di tas atau saku yang sempit. Menaruh di tas atau saku yang sempit dapat meningkatkan risiko handphone Anda terkena dan retak. 

Cara Memasang Tempered Glass

Jika Anda berminat, Anda dapat memasang tempered glass sendiri. Cara pasang tempered glass di rumah sangatlah mudah. Namun, kita harus hati-hati saat memasang tempered glass. Karena jika tidak, tempered glass yang kita pasang akan ada gelembung udara yang terjebak di antara layar handphone dan tempered glass. Berikut adalah cara pasang tempered glass tanpa gelembung. 

1. Cuci Tangan Dengan Air Mengalir 

Tahapan pertama untuk cara pasang tempered glass sendiri di rumah adalah dengan mencuci tangan kita terlebih dahulu. Mencuci tangan sebaiknya dengan menggunakan sabun sehingga kotoan dan minyak akan bersih dari tangan kita. 

Tujuan untuk mencuci tangan adalah untuk membersihkan kotoran dan minyak dari jari-jari dan telapak tangan kita. Sehingga saat kita memasang tempered glass, tempered glass akan tetap bersih dan jernih bebas dari kotoran. 

2. Bersihkan Layar Handphone Dengan Lap Basah 

Cara pasang tempered glass yang kedua adalah dengan membersihkan layar handphone.  Membersihkan layar handphone juga bermanfaat untuk meminimalisir gelembung udara. Jika Anda membeli tempered glass secara online, Anda akan menemukan wet wipe dan dry wipe dalam kemasan. 

Pertama-tama, gunakanlah wet wipe yang tersedia untuk mengelap layar handphone. Atau jika wet wipe tidak tersedia, Anda dapat menggunakan lap yang dibasahi oleh air untuk menggantikan wet wipe. 

Gosok dengan perlahan seluruh layar handphone Anda dengan menggunakan wet wipe atau lap basah. Pastikan sekali lagi seluruh layar telah bersih dari debu yang menempel atau bagian yang lengket karena kotoran. 

3. Seka Layar Handphone Dengan Lap Kering 

Setelah layar handphone dilap dengan lap basah, segera lap permukaan layar handphone Anda dengan dry wipe. Jika dry wipe tidak tersedia dalam kemasan tempered glass yang Anda beli, Anda bisa menggunakan tisu kering atau lap kering yang bersih.

Seka seluruh permukaan layar handphone Anda dengan dry wipe atau lap kering sampai seluruh permukaan tidak basah lagi dan terbebas dari kotoran dan debu. 

Tujuan mengelap layar handphone dengan 2 tahap adalah untuk membersihkan debu dan kotoran yang sebelumnya menempel di layar handphone. Jika debu dan kotoran tersebut tidak dibersihkan terlebih dahulu, maka layar handphone tidak akan terlihat jernih dan bersih karena kotoran dan debu tersebut akan terperangkap di antara tempered glass dan layar handphone Anda. 

4. Bersihkan Debu Dengan Duster (opsional)

Sembari menyiapkan tempered glass yang akan dipasang, seringkali layar handphone Anda ditempeli debu kembali. Cara pasang tempered glass yang baik adalah dengan memastikan tidak ada debu yang menempel sebelum memasang tempered glass. 

Untuk mengatasi hal tersebut, Anda dapat menggunakan duster untuk menghilangkan debu yang menempel. Jika Anda tidak memiliki duster, Anda dapat meniup dengan perlahan debu tersebut untuk membersihkannya. 

5. Pasang Tempered Glass

Langkah selanjutnya untuk cara pasang tempered glass adalah dengan menempelkan tempered glass di layar handphone Anda. Memasang tempered glass tidak seperti memasang stiker. Anda perlu hati-hati agar tidak ada gelembung udara yang terjebak di antara tempered glass Anda.  Berikut adalah cara menempelkan tempered glass: 

  • Untuk memasang tempered glass, jangan memegang seperti memegang kertas. Peganglah tempered glass pada bagian pinggirnya dengan perlahan. Karena jika Anda memegang tempered glass seperti memegang kertas, dikhawatirkan kotoran dari tangan Anda akan menempel dan menimbulkan bekas. 
  • Posisikan tempered glass 9d di atas layar handphone Anda. Pastikan posisi lubang-lubang di tempered glass sudah sesuai dan sudah pas dengan sempurna di layar handphone Anda, tidak kekecilan ataupun kebesaran. 
  • Jika sudah pas, buka plastik pelindung tempered glass Anda. Jika sudah, posisikan lapisan lengket untuk menempel di layar handphone Anda. 
  • Tempelkan secara perlahan dan sedikit demi sedikit dimulai dari ujung layar. Sembari ditempel, usap tempered glass agar gelembung udara tidak terjebak diantara layar handphone Anda. Pastikan tempered glass tetap lurus dan tidak miring miring. 
  • Jika sudah selesai, usap sekali lagi seluruh permukaan layar handphone Anda untuk memastikan bahwa tempered glass sudah terpasang dengan baik. 

Berikut adalah cara pasang tempered glass 9d yang baik agar tidak ada gelembung udara yang terjebak. Semoga artikel ini bermanfaat dan Anda dapat mempraktekkannya sendiri di rumah dengan baik. Simak juga artikel bermanfaat lainnya di bawah ini. 

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi dan tips lain yang bermanfaat.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
18 Nov 2021
mobile-closeKredit PintarDownload