Cara Menabung Untuk Lebaran Serta Beberapa Tips Berguna Yang Perlu Anda Coba

21 Apr 2021 by Laruan
cara menabung untuk lebaran

Lebaran merupakan hari raya besar bagi umat Islam dan biasanya satu bulan sebelum lebaran berbagai harga kebutuhan sehari – hari akan melonjak naik sampai 2 kali lipat. Maka untuk menyiasati pengeluaran uang untuk lebaran, alangkah baiknya kita mengerti cara menabung yang benar dan tepat. Cara menabung untuk lebaran berikut ada bermacam macam caranya. Langsung saja kita cek tips cara menabung untuk lebaran yang baik dan benar.

Untuk menyambut hari raya Idul Fitri, kita perlu mengatur finansial kita dengan cermat. Pada artikel ini kita akan mengetahui bagaimana cara menabung untuk lebaran, mulai dari cara menabung kebutuhan sehari – hari seperti makanan dan bahan memasak selama bulan Ramadhan serta hari raya Idul Fitri hingga bagaimana menabung untuk mendapatkan cukup uang untuk lebaran.

Cara menabung bahan makanan

Ada beberapa bahan makanan dapur atau bahan masakan yang dapat kita tabung dan persiapkan jauh – jauh hari sebelum memasuki bulan Ramadhan dan hari raya Idul Fitri. Salah satu cara untuk menyiasati pengeluran uang adalah dengan menabung bumbu dapur.

Bumbu – bumbu yang ada di dapur mulai dari berbagai macam jenis cabai, bawang putih, bawang merah dan juga beberapa bumbu – bumbu dapur lainnya cenderung mengalami kenaikan harga yang tinggi saat Ramadhan dan hari raya Idul Fitri.

  • Kita dapat membeli bawang putih dan bawang merah jauh jauh hari sebelum Ramadhan. Simpanlah persediaan bawang anda di tempat yang kering dan dalam kondisi yang terbuka. Biasanya kondisi penyimpanan yang seperti ini akan membuat bawang putih dan bawang merah dapat bertahan hingga sampai enam bulan.
  • Jika anda penggemar makanan pedas atau masakan yang mengandung cabai, anda dapat menabung persediaan cabai dengan cara mengeringkannya. Setelah cabainya kering anda dapat menyimpannya dalam sebuah toples kering yang kedap udara. Cara penyimpanan ini dapat membuat cabai anda dapat bertahan selama 6 bulan atau lebih.
  • Untuk bumbu – bumbu yang lain seperti ketumbar, kayu manis, merica dan sejenisnya bisa dibeli dalam keadaan kering, baik yang sudah dalam bentuk bubuk atau yang masih dalam keadaan kering. Simpanlah bumbu –  bumbu tersebut dalam suatu wadah yang kedap air, kering, serta tertutup rapat agar dapat bertahan selama lebih dari 3 bulan lamanya.
  • Untuk aneka macam rempah –  rempah semisal kunyit, jahe dan teman – temannya bisa kita jadikan menjadi bentuk bubuk. Setelah itu, kita simpan pada suatu tempat yang kering. Untuk bumbu bubuk yang sudah menggumpal, mengalami perubahan warna atau bau serta terdapat jamur, maka sebaiknya bumbu tersebut segera dibuang karena sudah tidak layak pakai.
  • Terdapat berbagai macam bumbu yang sudah dalam bentuk siap pakai atau bumbu instant yang dapat ditemui di pasaran, mulai dari bumbu nasi goreng hingga bumbu rawon, rendang dan sebagainya. Tidak ada salahnya bagi anda untuk menabung bumbu instant ini di dapur. Namun perlu anda ketahui bahwa bumbu – bumbu siap pakai atau bumbu instant ini biasanya memiliki rasa yang berbeda dengan bumbu asli.

Cara Menabung Sayuran

Cara menabung untuk lebaran yang selanjutnya adalah menabung sayuran. Sayuran merupakan bahan dapur yang tidak mampu bertahan lama jika disimpan dalam bentuk sayuran yang masih segar. Namun jangan khawatir, anda masih dapat menyimpan sayuran untuk persediaan dapur anda.

Terdapat dua cara yang dapat anda lakukan untuk menabung sayuran. Cara pertama yaitu anda membuat sayur menjadi bentuk acar atau asinan dan menanamnya. Ada beraneka macam jenis dari bibit sayuran yang dapat kita beli di pasar tradisional dan juga dari toko pertanian. Gunakanlah polibag atau pot untuk menanam jika anda tidak memiliki lahan yang cukup luas untuk menanam.

Kita dapat menanam berbagai macam jenis sayuran di polibag atau pot. Yang perlu kita perhatikan adalah kapan tanaman tersebut dapat dipanen. Untuk sayuran seperti sawi hijau dan bayam memiliki masa tanam yang tidak lebih dari 30 hari. Sementara untuk terong membutuhkan waktu sekitar 2 sampi 3 bulan untuk bisa dipanen. Jangan lupa untuk rutin merawat serta memberikan pupuk agar dapat tumbuh sesuai harapan.

Cara mencukupi kebutuhan finansial saat lebaran

Selain mempersiapkan kebutuhan makanan dan kebutuhan dapur, kita juga perlu menabung uang agar dapat memenuhi kebutuhan finansial saat lebaran nanti. Cara menabung untuk lebaran ini bisa anda lakukan dengan cara menyisihkan pendapatan anda sebesar 10 persen untuk ditabung. Menabung adalah proses yang melatih kesabaran kita sehingga kita harus membiasakan diri kita untuk menabung jauh – jauh hari.

Jika anda ingin mendapatkan persediaan finansial dengan cepat dan mudah, anda dapat mengunduh aplikasi kreditpintar atau mengunjungi alamat resmi Kredit Pintar untuk mendapatkan pinjaman dengan aman dan cepat.

Kredit Pintar menyediakan pinjaman hingga 8 juta dengan bunga yang rendah serta proses pengajuan yang cepat. Kredit Pintar sudah terdaftar secara resmi serta diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Indonesia sehingga anda tidak perlu ragu lagi.

Jadi itulah beberapa tips cara menabung untuk lebaran yang perlu anda lakukan untuk menghemat pengeluaran selama bulan Ramadhan hingga hari raya Idul Fitri. Semoga cara menabung untuk lebaran ini bermanfaat bagi anda.

kredit pintar
mobile-closeKredit PintarDownload