Cara Bikin Pizza Teflon yang Empuk

23 Nov 2021 by Laruan

Sobat Pintar senang makan pizza? Bosan makan pizza yang itu-itu aja dan ingin coba membuatnya sendiri di rumah? Penasaran bagaimana Cara bikin pizza teflon enak, empuk, dan berlimpah topping di rumah?

Hanya dengan bermodalkan teflon yang ada di rumah, Sobat Pintar sudah bisa membuat pizza sendiri yang rasanya nggak kalah dengan pizza yang dijual di kedai pizza kesayangan Sobat Pintar. Tapi sebelum kita bahas lebih lanjut mengenai bagaimana cara bikin pizza teflon, kita simak terlebih dahulu mengenai pizza.

Cara Bikin Pizza Teflon yang Empuk

Apa itu pizza?

Pizza merupakan penganan berasal dari Italia, berbentuk bundar, terbuat dari terigu, telur, bumbu dengan keju, tomat, dan sebagainya di atasnya dan saus. Kata pizza diambil dari Bahasa Italia “pizza” yang berarti pai, kue, tart.

Pizza biasanya memiliki topping yang berbeda-beda. Beberapa topping yang umumnya ditemukan di pizza adalah daging pepperoni, ham, dan bacon. Tidak jarang juga kita menemukan buah seperti nanas dan zaitun, sayuran seperti cabai dan paprika. Dan tentu kita juga seringkali menemukan bawang bombay dan jamur yang digunakan sebagai topping pizza.

Jenis-jenis pizza

Pizza tentunya memiliki banyak jenis yang biasanya dibedakan berdasarkan topping. Berikut beberapa jenis nama-nama pizza berdasarkan toppingnya :

1. Neapolitan

Pizza yang termasuk ke dalam salah satu pizza pertama yang diciptakan ini berasal dari kota Napoli dan merupakan makanan untuk warga miskin di sana. Seringkali ditemukan dijual di pasar atau di jalanan, pizza ini memiliki topping yang berisi ikan kecil atau disebut anchovy, keju mozzarella, dan tomat.

2. Margherita

Dibuat untuk menghormati Ratu Italia yang bernama Margherita, Pizza ini memiliki topping yang cukup sederhana. Yaitu berisikan saus tomat, keju mozzarella, dan daun basil yang sudah dicincang.

3. Romana

Berasal dari Roma, jenis pizza ini berbentuk lingkaran dan tipis sehingga ketika kita memakannya serasa sedang menyantap biskuit karena teksturnya yang renyah. Proses pembuatannya pun unik, karena demi mendapatkan tekstur pizza yang renyah, adonan pizza ini harus difermentasi terlebih dahulu selama setidaknya 2 hari. Pizza ini biasanya dijadikan sebagai menu pembuka atau appetizer.

4. Siciliana

Berbeda dengan pizza biasanya, pizza siciliana berbentuk persegi panjang. Biasanya adonannya dimasukkan ke dalam loyang berbentuk persegi panjang, dan diberikan topping yang biasanya berisikan tomat, bawang merah, bawang putih, keju, ikan teri, dan remah roti. 

Adonan roti pizza ini berbeda dengan yang lainnya karena lebih tebal. Sehingga ketika kita memakannya akan terasa tekstur kenyal dan juga ada rasa gurih, asam, dan manis.

Biasanya pizza yang kita jumpai di kedai pizza berukuran besar dan dipanggang di oven. Tapi bagi Sobat Pintar yang ingin membuatnya di rumah, bisa juga menggunakan alat-alat yang ada di rumah seperti teflon. Simak cara bikin pizza teflon yang anti gagal dan tentunya empuk berikut ini:

Bahan-bahan :

Bahan roti :

1. 250 gr tepung terigu

2. ½ sdt garam

3. 2 sdm minyak sayur

Bahan biang :

1. 2 sdt ragi instan

2. 100 ml air hangat

3. 2 sdt gula pasir

Bahan topping

1. 6 sdm saus tomat

2. 50 gr keju mozzarella yang sudah diparut

3. ½ siung bawang bombay yang sudah dicincang halus

4. 50 gr paprika hijau atau merah, dipotong sesuai selera

5. Sosis atau daging asap atau topping lain sesuai selera

Cara bikin pizza teflon

1. Larutkan ragi instan dan gula pasir dengan 100 ml air hangat di dalam gelas atau wadah. Aduk rata kemudian diamkan selama 15 menit hingga berbuih atau muncul busa. Sisihkan.

2. Siapkan wadah lainnya lalu campurkan tepung terigu, garam, dan minyak sayur.

3. Jika campuran ragi sudah berbuih, campurkan ke dalam adonan. Aduk hingga tercampur rata kemudian uleni adonan hingga kalis. Jika adonan dirasa terlalu kering, Sobat Pintar bisa menambahkan air hangat secukupnya sehingga adonan kalis atau sudah tidak menempel lagi.

4. Bulatkan adonan lalu tutup dengan kain yang basah atau bisa juga menggunakan plastic wrap. Diamkan kurang lebih selama 1 jam hingga adonan mengembang 2x lipat dari ukuran sebelumnya.

5. Jika adonan sudah mengembang, buka kain atau plastic wrap, kemudian kempiskan adonan lalu uleni lagi hingga adonan menjadi elastis.

6. Siapkan Teflon dan panaskan. Jangan lupa untuk mengoleskan Teflon dengan mentega atau minyak secukupnya.

7. Masukkan adonan sambil dipipihkan hingga tipis sampai adonan menutupi seluruh permukaan Teflon.

8. Tusuk-tusukkan adonan pizza menggunakan garpu agar memberikan udara pada adonan.

9. Olesi permukaan pizza dengan saus tomat kemudian susun topping (sosis, daging asap, bawang Bombay, dan lain-lain sesuai selera)

10. Taburi permukaan pizza dengan keju mozzarella yang sudah diparut.

11. Tutup Teflon dan panggang pizza hingga matang. Tanda-tanda pizza sudah matang adalah adonan rotinya menjadi berwarna kecoklatan dan kejunya sudah meleleh. Jangan lupa untuk menggunakan api kecil agar matangnya merata.

12. Jika dirasa pizza sudah matang, pizza sudah bisa diangkat dan dipotong-potong sesuai selera.

13. Sajikan selagi hangat

Cara membuat saus

Jika Sobat Pintar ingin membuat saus tomat sendiri untuk dioleskan ke pizza, Sobat Pintar bisa menggunakan resep berikut :

Bahan-bahan saus :

1. ½ siung bawang Bombay, cincang halus

2. 1 siung bawah putih, cincang halus

3. 2 sdm minyak

4. 1 sdm pasta tomat

5. 200 gr tomat segar yang sudah direbus kemudian diblender

6. Oregano secukupnya

7. 1 sdt garam

8. 1 sdt gula pasir

9. Merica secukupnya

Cara membuat saus:

1. Panaskan minyak kemudian tumis bawang Bombay dan bawang putih. Setelah dirasa matang (sudah wangi, warna bawang Bombay menjadi agak transparan dan bawang putih sudah tidak terlalu berwarna putih), masukkan pasta tomat dan tomat rebus yang sudah diblender.

2. Aduk rata, masak hingga saus mengental dan mendidih

3. Masukkan garam, gula, oregano, dan merica. Aduk rata

4. Koreksi rasa. Jika dirasa sudah cukup, matikan api. Saus sudah siap dioleskan ke adonan pizza.

Wah, dengan membaca nama-nama pizza saja sudah bikin ngiler. Jika Sobat Pintar juga merasakan hal yang sama, jangan tunggu lebih lama lagi. Segera siapkan bahan-bahan dan alatnya, dan selamat membuat pizza teflon yang enak dan empuknya nggak kalah dengan pizza buatan kedai pizza kesayangan Sobat Pintar.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi dan tips lain yang bermanfaat.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
23 Nov 2021
mobile-closeKredit PintarDownload