Kualitas Tinggi, Ini biaya kuliah LSPR yang Terjangkau

24 Dec 2021 by Laruan, Last edit: 25 Dec 2021

Setelah menyelesaikan kehidupan SMA, mendapatkan kampus impian dan menjadi mahasiswa merupakan hal yang dinanti-nanti oleh para siswa. Karena menjadi mahasiswa dilihat sebagai hal yang menarik dan kehidupan kampus yang terlihat seru. Kuliah memang penting sehingga banyak yang tertarik berkuliah, oleh karena itu pilihlah kampus yang bagus, salah satunya adalah LSPR. Selain berkualitas bagus, biaya kuliah LSPRnya juga terjangkau.

Melanjutkan jenjang pendidikan ke bangku kuliah pada dasarnya memang bermanfaat karena kuliah dinilai penting untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuan Anda, sebab pengetahuan yang didapatkan saat bangku sekolah relative masih umum, walaupun ada sekolah kejuruan tetapi tetap saja ilmu dan keterampilannya belum terpusat seperti di perkuliahan.

Selain itu, dengan berkuliah dipercaya dapat membuka wawasan sekaligus pengetahuan Anda sehingga pola pikir Anda menjadi lebih dewasa karena kepribadian Anda akan lebih berkembang yang dapat memengaruhi perubahan pola pikir. Kemudian, saat ini hampir seluruh lowongan pekerjaan memasukkan standar pendidikan minimal diploma atau S1 sebagai persyaratannya, oleh karena itu penting rasanya melanjutkan jenjang pendidikan ke perkuliahan agar memudahkan mencari pekerjaan.

Selain universitas negeri dengan predikat membanggakan, Indonesia juga memiliki beberapa universitas swasta yang kualitasnya mampu bersaing dengan universitas negeri. Sebut saja London School of Public Relations atau biasa disingkat menjadi LSPR agar memudahkan penyebutan. Jika Anda tertarik dalam bidang ilmu komunikasi, maka berkuliah di tempat ini adalah pilihan yang tepat.

Lalu, jika tertarik melanjutkan studi di biaya kuliah LSPR sebesar apa yang harus dikeluarkan? Apakah termasuk mahal atau cenderung terjangkau? Berikut ini adalah penjelasannya.

Informasi Umum Tentang LSPR

Saat ini LSPR atau London School of Public Relations telah berganti nama menjadi LSPR Communication and Business Institute dikarenakan adanya fakultas bisnis yang mencakup tiga jurusan lainnya. Kampus ini telah berdiri sejak tahun 1992 dan resmi mengganti namanya pada tahun 2020 silam dikarenakan seiring dengan terus tumbuhnya LSPR, sehingga saat ini LSPR memiliki dua fakultas, yaitu bidang Komunikasi dan Bisnis di mana biaya kuliah LSPRnya terjamin tidak memberatkan.

LSPR merupakan kampus yang dikelola oleh Yayasan Pesona Pribadi Sejahtera dan sistem di kampus ini sudah berstandar internasional dengan dimilikinya ISO 9001: 2008 dari URS (UK) untuk masalah Quality Management System. Walaupun memiliki sistem yang sudah bertaraf internasional, namun biaya kuliah LSPRnya masih sangat terjangkau.

Kampus LSPR ini juga diketahui telah berhasil meraih sederet penghargaan bergengsi, sebut saja di antaranya Best of The Best Indonesia School of Communications sejak tahun 2014 dan 2015, serta Indonesian Best Communications Award for Three Consecutive Years (2012-2014) yang berdasarkan dari survei MIX & Business Digest.

Terhitung sejak tahun 2002, LSPR berhasil mendapatkan akreditasi A untuk Program Sarjana Ilmu Komunikasi mereka dan Fakultas Bisnis yang siap menghasilkan lulusan-lulusan yang andal dalam bidangnya. Selain itu, LSPR juga memiliki Program Pasca Sarjana untuk Ilmu Komunikasi dengan berbagai macam konsentrasi yang dapat dipilih.

biaya LSPR untuk Perkuliahan

biaya kuliah LSPR pada dasarnya terbagi lagi menjadi beberapa kategori, yaitu biaya pokok pendidikan per semester, biaya pengembangan mutu pendidikan yang dilakukan satu kali pembayaran, biaya ujian internasional, serta biaya untuk sertifikasi profesi per unitnya. Selain itu, pembayaran biaya kuliah di LSPR juga dapat berdasarkan dari masing-masing tingkatan dan adanya shift kelas.

Sebagai catatan, untuk pemilihan shift kelas baru akan dapat dilakukan setelah mahasiswa yang berhasil diterima dapat melakukan pembayaran tahap pertama, selain itu ketersediaan shift kelas juga bergantung pada kapasitas kelas yang tersedia.

Kemudian, dalam daftar jumlah biaya LSPR juga akan disertakan GBP yang merupakan mata uang poundsterling, di mana angka yang menggunakan GBP merupakan biaya ujian internasional, tetapi untuk pembayarannya masih tetap dilakukan dalam satuan rupiah.

Untuk Program Studi Komunikasi jenjang S1, kelas pagi atau siang total biaya pada semester 1 adalah Rp 28.500.000 – Rp 30.000.000, di mana jumlah ini tergantung pada peringkat dan ditambah GBP 325.

Kemudian, untuk biaya kuliah LSPR Ilmu Komunikasi semester II adalah sebesar Rp 15.500.000 dengan tambahan GBP 325, dan selanjutnya pada tahun kedua sampai keempat (semester 3 sampai 8) biaya kuliahnya hanya berkisar dari Rp 15.500.000 sampai Rp 16.000.000.

Sedangkan untuk kelas malam atau sore biaya kuliah memang agak sedikit lebih murah dibandingkan kelas pagi/siang, yaitu sebesar Rp 27.000.000 – Rp 28.500.000 yang tergantung dari peringkat serta tambahan GBP 325. Dan untuk semester II, biaya kuliah yang perlu dikeluarkan untuk mahasiswa kelas malam/sore sama dengan uang kuliah semester II kelas pagi/siang.

Yang berbeda adalah biaya LSPR untuk tahun kedua sampai ke empat, yang cenderung lebih murah dibandingkan kelas sebelumnya, yaitu hanya sebesar Rp 14.500.000 sampai dengan Rp 16.000.000.

Adapun untuk Program Studi DKV, Manajemen, Pariwisata, serta Bisnis Jasa, biaya kuliahnya memang agak sedikit lebih murah dibandingkan Ilmu Komunikasi. Untuk keempat program studi ini, biaya kuliah pada semester pertama untuk kelas pagi/siang adalah Rp 23.000.000 – Rp 24.500.000 di mana tergantung dari peringkat serta ditambahnya GBP 325.

Sedangkan untuk biaya kuliah LSPR pada semester dua program studi tersebut adalah Rp 13.500.000 dengan tambahan GBP 325. Dan terakhir untuk biaya kuliah semester tiga sampai delapan, biaya perkuliahan yang harus dibayar adalah Rp 13.500.000 sampai dengan Rp 14.500.000.

Untuk shift kelas sore/malam ke empat program studi ini, pada semester satu biaya kuliahnya adalah sebesar Rp 21.500.000 – Rp 23.000.000 dengan ketentuan sama seperti sebelumnya. Dan untuk semester dua, biaya perkuliahannya sama dengan kelas pagi/siang, yaitu sebesar Rp 13.500.000 dengan ditambah GBP 325. Di tahun kedua sampai keempat perkuliahan, biaya kuliah kelas sore/malam adalah Rp 12.500.000 sampai Rp. 13.500.000.

Walaupun harganya menakjubkan dan terlihat mahal, harga ini sebenarnya sebanding dengan fasilitas yang diberikan oleh LSPR kepada mahasiswa, digunakannya sistem perkuliahan yang bagus, serta keunggulan lainnya.

Selain itu, untuk memudahkan pembayaran tersebut bagi yang tidak sanggup membayar, LSPR mengadakan program beasiswa, tetapi beasiswa yang diberikan adalah berupa pemotongan pada Biaya Pengembangan Mutu Pendidikan, dan akan diberikan apabila calon mahasiswa yang menginginkan beasiswa berhasil dinyatakan lulus ketika mengikuti tes seleksi beasiswa reguler.

Adapun besaran potongan yang diberikan sebagai bentuk beasiswa adalah 30% sampai 100% dari biaya pengembangan mutu pendidikan untuk semester satu, seperti beasiswa potongan 30%, 50%, 75%, dan 100%. Kemudian, untuk bisa mendapatkan beasiswa, mahasiswa diwajibkan untuk mendaftar sesuai dengan waktu yang ditentukan.

Selain lewat beasiswa, Biaya Pengembangan Mutu Pendidikan ini juga dikabarkan akan mendapatkan keringanan berupa potongan yang akan diberikan kepada mahasiswa yang tidak berhasil mendapatkan biaya LSPR beasiswa reguler.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya. 

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
25 Dec 2021
Pinjam kilat 20 juta!Download