Cara Menyimpan Makanan di Kulkas Agar Tetap Segar

09 Jul 2021 by Laruan

Dulu saya membayangkan bahwa dengan punya kulkas, makanan akan tahan lebih lama dan tetap segar. Ternyata, setelah mempunyai kulkas masih saja ada makanan yang tidak segar atau bahkan busuk sebelum dikonsumsi. Usut punya usut, ternyata permasalahannya terletak pada cara menyimpan makanan di kulkas yang kurang tepat. 

Lalu, seperti apa cara menyimpan makanan di kulkas? Simak pembahasan berikut ini:

Tips Menyimpan Makanan di Kulkas Agar Lebih Awet 

Makanan sisa

Seringkali makanan yang masih tersisa hanya dibuang begitu saja karena jika disimpan, rasa akan berubah dan tidak segar lagi. Ikuti langkah-langkah berikut ini untuk menyimpan sisa makanan:

Tips Menyimpan Makanan di Kulkas Agar Lebih Awet
  1. Simpan makanan sisa Kredit Pintar di wadah anti bocor atau plastik wraps. Ini akan membantu makanan Kredit Pintar agar tetap segar untuk dikonsumsi lagi di lain waktu.
  2. Jika Kredit Pintar menyimpan beberapa jenis makanan, pastikan untuk mengkonsumsi makanan yang paling lama. Ikuti hukum “first in, first out” agar makanan tidak terlanjur basi.
  3. Masukkan makanan sisa ke kulkas dalam rentang waktu 2 jam setelah dimasak. Kulkas modern sudah tahan panas, jadi semisal sisa makanan Kredit Pintar masih panas tidak perlu menunggu dingin sebelum dimasukkan kulkas.
  4. Bagi dan tempatkanlah sisa makanan dalam tempat-tempat kecil (bisa dalam bentuk per-porsi) sebelum dimasukkan kulkas. Hal ini berguna agar proses pendinginan cepat sehingga bakteri tidak sempat berkembang. Keuntungan yang lain adalah makanan dapat diambil dalam porsi kecil tanpa mempengaruhi sisa makanan yang lain.
  5. Jika ada sisa makanan kaleng, pindahkan ke wadah lain sebelum dimasukkan ke kulkas. Residu logam di penutupnya dapat mempengaruhi rasa makanan.
  6. Makanan sisa di kulkas dapat bertahan hingga 3-5 hari. Sedangkan jika dibekukan, makanan sisa dapat bertahan hingga 4 bulan.

Daging, Ikan, dan unggas

Cara menyimpan makanan di kulkas selanjutnya adalah dengan freezer. Jika Kredit Pintar ingin menyimpan daging, ikan, atau unggas (ayam, bebek, entok, dll) pastikan untuk menyimpannya di bagian terdingin dari kulkas Kredit Pintar. Jika freezer Kredit Pintar memiliki pengaturan suhu sendiri, aturlah suhu ke 29°F atau sekitar -1.6°C untuk penyimpanan daging Kredit Pintar.

Biasanya daging yang dibeli di supermarket telah terbungkus dengan plastik wrap beralaskan styrofoam. Jika demikian, untuk menjaga agar daging tetap segar jangan ganti pembungkusnya karena dengan mengganti pembungkus dapat menambah risiko daging terkena bakteri. Cukup ambil daging, ikan, atau ayam yang dibutuhkan dan segera tutup lagi pembungkusnya dan letakkan di freezer.

Produk dairy

Produk-produk dairy seperti keju, yogurt, susu, krim biasanya dijual dengan pembungkus yang didesain khusus untuk produk tersebut. Untuk itu, jika pemakaian tidak sampai habis cukup tutup kembali pembungkus tersebut dengan rapi dan masukkan ke kulkas. Namun, jika produk susu sudah Kredit Pintar pindahkan ke pitcher atau botol jangan dikembalikan ke bungkusnya. Alih-alih, tutup rapat pitcher atau botol tersebut dan simpan di kulkas.

Yang paling penting untuk diingat adalah jangan meletakkan produk susu di pintu kulkas. Itu adalah tempat yang paling hangat di kulkas, jadi gunakan ruang yang ada di pintu untuk minuman yang tidak mudah rusak atau bumbu-bumbu.

Buah dan sayuran

Tempatkan buah dan sayuran sesuai jenisnya seperti apel dengan apel, pisang dengan pisang, mentimun dengan mentimun dan lain sebagainya. Alasannya adalah karena buah-buahan dan sayur-sayuran mengeluarkan gas yang bermacam-macam yang dapat membuat busuk jenis lain. Jangan lupa untuk membersihkan sayur-sayuran dan buah-buahan sebelum dimasukkan ke kulkas. 

Buah dan sayuran yang telah dikupas hendaknya dimasukkan kedalam wadah terbuka ketika dimasukkan ke kulkas agar kelembaban terjaga.  Nah, itulah beberapa cara menyimpan makanan di kulkas agar lebih awet dan tetap segar. Pastikan kulkas Kredit Pintar dalam kondisi yang prima agar makanan tetap terjaga. Jika membutuhkan dana untuk membeli kulkas baru, jangan ragu untuk daftar ke Kredit Pintar. Kredit pintar dapat mewujudkan impian Kredit Pintar dengan syarat yang mudah dan proses yang cepat.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
mobile-closeKredit PintarDownload