Cara Membuat Kembang Tahu, Simpel dan Anti Gagal

12 Feb 2022 by Laruan, Last edit: 24 Feb 2022

Selain rasanya yang enak, kembang tahu juga mengandung kalsium, karbohidrat, protein, zat besi, lemak, dan fosfor serta memiliki banyak manfaat. Cara membuat kembang  tahu juga cukup mudah untuk dicoba di rumah.

Kembang tahu yang disajikan bersama kuah jahe yang mengandung senyawa-senyawa antioksidan dapat membantu membuat tubuh terasa hangat dan memperkuat imun tubuh sehingga cocok dikonsumsi saat sedang tidak fit. Buat kamu yang penasaran dengan resepnya, berikut kami sajikan cara membuat kembang tahu yang bisa kamu coba di rumah. Dijamin enak dan anti gagal! 

Baca juga: Cara Membuat Pempek Palembang Enak tanpa Gagal

Bahan dan Alat yang Perlu Dipersiapkan 

Beberapa bahan yang diperlukan dalam pembuatan kembang tahu, antara lain kacang kedelai yang telah direndam selama empat hingga delapan jam, bubuk agar-agar putih (plain), gula pasir, dan garam. Sedangkan untuk membuat kuah jahenya diperlukan air, gula merah, gula pasir, jahe yang sudah digeprek, batang sereh yang sudah digeprek, cengkeh, daun jeruk, kayu manis, garam, serta daun pandan.

Untuk menghasilkan kembang tahu yang bermutu tinggi, perlu diperhatikan kualitas bahan yang digunakan, ya! Bahan-bahan tersebut harus memiliki standar yang premium dan terjaga kebersihannya. Semakin bagus kualitas bahan yang digunakan, semakin baik pula mutu kembang tahu yang dihasilkan.

Sementara itu, sebelum memulai cara membuat kembang tahu, ada beberapa alat-alat yang perlu disiapkan, seperti panci, kompor, baskom, alat penyaring, sendok pengaduk, blender, dan cetakan. Apabila alat dan bahan yang dibutuhkan sudah siap, kita bisa beranjak ke proses selanjutnya, yakni proses pembuatan kembang tahu.

Cara Membuat Kembang Tahu

Sebelum membuat kembang tahu, langkah pertama yang perlu dipersiapkan ialah membuat susu kedelai tawar terlebih dahulu. Berikut merupakan langkah-langkah yang perlu diperhatikan dalam pembuatan susu kedelai tawar.

  1. Kacang kedelai dengan mutu terbaik direndam selama 4−8 jam agar kulitnya terbuka dan mudah dipisahkan.
  2. Setelah kulit dipisahkan dari isinya, cuci kembali kacang kedelai agar semakin higienis.
  3. Setelah itu, blender kacang kedelai dengan air secukupnya sampai halus halus.
  4. Kacang kedelai yang sudah diblender siap untuk disaring.
  5. Saring menggunakan kain katun yang bersih agar didapat sari-sari kedelai terbaik.
  6. Sari kedelai siap dimasak menggunakan api sedang.

Jika susu kedelai telah selesai dibuat, langkah berikutnya ialah mulai membuat kembang tahu.

  1. Siapkan 750 ml susu kedelai tawar, 1 sendok agar-agar, gula pasir, dan sedikit garam.
  2. Masukkan susu kedelai ke dalam panci, lalu masak dengan api sedang.
  3. Tambahkan gula dan garam secukupnya, sesuai selera.
  4. Masukkan 1 sendok agar-agar putih (plain).
  5. Aduk seluruh bahan hingga tercampur rata.
  6. Setelah masak, masukkan ke dalam cetakan dan tunggu hingga tekstur berubah menjadi padat seperti puding.

Sembari menunggu adonan berubah menjadi padat, kita bisa menyiapkan kuah jahe sebagai salah satu kondimen pendamping untuk hidangan kembang tahu. Pertama-tama, rebus air hingga mendidih. Setelah itu, masukkan gula merah dan gula pasir hingga larut sepenuhnya dalam air. 

Selanjutnya, tambahkan jahe yang telah dimemarkan, batang sereh yang sudah digeprek, cengkeh, daun jeruk, dan kayu manis. Agar lebih harum, masukkan daun pandan secukupnya. Kamu juga bisa menambahkan garam untuk menciptakan rasa yang lebih gurih. 

Baca juga: Cara Membuat Pentol yang Lezat dan Bikin Ketagihan

Penyajian Kembang Tahu

Apabila kembang tahu dan kuah jahe telah selesai disiapkan, langkah selanjutnya ialah menyajikan kembang tahu. Proses penyajian dimaksudkan untuk membuat hidangan lebih terpadu, mempermudah ketika menyantap, hingga menambah estetika.

Kembang tahu dapat disajikan di sebuah mangkuk kecil sebagaimana penyajian ronde. Pertama-tama, kembang tahu dikeluarkan dari cetakan lalu ditata sedemikian rupa di dalam mangkuk. Setelah itu, guyur dengan kuah jahe hingga separuh kembang tahu terendam. Usahakan agar kembang tahu tetap terlihat menonjol di permukaan agar lebih menarik. 

Selain menambah estetika, penyajian dalam mangkuk kecil juga berfungsi dalam memadukan cita rasa kembang tahu dan kuah jahe. Saat menyendok, kita bisa sekaligus mencampurkan potongan kembang tahu dan dengan kuah jahe sehingga ketika disantap, perpaduan tekstur lembut, manis, dan hangatnya menjadi lebih terasa.

Jika kamu ingin mengikuti cara membuat kembang tahu tanpa rasa kuah jahe yang menonjol, penyajian bisa dilakukan menggunakan piring kecil. Setelah kembang tahu dijejerkan, kuah jahe dibubuhkan sedikit demi sedikit seperti selai. Proses penyajian seperti ini akan memfokuskan kamu pada cita rasa kembang tahu yang lembut dan manis.

Berbagai Kreasi Kembang Tahu

Selain disajikan bersama dengan kuah jahe, kamu bisa mengkreasikan kembang tahu menjadi berbagai macam hidangan lain yang tidak kalah menarik. Kreasi dapat dilakukan dari segi bentuk, bahan campuran, dan kondimen pendamping lainnya.

Salah satu kreasi kembang tahu yang menarik yaitu kembang tahu kacang hijau. Proses pembuatan hidangan ini sebetulnya sama dengan membuat kembang tahu pada umumnya, hanya saja kacang kedelai sebagai bahan utama diganti dengan menggunakan kacang hijau.

Kreasi lain misalnya kembang tahu tanpa agar-agar. Hidangan ini dibuat dengan menghilangkan komponen agar-agar sebagai salah satu bahannya. Lalu darimana tekstur kenyal didapat? Agar-agar yang berfungsi untuk memadatkan adonan digantikan dengan campuran antara tepung maizena dan air sehingga hasilnya tetap lembut dan “meleleh di mulut”.

Nah itu tadi serangkaian cara membuat kembang tahu. Bahan-bahannya yang mudah di dapat serta cara pembuatannya yang simpel membuat kamu bisa mencobanya sendiri di rumah. Kamu hanya perlu memperhatikan setiap step-nya dengan seksama lalu mempraktekkannya dengan hati-hati agar kembang tahu yang kamu hasilkan enak dan anti gagal. Jangan lupa untuk mempertimbangkan kualitas bahan juga ya, pastikan selalu menggunakan bahan premium dan higienis agar hasilnya lebih maksimal. Selamat mencoba! 

Baca juga: Mudah! Ini Cara Membuat Tahu Isi Lezat dan Renyah

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya. 

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
24 Feb 2022
Pinjam kilat 20 juta!Download