Cara Mengembalikan Indra Penciuman dengan Bahan Rumahan

26 Jul 2021 by georgineesperance

Sobat Pintar! Covid-19 memiliki berbagai jenis gejala, salah satu gejalanya adalah anosmia. Anosmia adalah kondisi saat hidung tidak bisa mencium bau atau indra penciuman tak peka. Dalam artikel ini, kami akan memberikan informasi mengenai cara mengembalikan indra penciuman dengan bahan rumahan.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Internal Medicine edisi April 2020, disfungsi penciuman (yaitu hilangnya penciuman atau rasa) lebih umum terjadi pada kasus Covid-19 ringan dan dibutuhkan sekitar 21,6 hari untuk pulih darinya.

Jika kamu mengalami anosmia, berikut ini adalah cara yang bisa kamu coba untuk membantu mengembalikan indra penciuman :

1. Pelatihan bau

Ada intervensi medis untuk anosmia tergantung pada penyebabnya, tetapi dokter juga merekomendasikan pelatihan penciuman sebagai strategi tambahan di rumah.

Dalam metode ini, kita harus mencium serangkaian empat bau kuat yang dapat ditemukan di rumah.

Atau kita dapat menggunakan empat minyak esensial yang berbeda. Hirup setiap aroma dengan lembut selama 20 detik dan ulangi prosesnya tiga kali sehari selama 6 minggu, menggunakan empat bau yang sama.

2. Menggunakan minyak jarak (castor oil)

Selama bertahun-tahun, minyak jarak telah digunakan sebagai nasya, atau pengobatan saluran hidung untuk memulihkan kehilangan bau di Ayurveda.

Para ahli mengatakan komponen aktifnya, asam risinoleat, membantu melawan infeksi, mengurangi pembengkakan saluran hidung dan peradangan yang disebabkan oleh pilek dan alergi.

Taruh dua tetes minyak jarak hangat di setiap lubang hidung dua kali sehari,di pagi hari dan tepat sebelum tidur. Pastikan tidak panas.

3. Menggunakan jahe

Pakar naturopati merekomendasikan minum teh jahe untuk mengobati anosmia di rumah.

Menurut mereka, teh jahe membantu mengurangi peradangan pada saluran udara hidung dan mencegah pembentukan lendir berlebih yang menyumbat saluran hidung, yang menyebabkan hilangnya penciuman.

Kita bisa menggunakan bubuk atau jahe mentah untuk menyiapkan minuman herbal ini.

4. Mencuci hidung dengan teknik irigasi garam

Mencuci hidung dengan air asin adalah obat yang efektif untuk menghilangkan bau karena alergi atau hidung tersumbat. Ini membantu mengeluarkan alergen dan lendir dari rongga hidung.

Untuk membuat larutan garam di rumah, tambahkan satu sendok teh garam dan satu sendok teh soda kue ke dalam secangkir air suling.

Sekarang, dengan menggunakan jarum suntik medis, semprotkan larutan ke satu lubang hidung.

Saat melakukannya, miringkan kepala ke belakang. Biarkan mengalir keluar dari mulut dan ulangi pada lubang hidung lainnya. Lakukan ini beberapa kali sehari.

Penyebab hilangnya indra penciuman tak hanya Covid-19. Kehilangan penciuman dapat terjadi karena banyak alasan lain.

Ini termasuk tumor dan polip hidung, alergi, virus, sinusitis, iritasi lingkungan seperti asap rokok dan pestisida, kondisi neurologis seperti penyakit Alzheimer, penyakit Parkinson, dan multiple sclerosis, serta cedera kepala traumatis.

Penuaan juga dapat menyebabkan penurunan indra penciuman, yang mengakibatkan hilangnya sebagian penciuman.

Pengobatan radiasi untuk kanker, terutama kanker kepala dan leher, juga dapat mempengaruhi indera penciuman.

Kehilangan penciuman sementara juga dapat terjadi sebagai efek samping dari obat resep tertentu. (*)



Artikel ini disadur dari artikel yang telah tayang di Tribunnews.com dengan judul 4 Cara Mengembalikan Indra Penciuman dengan Pengobatan Rumahan: Bisa Gunakan Jahe, https://www.tribunnews.com/kesehatan/2021/07/24/4-cara-mengembalikan-indra-penciuman-dengan-pengobatan-rumahan-bisa-gunakan-jahe?page=3.

mobile-closeKredit PintarDownload