5 Hal Yang Perlu Kamu Persiapkan Sebelum Vaksin!

06 Jul 2021 by georgineesperance

Sobat Pintar!

Saat ini di berbagai negara sedang melangsungkan vaksinasi Covid-19, termasuk Indonesia. Vaksinasi dilakukan untuk membangun herd immunity.

Vaksin terbukti dapat mengurangi angka kematian dan membuat gejala yang timbul lebih ringan. Oleh karena itu, masyarakat dihimbau untuk divaksinasi untuk menghindari gejala yang berat apabila terpapar oleh Covid-19.

Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu kamu persiapkan sebelum vaksin :

Siapkan obat penahan sakit

Efek samping dari vaksin bisa bermacam-macam, yang paling sering muncul adalah nyeri pada lengan, demam dan sakit kepala. Kamu bisa menyiapkan obat seperti parasetamol dan ibuprofen. Obat ini bisa dibeli di apotek terdekat dan tanpa resep.

Minum vitamin

Direkomendasikan untuk mengkonsumsi multivitamin yang mengandung vitamin C, vitamin A, D3, asam amino , zinc, selenium dan probiotik. Mengkonsumsi multivitamin berguna untuk menaikkan imun. Ahli merekomendasikan untuk untuk menigkatkan imun 7 hari sebelum dan 7 hari setelah vaksin.

Makan dan minum sebelum vaksin

Pastikan kamu sudah makan dan minum sebelum vaksin. Seringkali orang yang di vaksin merasa gugup dan khawatir, hingga menyebabkan pusing dan pingsan. Untuk menghindari hal tersebut, pastikan perut kamu tidak kosong ya.

Tidur cukup

Pastikan juga kamu mendapatkan tidur yang cukup, paling tidak 1 hari sebelum hari kamu divaksin. Tidur cukup membuat keadaan tubuh kamu prima dan siap untuk divaksin.

Jangan menerima vaksin lain dalam waktu yang sama

Pastikan kamu tidak divaksin lain setidaknya 14 hari. Dikarenakan vaksin akan bekerja secara optimal jika bekerja sendiri bersama sistem imun. Selain itu, pastikan kamu memiliki istirahat selama 1-3 hari setelah divaksin, untuk mengantisipasi efek samping yang muncul.

Apakah Sobat Pintar sudah divaksin? Yuk berikan komentar kamu dibawah ini!