Berikut Ini Penyebab HP Panas dan Cara Ampuh Untuk Mengatasinya

29 Apr 2021 by kreditpintar
penyebab hp panas

Semua bentuk teknologi tentu akan rentan terhadap segala macam kerusakan, termasuk smartphone kalian. Jika smartphone kalian terasa sangat panas, kalian tentu akan bertanya-tanya mengapa hal ini bisa terjadi. Ada beberapa kemungkinan penyebab HP panas yang perlu dipertimbangkan.

Ponsel yang terlalu panas mungkin tampak mengkhawatirkan, tetapi biasanya hal ini mudah untuk diatasi. Ini adalah masalah yang cukup sederhana untuk diselesaikan dengan beberapa langkah mudah, yang akan kami jelaskan nanti di bagian cara mendinginkan HP yang panas. Daripada membeli smartphone baru lewat pinjaman dengan bunga kecil, mari kita perbaiki dulu.

Untuk sekarang, kita cari tahu dulu apa saja penyebab HP panas yang mungkin bisa terjadi.

Penyebab Panasnya Smartphone

Berbagai faktor dapat menyebabkan ponsel menjadi panas. Memahami berbagai penyebab ponsel yang terlalu panas, seperti suhu di luar case atau di dalam baterai ponsel, dapat membantu kalian memperbaiki masalah dan mencegahnya di masa mendatang.

1. Lingkungan yang Panas

Penyebab HP panas yang pertama adalah lingkungan tempat kalian yang memang panas. Jika kalian pernah meninggalkan ponsel di hari yang cerah, kalian mungkin pernah menyaksikan betapa cepatnya sinar UV matahari menyebabkan ponsel kalian terlalu panas. 

Sinar matahari langsung adalah penyebab umum ponsel menjadi terlalu panas, jadi lindungi ponsel kalian dari sinar matahari saat berada di luar ruangan. 

Selain terpapar sinar matahari dalam waktu lama, ponsel kalian juga bisa menjadi terlalu panas setelah duduk di lingkungan yang hangat untuk waktu yang lama, seperti di dalam mobil di siang hari.

2. Prosesor HP yang Overload

Sementara smartphone pada dasarnya hanyalah komputer versi mini, perbedaan utama antara keduanya adalah sistem pendinginan. 

Meskipun ponsel cerdas sudah hebat dalam mengatur suhu panas untuk penggunaan sehari-hari, ada batasan pada apa yang dapat mereka tangani. Jika kalian menjalankan terlalu banyak aplikasi ponsel sekaligus, hal ini tentu dapat membebani prosesor dan menyebabkan overheat.

3. Virus Malware

Penyebab HP Panas yang terakhir sekaligus yang paling parah adalah akibat dari serangan malware. Kalian mungkin memiliki malware yang tertanam di smartphone kalian, yang membuat prosesor smartphone semakin terbebani. Prosesor yang kelebihan beban akan mengeluarkan panas yang berlebih.

Untuk mengatasi permasalahan panasnya smartphone ini, ada beberapa langkah yang bisa kalian coba :

Cara Mengatasi Smartphone yang Panas

Ada beberapa cara mendinginkan HP yang bisa kalian coba. Semua cara di sini cukup mudah dan sederhana untuk dilakukan.

1. Hindari Kontak Matahari Secara Langsung

Jika ponsel kalian terlalu panas karena terpapar sinar matahari secara langsung, segera masukkan ponsel kalian ke tempat yang lebih dingin seperti dalam tas. Selama tetap terhindar dari sinar matahari, ponsel kalian perlahan akan mendingin.

2. Nyalakan Mode Pesawat

Mode pesawat dapat membantu memerangi ponsel yang terlalu panas karena mematikan semua program tidak penting yang mungkin berjalan di background. Hal ini dapat mempercepat proses pendinginan ponsel kalian secara efektif.

3. Selalu Update Aplikasi dan Tutup Aplikasi yang Tidak Perlu

Cara mendinginkan yang terakhir adalah dengan menutup segala macam aplikasi yang tidak dibutuhkan. Menjalankan banyak aplikasi di latar belakang dapat mendorong ponsel kalian bekerja lebih keras. Jika terlalu panas, tutup semua aplikasi hingga suhu kembali normal.

Apabila kalian sudah merasa sudah saatnya mengupgrade ponsel kalian, tidak ada salahnya untuk mencari pinjaman dengan bunga kecil.

Kalian bisa mendapatkan bantuan finansial dari aplikasi Kredit Pintar. Selain bunganya yang rendah, kalian juga bisa menikmati dana yang cepat cair, yang bisa langsung digunakan untuk membeli smartphone impian kalian. Jadi, tunggu apa lagi? Install Kredit Pintar sekarang!

kredit pintar